Rayakan Ulang Tahun ke-53, Berikut Kontribusi PT Semen Tonasa untuk Negeri Tercinta

Afif Dalma
October 26, 2021
14 Comments

Ada banyak sekali faktor yang membuat suatu negara bisa dikatakan sejahtera. Tetapi umumnya kualitas infrastruktur menjadi indikator yang digunakan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan sebuah negara. Maka tak heran kalau banyak sekali negara yang lebih mengutamakan sektor ini dibandingkan dengan sektor lainnya. Selain itu, infrastruktur juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Infrastruktur dibagi kedalam beberapa kelompok, tetapi yang terus berupaya dikembangkan di wilayah-wilayah di Indonesia adalah infrastruktur pembangunan. Yang dimaksud pembangunan disini yaitu pembangunan fasilitas umum seperti jalan raya, jalan tol, jembatan, gedung, dan fasilitas umum lainnya. 

Ngomong-ngomong soal infrastruktur pembangunan, tentunya tak lepas dari industri semen. Pasalnya, semen menjadi salah satu komponen utama dalam sebuah pembangunan infrastruktur, dan merupakan salah satu penopang pembangunan ekonomi di Indonesia. Tanpa semen, tentunya tidak akan ada yang namanya gedung pencakar langit atau jembatan yang bisa berdiri kokoh.

Kebutuhan semen untuk pembangunan infrastruktur pun berbeda-beda. Semakin besar dan megah bangunannya, maka semakin banyak pula pasokan semen yang diperlukan. Bahkan untuk membangun sebuah jembatan kecil saja diperlukan puluhan ton semen. Lantas berapa ton semen yang diperlukan untuk membangun sebuah gedung pencakar langit yang memiliki tinggi ratusan meter.

Semen Tonasa sebagai salah satu semen terbaik di Indonesia

Agar bangunan dapat berdiri kokoh dan tahan lama, dapat diwujudkan dengan memilih material bangunan berkualitas, terutama pemilihan kualitas semen yang akan digunakan. Salah satu produsen semen yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia misalnya adalah Semen Tonasa.

PT Semen Tonasa merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan merupakan produsen semen terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Bagaimana tidak, produsen semen ini memiliki empat pabrik yang masih aktif memproduksi semen yang masing-masing berkapasitas ratusan ribu hingga jutaan ton per tahunnnya.

Semen Tonasa ikut berkontribusi terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia, khususnya di wilayah Timur. Kualitas Semen Tonasa memang sudah terjamin serta memiliki daya tahan yang kuat. Maka tak heran jika ada banyak sekali proyek berskala besar maupun kecil yang lebih memilih menggunakan merk semen ini dibandingkan dengan merk lainnya. Kualitasnya bahkan tak hanya di akui dalam negeri saja, sebab mereka telah berhasil memasarkan produknya hingga ke beberapa negara di Asia.

HUT ke-53, kontribusi nyata Semen Tonasa dalam membangun negeri 

Sebentar lagi PT Semen Tonasa akan merayakan hari ulang tahun yang ke-53. Selama ini Semen Tonasa sudah banyak ikut andil dalam membangun serta mensejahterakan negeri. PT Semen Tonasa memiliki lahan seluas 715 hektar, yang berlokasi di Desa Bringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan.

Tentunya hal ini menjadi salah satu bukti nyata bahwa pembangunan infrastruktur di kawasan Timur Indonesia memang tidak bisa lepas dari kontribusi besar mereka. Bahkan merk Semen Tonasa sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat di wilayah Indonesia Timur. Dengan brand image tersebut, pastinya orang-orang akan lebih mempercayakan kebutuhan bangunannya kepada Semen Tonasa. 

Diluar itu, selama hampir 53 tahun lamanya, PT Semen Tonasa juga turut memberikan berbagai kontribusinya untuk membangun negeri melalui berbagai cara, diantaranya seperti:

1. Program bantuan beasiswa untuk mahasiswa dan pelajar

Sumber gambar: sementonasa.co.id

Selain dalam hal pembangunan infrastruktur, Semen Tonasa juga turut memberikan kontribusi untuk membangun negeri di bidang pendidikan. Melalui program bertajuk "Tonasa Cerdas Peduli Pendidikan", pada bulan Juni 2021 lalu, PT Semen Tonasa telah menyerahkan bantuan beasiswa kepada 140 mahasiswa asal Kabupaten Pangkep. 

Tak hanya mahasiswa, bantuan pendidikan juga turut diberikan kepada pelajar ring 1, baik SD, SMP, maupun SMA. Tentunya program-program bantuan tersebut menjadi salah satu bentuk kepedulian PT Semen Tonasa untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain itu, bantuan beasiswa tersebut tentu sangat bermanfaat, karena mampu meringankan beban bagi pelajar dan mahasiswa.

2. Bantuan terhadap korban bencana alam

Sumber gambar: sementonasa.co.id

Beberapa waktu lalu, bencana banjir dan tanah longsor menerpa Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Mendengar kata musibah tentu membuat siapa pun tersentuh hatinya, termasuk pihak PT Semen Tonasa. Dilansir dari situs resminya, Kepala Unit CSR PT Semen Tonasa Harun Diming, memberangkatkan tim yang terdiri dari karyawan PT Semen Tonasa, serta perwakilan serikat karyawan untuk menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam.

Bantuan tersebut diharapkan mampu meringankan beban para korban musibah bencana alam. Selain itu, hal ini juga tentunya dapat mempererat tali silaturahmi. Sikap kepedulian antar sesama yang diperlihatkan oleh PT Semen Tonasa ini dapat menjadi motivasi bagi banyak pihak supaya menjadi lebih peduli dengan lingkungan sekitar.

3. Program mahasiswa magang bersertifikat

Sumber gambar: sementonasa.co.id

Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMBB) sejatinya merupakan program dari kementrian BUMN yang dimotori oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI). PT Semen Tonasa termasuk salah satu perusahaan BUMN yang ikut melaksanakan program ini.

Saat ini PT Semen Tonasa sudah memasuki penerimaan peserta PMMB gelombang ke5. Adapun manfaat yang diperoleh para mahasiswa peserta dari program ini yaitu mendapatkan pengalaman kerja di dunia industri, serta mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing global. Tentunya SDM unggul menjadi aset bagi negara, demi mencapai Indonesia sejahtera.

4. Ikut mendukung penanganan pandemi COVID-19

Selama masa pandemi ini, banyak sekali pihak yang ikut turun tangan membantu pemerintah dalam menangani dampak yang ditimbulkan oleh virus corona. Salah satunya adalah PT Semen Tonasa yang terlibat langsung dalam kegiatan penyerahan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat Sulawesi Selatan yang terdampak pandemi COVID-19. Bantuan tersebut ditujukan untuk masyarakat terdampak di Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Barru.

5. Menggelar event dan lomba menarik

Sumber gambar: Instagram @ptsementonasa

PT Semen Tonasa sering kali menggelar berbagai macam event dan lomba yang seru serta menarik. Seperti pada saat ini, PT Semen Tonasa tengah menggelar lomba blog, lomba foto kontes, dan  kompetisi video yang berlangsung pada tanggal 17 Oktober sampai 1 November 2021. 

Tentunya lomba yang diselenggarakan memberikan sebuah manfaat tersendiri, khususnya bagi para peserta yang berpartisipasi. Sebab mereka akan menjadi lebih semangat serta berusaha agar bisa jadi yang terbaik. Selain itu, dengan mengikuti lomba, secara tak langsung bisa menumbuhkan dan mengasah kreativitas seseorang. Dengan memiliki kreativitas, pastinya akan mendorong inovasi yang menciptakan nilai tambah bagi bangsa dan negara Indonesia.

Untuk info event atau lomba, bisa dicek secara berkala di sosial media resminya, Instagram @ptsementonasa dan Facebook PT Semen Tonasa. Selain itu, lewat sosial medianya, PT Semen Tonasa juga turut mempublikasikan postingan yang menarik dan tentunya informatif.

Penutup

Selain beberapa contoh diatas, masih banyak kontribusi lain PT Semen Tonasa dalam membangun negeri tercinta ini. Apalagi dalam hal pembangunan infrastruktur, sudah tak terhitung lagi berapa banyak bangunan yang tetap berdiri megah hingga detik ini berkat Semen Tonasa.

Dan saat menginjak usia ke-53 nanti, pastinya semua berharap kedepannya PT Semen Tonasa mampu meningkatkan kualitas dan kuantitasnya. Walaupun saat ini kualitas Semen Tonasa sudah termasuk salah satu yang terbaik, tapi apa salahnya menjadi yang terbaik diantara yang terbaik.

Selamat Hari Ulang Tahun PT Semen Tonasa yang ke-53, semoga selalu bisa menjadi yang terkokoh, yang paling tahan lama, dan paling dipercaya.

  1. Fika salsabila

    Sangat bermanfaat kak . Semangat

    Reply
  2. Revel

    keren banget semen tonasa ini, bisa memberikan manfaat selain dalam hal perbetonan. top markotoppp...

    Reply
  3. Rita

    Selamat ulang tahun PT Semen Tonasa. Keren loh sudah banyak berkontribusi untuk pembangunan negeri selama 53 tahun

    Reply
  4. Indra

    saya sering denger merk semen ini. meskipun belum pernah lihat secara langsung. sangat informatif mas artikelnya, terima kasih.

    Reply
  5. unggulcenter

    Sering dengar semen ini, sepertinya memang di KTI salah satu yang merajai industrinya ya. Kayak di Jawa itu Tiga Roda atau sumatra ada semen padang.

    Reply
  6. Dian Restu Agustina

    Ternyata sudah lebih setengah abad Semen Tonasa berkontribusi untuk negeri. Sumbangsih di berbagai bidang yang mampu membantu masyarakat lebih sejahtera pasti. Semoga ke depan makin sukses dan ada pencapaian-pencapaian baru untuk Semen Tonasa

    Reply
  7. Nurul Sufitri

    Wah, Semen Tonasa sudah berusia 53 tahun. Waktu cepat beralau dan telah banyak kontribusi perusahaan ini kepada masyarakat. Program2 yang sudah berjalan mudah2an dapat berkesinambungan ya aamiin.

    Reply
  8. Tukang jalan jajan

    53 tahun bukan waktu sebentar untuk sebuah perusahaan. Pasti sudah banyak pencapaian yang didapat dan banyak pembangunan untuk negeri yang telah dilakukan. Semoga terus jaya dan berkembang

    Reply
  9. Yanti Ani

    Wuah kerennya semen tonasa ini ya, menggunakan penghasilannya untuk membantu sesama😀 saluttt.

    Reply
  10. Andrie K.

    Wahh luar biasa sekali peran yang diberikan semen tonasa untuk bisa bermanfaat kepada masyarakat, apalagi ditengah umurnya yang sudah lebih dari 50 tahun.. Panutan banget

    Reply
  11. ipeh alena

    Udah lama banget berarti ya Semen Tonasa ini. Bahkan udah banyak kontribusinya buat negara sampai ke rakyatnya melalui program csr nya. Keren sih. Semoga aja makin berjaya dan makin berwibawa

    Reply
  12. Nabilla DP

    ada banyak tempat2 penting yang udah dibangun sama semen tonasa ya mba, terutama di daerah timur indonesia. sudah 53 tahun gitu.. sudah sangat berpengalaman :D

    Reply
  13. Nunu Amir

    Semen Tonasa mmg semen andalan nih di Makassar dan sekitarnya. Saya bangga. Selamat milad semen tonasa

    Reply
  14. feryefend

    Baru denger merek semen tonasa, tp udah banyak banget ya kontribusinya untuk negara. Mantap!!!

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)