Cara Mudah Screenshot di Laptop Asus Windows 11

Afif Dalma
October 13, 2021
14 Comments

Sama halnya seperti ponsel android atau iphone, laptop dan komputer juga memiliki fitur screenshot (ss) atau tangkapan layar. Bagi kebanyakan orang, fitur ini dianggap sangat penting untuk menunjang aktivitas selama menggunakan laptop. Saya sendiri termasuk salah satu orang yang sering memanfaatkan fitur ini. Tapi perlu kamu ketahui, cara melakukan tangkapan layar di laptop tidak sama seperti di android dan iphone.

Jika di ponsel kita cukup menekan tombol on/off dan volume up/down secara bersamaan selama beberapa detik, namun di laptop tidaklah demikian. Seperti yang kita tahu, keyboard laptop memiliki tombol yang cukup banyak, sehingga bagi yang masih awam menggunakan laptop pastinya akan kebingungan menemukan cara untuk melakukan tangkapan layar (ss). Bagi kamu yang masih bingung jangan khawatir, berikut adalah caranya:

Cara Screenshot di Laptop Asus

Saat ini laptop merk Asus bisa dibilang cukup populer. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab belakangan ini perusahaan produsen laptop asal Taiwan ini gencar sekali mengeluarkan produk-produk terbarunya. Seperti yang baru-baru ini dirilis di Indonesia, yaitu Asus Vivobook Ultra 15 OLED K513EA, Asus Zenbook Flip S OLED, Asus Zenbook Pro Duo 15 OLED, hingga Asus ROG Strix G15 Advantage Edition. 

Tentunya ini membuktikan bahwa laptop Asus memang digemari oleh banyak orang, termasuk di Indonesia. Terlepas dari itu, laptop Asus juga memiliki fitur screenshot seperti halnya laptop pada umumnya. Fitur ini sering digunakan untuk mengambil gambar, misalnya sebagai dokumentasi saat sedang meeting virtual. Ada beberapa cara screenshot di laptop Asus, antara lain:

1. Menggunakan tombol Print Screen

Ini merupakan cara yang paling umum dan sering digunakan oleh pengguna laptop. Namun kebanyakan orang tidak tahu langkah selanjutnya setelah menekan tombol Print Screen. Caranya cukup mudah kok, buka file atau halaman website yang ingin diambil gambarnya, kemudian tekan Print Screen (PrtSc). Maka hasil screenshot secara otomatis akan tersimpan di clipboard. Setelah itu buka aplikasi Paint dan kemudian tekan Ctrl + V untuk paste hasil ss-an tadi. Terakhir simpan gambar dengan menekan tombol Ctrl + S, selesai. 

2. Menggunakan kombinasi Windows + Print Screen

Sebenarnya cara ini sama saja seperti cara diatas. Namun yang membedakan adalah hasil screenshot menggunakan tombol kombinasi Windows + Print Screen sudah terjamin tersimpan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kedipan layar setelah menekan tombol kombinasi tersebut bersamaan. Setelah itu langkah selanjutnya sama saja seperti cara diatas, yaitu membuka aplikasi Paint dan kemudian pastekan disitu.

3. Menggunakan Lightshot

Lighshot merupakan aplikasi pihak ketiga yang berfungsi untuk mengambil screenshot. Saya sendiri sudah sangat lama menggunakan software yang satu ini, karena emang praktis dan tak perlu ribet buka aplikasi Paint. Aplikasi ini sendiri gratis dan bisa digunakan di Windows maupun Mac. Kalau kamu belum punya aplikasinya, download dan install terlebih dahulu, klik disini.

Setelah diinstall, selanjutnya cek pada bagian toolbar, jika icon Lightshot muncul maka aplikasinya sedang berjalan. Secara otomatis Lightshot juga akan mengambil alih fungsi tombol Print Screen. Yang paling keren dari software ini yaitu kamu bisa mengatur area yang ingin di-screenshot, serta akan ada beberapa tool editor yang muncul ketika kamu menekan tombol PrtSc.

Cara Screenshot di Windows 11

Beberapa waktu lalu Microsoft telah merilis sistem operasi Windows terbarunya yaitu Windows 11. Dengan rilisnya sistem operasi ini, tentunya ada beberapa perubahan serta peningkatan dari sistem yang sebelumnya, termasuk dalam hal screenshot. Jika menggunakan Windows 11, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengambil tangkapan layar, yaitu:

1. Menggunakan kombinasi Windows + Fn + Print Screen

Tombol kombinasi memang menjadi cara yang paling umum untuk bisa melakukan screenshot. Pada Windows 11, kamu bisa menekan tombol kombinasi Windows + Fn + Print Screen untuk melakukan tangkapan layar. Hasilnya akan langsung tersimpan pada folder C:\Users\%username%\Pictures\Screenshots.

2. Menggunakan Snip and Sketch

Snip and Sketch merupakan tool bawaan Windows 11 yang menggantikan software Snipping Tools pada Windows 10. Kamu bisa menggunakan tool ini untuk mengambil screenshot, caranya cukup tekan Windows + Shift + S, dan sesuaikan area yang ingin di-screenshot. Selain berguna untuk mengambil screenshot, kamu juga bisa melakukan editing, serta membagikan gambar tersebut langsung dari aplikasi.

3. Menggunakan Xbox Game Bar

Cara yang ini terbilang unik, namun sangat berguna bagi beberapa orang. Meskipun aplikasi Xbox Game Bar ditujukan untuk penggunaan gaming di Windows 11, namun nyatanya beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut sangat membantu pengguna yang Non-Gamer, seperti misalnya fitur screenshot. Kamu bisa membuka Game Bar dengan menekan tombol Windows + G, kemudian untuk mengambil screenshot, tekan tombol kombinasi Windows + Alt + Print Screen. Hasil screenshot secara otomatis akan tersimpan pada folder C:\Users\%username%\Videos\Capture.


Nah itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshot di laptop Asus Windows 11. Sebenarnya masih ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan, tapi saya pikir cara diatas merupakan yang paling mudah dilakukan. Kalau kamu punya cara simpel lainnya, jangan sungkan untuk komen di bawah.

  1. ~Josephine~

    Wow kakak update ya, padahal windows 11 baru keluar lho😂 aku kalau ss atau rekam layar biasa control + G walaupun untuk gamer tapi fiturnya menarik.

    Reply
  2. unggulcenter

    Ternyata banyak cara ya utk sekedar screenshot pun. Dan ini di Windows baru ya yang 10 mantab!

    Reply
  3. Andrie K.

    Wahhh aku belum update windows ke versi yang ke 11 ini, apalagi diberikan secara gratis oleh microsoftnya langsung.. Jadi gak perlu merogoh kocek di kantong hhi dan kalau aku untuk screenshot masih menggunakan lightshot sih, soalnya udah betah banget..

    Reply
  4. Priyo Harjiyono

    Wah ada cara baru y kalo pake windows 11, btw cara lama gimana kak masih bisa dipake kah? Ak biasanya pencet print screen aja

    Reply
  5. Finaira Kara

    Udah ada update-an tutorial windows 11 dong, wkwk, update banget sih memang tulisannya. Tapi, btw, ternyata tiap windows beda cara ss ya?

    Reply
  6. Dewi Rieka

    Aku biasanya pakai tombol windows dan printsecreen, sering banget butuh Screenshot gambar di laptop untuk bahan ngeblog.. Makasih tipsnya ya..

    Reply
  7. Triani Retno A

    Langsung nyoba skrinsyut pake Windows+Fn+ prtsc. Wah iya asik, langsung tersimpan. Jadinya kalau lagi ikut webinar dan mesti skrinsyut-skrinyut bakal lebih gampang dan cepat nih. Nggak perlu ke Paint dulu.

    Reply
  8. Listiorini Ajeng Purvashti

    Ini nih artikel yang banyu banget. Kadang aku sendiri pun lupa cara nge screenshot, tapi suka search dari situs-situs blogger buat tau caranya. Btw, aku belom update ke Windows 11 huhu, padahal tampilannya bagus bangettt

    Reply
  9. Dian Restu Agustina

    Aku masih pakai Windows 10 jadi masih setia pada Snipping Tools. Suamiku sudah pakai Windows 11, coba aku praktekin cara ini di laptopnya nanti. Makasih tutorial cara mudah screenshoot yang lengkap ini

    Reply
  10. Uniek Kaswarganti

    Waahh makin gampang ya cara skrinsutnya kalau udah Windows 11 gini. Selama ini aku masih mengandalkan Lightshot :)

    Semoga bisa punya laptop ASUS denagn Windows 11 ini biar makin mempermudah kerjaan, salah satunya ketika butuh tangkapan layar gini. Tinggal klik aja udah kesimpen sendiri di folder.

    Reply
  11. Arif Tukang Review

    Apakah trik ini juga bisa digunakan untuk laptop merk lain? ataukah cuma di ASUS saja?

    Reply
  12. Deny Ir

    wuih, ternyata banyak banget tipsnya ya mb, baru tahu juga. he
    saya malah seringnya cuman pake tombol prnt scr atau install lightshot di laptop,

    Reply
  13. Bethaniafeby

    makasi buat infonya. saya masih pakai snipping tools sih sejauh ini. nanti coba deh

    Reply
  14. feryefend

    masih belum nyobain win 11, lihat beberapa review tampilan barunyanya emang bikin nyaman penggunanya. untuk urusan screenshot masih pakai snipping kalau online pakai prntscr

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)