Back to Top
Pengetahuan

Selain Memberikan Manfaat, Influencer Juga Harus Bertanggung Jawab

Afif Dalma
October 21, 2021
13 Comments
Home
Pengetahuan
Selain Memberikan Manfaat, Influencer Juga Harus Bertanggung Jawab

Di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, media sosial (medsos) menjadi platform yang paling sering diakses oleh orang-orang. Bahkan situasi ini justru membuat beberapa aplikasi makin meroket dan populer. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab kegiatan yang serba dari rumah membuat banyak orang jenuh dan bosan, termasuk saya hehe. Alhasil media sosial pun menjadi tempat pelarian utama agar kita bisa mengalihkan pikiran serta mencari sebuah hiburan. Di Indonesia sendiri, orang-orang yang menggunakan medsos terus meningkat setiap tahunnya. Menurut survey yang dilakukan Global Web Index (GWI) dari tahun 2020 hingga awal tahun 2021, Youtube menjadi platform yang paling sering diakses oleh pengguna di Indonesia. Kemudian disusul dengan beberapa platform medsos lainnya seperti WhatsApp , Instagram , Facebook dan Twitter . Selain itu, masa pandemi juga menjadi panggung bagi platform pendatang baru seperti TikTok . Meskipun pengguna media sosial di Indonesia bisa dibilang banyak, n
Read more

Blog authors

Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

13 comments

  1. Muhammad Rifqi Saifudin
    November 02, 2021
    Adanya pandemi memang membuat sektor kreatif di dunia digital jadi makin menggurita ya, terutama soal influencer ini. Tapi di sisi lain kualitas para influencer juga dipertaruhkan karena jumlahnya yang makin banyak dan hadir dari berbagai kalangan. Setuju banget sih harus banget seorang influencer itu bertanggungjawab terutama dengan kontennya
  2. unggulcenter
    October 14, 2021
    Nah tu bener juga jangan hanya karena cuan ya. Makanya buzzerrp kadang disebut krn asosianinya negatif. Influencer tetap harus punya pendirian dan nurani.
  3. Revel
    October 14, 2021
    saya setuju mas, seorang influencer perlu bertanggung jawab atas apa yang telah dia sampaikan, karena saat ini banyak sekali yg beranggapan bahwa punya followers banyak sudah pasti informasinya akurat. padahal belum tentu
  4. Sapti nurul hidayati
    October 13, 2021
    Iya, adanya media sosial memang memberi banyak kesempatan kepada influencer. Dan jadi influencer itu ga mudah. Aku milih jadi blogger sajalah... Hihi..
  5. Bethaniafeby
    October 13, 2021
    setuju bgt! sebagai influencer jangan sampai menyesatkan konsumen. dulu ingat bgt artis sebesar RA aja secara gak sadar dia ngerekomendasikan saham yg menyebabkan harga saham tsb naik drastis. secara gak sadar beliau "pom-pom" saham tsb. untung OJK bergerak cepat. hal ini juga berlaku utk siapapun yg punya followers yg banyak. setiap kata, foto, video yg diposting bisa menggerakkan banyak massa.
  6. Andrie K.
    October 13, 2021
    Media sosial memang sebuah wadah yang bagus banget untuk menambah penghasilan atau menciptakan sebuah profesi baru.. Akupun merasa terbantu banget dengan hadirnya media sosial ini, aku bisa jadi influencer yang memasarkan dan mereview produk lewat konten, dan belajar hal baru dari sana..
  7. Finaira Kara
    October 13, 2021
    Iya, setuju dengan apa yang disampaikan. Tanggung jawab makin besar ketika punya peran yang besar juga. Bahkan sekarang banyak media sosial baru asli Indonesia yang bermunculan.
  8. feryefend
    October 13, 2021
    Sering dapet tawaran job promosiin web jud*. Walaupun feenya gede dan menggiurkan, tapi dampak kedepannya itu lho... auto skip dah!
  9. Listiorini Ajeng Purvashti
    October 13, 2021
    Yap, aku pun beepikir hal yang sama denganmu. Namanya influencer berarti dia "mempengaruhi" orang. Sekarang tinggal pilih, masa mau mempengaruhi orang dengan hal buruk yang menyeleweng.. memang perlu kehati-hatian nih kalau menjadi influencer. Btw, krn brand yg hub aku baru dikit, brrri tanggung jawab ku belom besar ya xD
  10. iluvtari
    October 12, 2021
    untunglah jobku blm banyak, jd tanggung jawabnya gak besar. hihi. catatan utk mawas diri nih, biar gak sembarang ambil tawaran (klo pula ada yg nawarin, halah)
    1. Afif Dalma
      October 12, 2021
      wahhh ada influencernya nih, peace kak
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)