OTW Menuju Kedaulatan Digital Indonesia, IndiHome Dukung Perkembangan E-Sport Melalui LEAD

Afif Dalma
November 14, 2021
29 Comments

Sebagai anak yang besar di tahun 2000-an awal, saya tidak pernah sedikit pun terpikirkan mengenai perkembangan teknologi informasi. Bagaimana tidak, pasalnya hingga tahun 2010, internet masih cukup sulit diakses secara leluasa oleh masyarakat Indonesia. Bahkan saya sendiri merasakan perjuangan untuk sekedar melihat gambar di web browser kala itu. 

Di masa itu, istilah paket internet alias kuota masih sangat asing di telinga saya. Alhasil saya pun harus menggunakan pulsa reguler untuk bisa berselancar di internet, yang mana semuanya masih sangat terbatas. Sebab tidak semua website/blog bisa dibuka dan dilihat, serta jumlah gambar yang bisa kita lihat juga masih sangat sedikit.

Walaupun begitu, memiliki ponsel yang bisa terhubung ke internet menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi saya dan juga teman-teman di kala itu. Meskipun saat itu saya masih belum terpkirikan mengenai manfaat dari internet itu sendiri. Karena pengetahuan saya tentang internet hanya terbatas pada sebuah handphone jadul merk sejuta umat.

Barulah memasuki tahun 2011, saya mulai mengenal istilah internet secara luas. Dan juga pada tahun itu bisnis Warung Internet (Warnet) mulai bermunculan. Warnet menjadi tempat yang dianggap mewah oleh anak-anak seangkatan saya. Dengan bermodalkan dua ribu rupiah, kita bisa mengakses internet secara leluasa, mulai dari membuka sosial media, menonton YouTube, hingga bermain game online, semua bisa dilakukan di warnet.

Hingga akhirnya eksistensi warnet pun perlahan mulai hilang dan tergusur, setelah gadget seperti smartphone, laptop, hingga konsol permainan mulai marak beredar dan digunakan. Disisi lain, hal tersebut tentunya memaksa provider penyedia layanan internet untuk muncul ke permukaan. Salah satu provider internet yang terkenal di Indonesia misalnya IndiHome.

Apa itu IndiHome? 

Logo: indihome.co.id, vector: inconfinder.com/firststyles

Jika mendengar kata IndiHome, saya yakin teman-teman pasti langsung teringat dengan internet. Brand Image tersebut membuat kebanyakan orang mengenal IndiHome hanya sebagai perusahaan penyedia layanan internet saja. Padahal IndiHome juga menyediakan beberapa layanan lain yang juga masih seputaran layanan komunikasi dan data.

IndiHome sendiri merupakan singkatan dari Indonesia Digital Home, yang merupakan salah satu produk layanan digital dari PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. IndiHome memiliki tiga layanan yang dikenal dengan Triple Play (3P) yaitu internet (High Speed Internet), telepon rumah (voice), dan TV interaktif/IPTV (IndiHome TV). Ketiga layanan tersebut terbagi kedalam beberapa paket yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. 

1. Paket 2P (Internet + Phone)

Paket ini terdiri dari internet dan telepon rumah. Selain itu kita juga akan mendapat benefit berupa bebas telepon selama 100 menit di jaringan lokal ataupun interlokal, serta akses gratis ke Disney+ Hotstar. Harga yang ditawarkan untuk paket 2P ini bervariasi, mulai dari Rp.275.000 sampai 795.000 per bulan.

2. Paket 3P (Internet + TV + Phone)

Sementara paket 3P merupakan paket komplit yang mencakup semua layanan, mulai dari internet, telpon rumah, hingga channel TV interaktif. Benefit yang akan kita dapatkan juga lebih banyak yaitu gratis telepon selama 100 menit, serta gratis akses ke 97 channel, termasuk Disney+ Hotstar, Mola TV, HBO, dan lain sebagainya. Paket ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp.385.000 sampai Rp.965.000 per bulan.

3. Paket Gamer

Sesuai dengan namanya, paket ini dikhususkan untuk para gamer yang ada di Indonesia. Dengan berlangganan paket ini kita mendapat keuntungan berupa koneksi internet yang 2x lipat lebih kencang dari biasanya. Selain itu kita juga berkesempatan mendapatkan item khusus di dalam game secara gratis. Harga yang ditawarkan untuk paket ini yaitu mulai dari Rp.385.000 sampai Rp.955.000 per bulan.

IndiHome sebagai pilar untuk mencapai kedaulatan digital Indonesia

Sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2015, IndiHome berhasil mencatatkan pengguna sebanyak 1 (satu) juta orang, dan terus meningkat setiap tahunnya. Dikutip dari salah satu sumber, total pengguna IndiHome sepanjang Januari-Juni 2021 tercatat sebanyak 8,3 juta orang yang tersebar di 496 Kabupaten/Kota. Maka tak heran kalau IndiHome telah dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Ini membuktikan bahwa IndiHome saat ini berperan sebagai Internetnya Indonesia. Selain itu IndiHome juga turut berperan dalam membangun kedaulatan digital Indonesia. Ini dapat dibuktikan dengan tersedianya jaringan fiber optik IndiHome yang tersebar di seluruh Indonesia, dan sudah mencakup hampir ke semua pelosok negeri.

Lantas apa hubungannya jaringan fiber optik dengan kedaulatan digital Indonesia?  

Sebelum membahas lebih lanjut, saya akan sedikit menjelaskan pengertian dari fiber optik. Fiber optik atau serat optik adalah salah satu jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik, yang fungsinya mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Sangat canggih bukan? Sebab ini berbeda dari kabel pada umumnya yang hanya mentransmisikan aliran listrik saja.

Dengan jaringan fiber optik, maka pelanggan dapat menikmati layanan internet cepat dengan performa yang tentunya jauh lebih mumpuni. Keunggulan lainnya dari serat optik yaitu memungkinkan kita untuk melakukan transfer data dengan kecepatan tinggi (High Speed Internet). Selain itu, jenis kabel ini juga terbukti tahan terhadap gangguan elektromagnetik seperti halnya cuaca buruk.

Nah, kecepatan internet ini lah yang mengacu pada kedaulatan digital Indonesia. Fyi, IndiHome menawarkan kecepatan internet hingga 300 Mbps. Tentunya kecepatan tersebut sudah masuk dalam kategori stabil, sehingga semua hal yang berkaitan dengan internet bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Namun tak hanya sekedar memberikan internet yang stabil, IndiHome juga tetap memperhatikan aspek dalam membangun digitalisasi di bidang lainnya, salah satunya di bidang pendidikan, baik formal maupun non-formal.

Melalui aplikasi IndiHome Study serta website www.indihomestudy.com, kita dapat mengakses layanan pendidikan formal yang disediakan oleh IndiHome. Disana kita bisa menemukan beragam materi-materi pembelajaran, mulai dari video, soal, hingga materi lengkap dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK. Selain itu, IndiHome juga menyediakan buku digital untuk guru dan murid. 

Sementara dukungan untuk pendidikan non-formal dilakukan IndiHome dengan menyediakan berbagai channel edukasi, salah satunya yaitu Ruang Trampil TV. Di channel ini terdapat beragam program pembelajaran seperti Ruang Musik, Ruang Kreatif, Ruang Fashion, dan Belajar Yuk. Melalui channel ini, seluruh masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dapat belajar banyak hal yang tentunya bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh di atas menjadi suatu pemanfaatan digital (internet) yang membawa dampak positif, khususnya bagi anak muda di Indonesia untuk bisa melakukan Aktivitas Tanpa Batas. Karena dengan adanya internet yang cepat dan stabil, kita bisa belajar banyak hal dengan mudah dan efektif. Bahkan kita juga bisa belajar hal lainnya di luar materi pembelajaran. Salah satunya seperti belajar pemrograman (coding) secara otodidak melalui internet.

LEAD sebagai bentuk dukungan IndiHome dalam memajukan ekosistem E-Sport di Indonesia

Saat ini perkembangan E-Sport di Indonesia cukup menjanjikan, sebab sudah banyak kompetisi E-Sport yang digelar baik di kancah lokal maupun internasional, sehingga membuat banyak atlet E-Sport yang kian bertambah jumlahnya. Bahkan Kementrian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui E-Sport sebagai cabang olahraga di Indonesia. Indonesia sendiri kini telah memiliki banyak tim E-Sport, dan beberapa diantaranya sudah berprestasi di kancah Internasional, yang pastinya ini sangat membanggakan.

Dalam mengembangkan ekosistem E-Sport di tanah air, IndiHome juga ikut berkontribusi dengan meluncurkan sebuah program bernama Limitless E-Sport Academy (LEAD). Program ini merupakan batu loncatan bagi teman-teman gamer yang ingin masuk ke dalam ranah E-Sport. LEAD sendiri merupakan akademi E-Sport berkonsep athlete enablement. Melalui program ini, IndiHome membuka serangkaian program pelatihan untuk para gamer supaya bisa menjadi pro player bermental atlet.

Selain membangun mental para atlet E-Sport, LEAD by IndiHome juga memberikan latihan yang konsisten dan rutin supaya mereka bisa menyuguhkan permainan yang berkualitas dengan menjunjung tinggi nilai sportivitas. Terlebih lagi biasanya game yang dipertandingkan dalam ajang E-Sport adalah game yang memerlukan kerja sama tim. Tanpa adanya kerja sama yang baik, tentu akan sulit untuk bisa mengalahkan tim lawan. 

Dengan begitu dapat kita tarik kesimpulan bahwa program LEAD by IndiHome ini merupakan bentuk dukungan langsung IndiHome terhadap perkembangan ekosistem E-Sport di Indonesia. Karena saat ini kita punya banyak gamer berpotensi yang siap dikembangkan ke level yang lebih tinggi, yaitu menjadi atlet E-Sport professional. Seluruh masyarakat Indonesia, siapa pun dan dimana pun kalian berada, semua berkesempatan menjadi atlet E-Sport professional yang dibina langsung oleh para coach professional dari LEAD by IndiHome. 

Cara mendaftar program LEAD by IndiHome

Gambar: indihome.co.id

Untuk mendaftar ke program ini teman-teman cukup masuk ke laman ini. Sebelum benar-benar mendaftar, pastikan kalian sudah membaca serta memahami syarat dan mekanisme pendaftaran (atau bisa lihat gambar di atas). Namun perlu diketahui, pendaftaran LEAD Academy periode sekarang sudah ditutup sejak 5 November lalu. Untuk itu teman-teman perlu mencari informasi sendiri mengenai pendaftaran selanjutnya. Kalian bisa cek secara berkala sosial media serta website resmi IndiHome.

Andai kata kalian sudah mendaftar, maka peserta akan mengikuti serangkaian acara, mulai dari kualifikasi, pembinaan fase 1, ujian penyaringan, pembinaan fase 2, hingga graduation (kelulusan). Benefit utama yang diterima oleh peserta dengan mengikuti program LEAD by IndiHome yaitu program pelatihan untuk menjadi gamer bermental atlet. Namun yang paling menarik yaitu, kita diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari tim E-Sport lintas negara, keren kan.

Kesimpulan

Sebagai orang yang suka bermain game, tentunya saya sangat mendukung program LEAD by IndiHome. Karena dengan mengembangkan ekosistem E-Sport, maka secara tak langsung membuat gaming tidak lagi dipandang sebagai aktivitas yang negatif. Hal tersebut memang tidak salah, hanya saja jika kita telaah lebih dalam lagi, bermain game justru mampu memberikan suatu hal positif. Ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang berprofesi sebagai gamer (Atlet E-Sport, Youtuber gaming). Profesi tersebut membuat mereka mampu mendapatkan penghasilan yang cukup menggiurkan.

Terlepas dari itu, pastinya teman-teman setuju kalau dibandingkan dengan pengguna internet lainnya, gamer menjadi orang yang paling sensitif saat mendapati masalah koneksi internet. Terlebih lagi jika hal tersebut terjadi disaat mereka sedang memainkan game online yang sifatnya kompetitif. Rasa kesal, kecewa, dan geram tentunya akan terus menyelimuti mereka, sekali pun pertandingan dalam game tersebut sudah berakhir.

Saya pun sering sekali mengalami kejadian tersebut. Terlebih lagi saya tinggal di daerah yang lumayan jauh dari pusat kota. Sehingga gangguan internet sudah menjadi makanan sehari-hari buat saya. Memang hal ini tidak terlalu menganggu, karena sejatinya kita tidak bermain game sepanjang hari. Tetapi akan ada momen dimana kita memerlukan koneksi internet yang lancar dan stabil.

Sementara itu kita tidak pernah tahu kapan momen tersebut akan terjadi/datang. Untuk mengatasi hal ini saya tidak ambil pusing, cukup dengan percayakan kepada IndiHome sebagai pemenuh kebutuhan internet. Dengan jaringan fiber optik yang sudah tersebar luas di penjuru Nusantara, kita tak perlu lagi khawatir tentang masalah internet.

Selain itu, dalam hal gaming, IndiHome telah diakui sebagai Internetnya untuk gamer. Jika menggunakan IndiHome, kita bisa tenang ketika memainkan game online apa pun. Apalagi dengan adanya paket gamer, tentunya ini menjadi kombinasi yang cocok dengan teman-teman yang sangat suka bermain game. Tunggu apa lagi, buruan pasang IndiHome! Berlangganan sekarang juga disini.


Referensi

  • https://id.wikipedia.org/wiki/IndiHome
  • https://indihome.co.id/
  • https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/123867/abstraksi/analisis-strategi-pemasaran-produk-indihome-pt-telkom-witel-bandung.pdf
  • https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/21/pendapatan-indihome-tumbuh-242-pada-semester-i-2021#:~:text=Sepanjang%20Januari%2DJuni%202021%2C%20pelanggan,270%20pada%20kuartal%20II%2D2021.
  • https://www.liputan6.com/bola/read/4624986/data-evos-perkembangan-esports-di-indonesia-menjanjikan
  • https://www.republika.co.id/berita/r0wesz423/telkom-hadirkan-lead-by-indihome-cetak-atlet-esport-kti

  1. Muhammad Izzuddin Alhafizh

    Keren kak tulisannya, lengkap dan detail.

    Ternyata udah lewat ya kak, andai tau informasi ini lebih awal :')

    Reply
    1. Afif Dalma

      terima kasih sudah berkunjung mas.

      hehe iya nih, ditunggu aja untuk pendaftaran selanjutnya mas.. cek secara berkala medsosnya IndiHome.

      Delete
  2. Indra

    IndiHome memang penyedia layanan internet yang gak tanggung-tanggung. aku pelanggan setia IndiHome paket 2P... kecepatan internetnya beneran kenceng dan stabil, terus benefitnya juga banyak.

    btw aku baru tau kalo IndiHome punya akademi buat atlet E-Sport.. nice info kak...

    Reply
    1. Afif Dalma

      terima kasih atas kunjungannya.

      iya nih.. pokoknya buat yg hobi main game dan berminat jadi atlet e-sport. bisa ikut program ini..

      Delete
  3. nurul rahma

    Waahh, bravooo IndiHome!
    keren sangat nih terobosannya
    IndiHome membuka serangkaian program pelatihan untuk para gamer supaya bisa menjadi pro player bermental atlet.
    Sipp ciamiik!

    Reply
    1. Afif Dalma

      tentunya terobosan ini sebagai upaya IndiHome dalam mendukung kedaulatan digital di Indonesia.. keren kan

      Delete
  4. Achi Hartoyo

    Pilihan paket Indihome beragam ya. Kebetulan aku juga pake Indihome di rumah. Btw, tulisannya keren.

    Reply
    1. Afif Dalma

      terima kasih atas kunjungannya mas. wah... pake paket yg mana nih mas?

      Delete
  5. Lita Chan Lai

    paket indihome banyak pilihan juga ya. kebetulan ponakanku suka main game. nanti aku saranin deh sama mamanya supaya pasang paket gamer.

    Reply
    1. Afif Dalma

      hehe siap kak.. wajib banget tuh pake paket gamer

      Delete
  6. NataHsu

    Baru tau kalau Indihome ada paket gamer, thank you for sharing !
    Enaknya memang indihome jangkau daerah manapun, mau pindah ke rumah baru, internetnya udah ada indihome

    Reply
    1. Afif Dalma

      makasi juga udah mampir kak :D

      iya nih, IndiHome memang mantulll, bahkan hampir semua pelosok di penjuru negeri mulai tercover jaringannya.

      Delete
  7. Bethaniafeby

    nice info nih, baru tau ada indohome paket utk gamer wkwk thanks for sharing bang!

    Reply
  8. Siska Dwyta

    Saya baru berencana mau gunakan layanan indihome karena sepertinya lebih boros nih pengeluaran buat internet kalau hanya mengandalkan paket data seluler. Btw mantap nih program Indihome dukung E-Spor lewat ajang LEAD

    Reply
  9. Siti Syarafina Hasyim

    Wahh ternyata indihome selengkap itu ya.. sampai ada paket buat gamer. Pengen coba jadinya

    Reply
  10. Rudi G. Aswan

    Keren banget inovasi Indihome, memang andalan buat ngenet puas nih di rumah dan mana saja. Bukan cuma paketnya yang lengkap dan harganya terjangkau, tapi punya inovasi utk mendukung kemajuan e-sport sebagai salah satu cabor di Indonesia. Semoga lewat LEAD akan dilahirkan banyak atlet kaliber internasional.

    Reply
  11. Nurul Sufitri

    Sebagai pelanggan IndiHome 3P, aku merasakan manfaat pelayanan dan kecanggihan teknologi yang ditawarkan memang benar adanya. Zaman sekarang kalau di rumah belum ada provider internet, Wifi maupun tv berbayar, rasanya gimanaa gitu yach. Apalagi PJJ dan WFH yang mengharuskan kita punya jaringan internet lancar :) Buat gamers, tentu penting sekali :D Semoga perkembangan e-sport melalui lEAD ini terus maju ya.

    Reply
  12. Tutihsnote.blogspot.com

    Artikelnya diikutkan lomba Indihome ya kak? Semangat ya kak, semoga dapat hasil terbaik. Buat saya indihome merupakan penyelamat karena tinggal di kota yang jauh dari keluarga dan minim hiburan. Kalau ada masalah, petugasnya juga sigap banget. Tengkyu kak artikelnya bagus sekali, Indihome semoga sering2 ada program sejenis

    Reply
  13. Uniek Kaswarganti

    Keren nih Indihome memberikan dukungan luar biasa kepada para atlet e-sport untuk makin berkembang melalui LEAD. Sukses untuk semuanyaaa...

    Reply
  14. Ika Maya Susanti

    Baru tahu ada Indihome Study dan LEAD. Ini bagus banget ya! Sampai saya mikir, apa ya banyak kah orang awam kayak saya yang sampai nggak tahu. Soalnya ini bermanfaat banget buat banyak orang. Anak-anak jadi bisa belajar banyak lewat Indihome Study, dan banyak anak muda yang bakal tertarik buat ikut LEAD Academy.

    Reply
  15. Dian Restu Agustina

    Sebagai orang dari angkatan jadoel aku bahkan yang mengalami pengin dapat koneksi internet waktu masa kuliah harus ke warnet. Tahun 94 pas aku mulai kuliah subur banget tuh warnet...maka enggak pernah kebayang seperempat abad kemudian, , semua bisa diakses dari genggaman tangan - dari smartphone kita. Termasuk buat main game sehingga merebaklah e-sport dimana-mana
    Senangnya Indihome dukung penuh perkembangan e-sport melalui LEAD

    Reply
  16. Tukang Jalan Jajan

    aku juga pake Indihome dirumah, masih bisa diandalkan untuk kerja dan entertainment di rumah. Sinyal lancar jaya sampe sekarang

    Reply
  17. Triani Retno A

    Tjakep nih terobosan Indihome. Terus terang selama ini aku lumayan khawatir melihat anak-anak yang kecanduan game sampai abai dengan kesehatan fisik dan psikis mereka sendiri. Jadi lebih tenang kan kalau mereka dididik dan diarahkan dengan benar seperti yang dilakukan LEAD Academy.

    Reply
  18. Melati Octavia

    Wah, sekarang indihome provide buat para gamer ya? Aku main game kak, kepikiran pasang cuma masih ragu. Bakal cari tahu lagi nih sama paket gaming. Karena kalo pake kuota biasa kadang internet ga stabil Semoga ada inovasi ini bikin game makin lancar dan seru ya..

    Reply
  19. Unknown

    Beberapa kali sering denger soal e-sport ini. Potensial banget, ya! Dan ketika didukung jaringan internet yang cepat, tentu pengalamannya pun bakal lebih menyenangkan lagi. Terima kasih sudah sharing! :D

    Sintia - www.sintiaastarina.com

    Reply
  20. Finaira Kara

    Indiehome ini bikin Indonesia on the way jadi negara dengan kecepatan internet yang makin bagus, ya. Kapan hari aku juga ditawarin paket gamer ini sama Indiehome karena emang di rumah 3 orang bersaudara suka ngegame, apalagi abangku yang jadikan game sebagai profesi. Segitu dengan kecepatan internetnya cukup terjangkau

    Reply
  21. Ipeh Alena

    Sebagai pengguna indihome juga. Sejauh ini aku puas banget karena aktivitas ngonline semakin lancar. Termasuk main game, yah walaupun belum sampai taraf kaya atlet esport ya. Tapi main game kaya The Sims gitu tetep aja butuh koneksi yang lumayan lancar. Dan so far enggak ada keluhan selama pakai indihome

    Reply
  22. unggulcenter

    Aku ga paham soal kedaulatan digital ya, kayaknya wow besar banget konsepnya ruwet, tapi soal mendukung tim esport, wah aku dukung!

    Reply
  23. Siska Dwyta

    Saya baru berencana nih mau berlangganan IndiHome karena merasa lebih boros aja beli kuota internet, cepat habisnya jadi dalam sebulan bisa beli sampai berkali huhu jadi pastinya lebih hemat berlangganan IndiHome apalagi jaringan internetnya juga sudah banyak diakui ya, sebagai internetnya Indonesia IndiHome hadir dengan internet cepat

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)