8 Pemain Bintang yang Siap Bersinar di Piala AFF 2020

Afif Dalma
November 29, 2021
0 Comments

 

pemain bintang yang siap bersinar di piala aff 2020

Ajang Piala AFF 2020 hanya tinggal hitungan hari lagi. Masing-masing tim yang tentunya sudah mempersiapkan strateginya dengan matang. Sebab setiap tim tentu ingin tampil maksimal di turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara ini.

Publik pecinta sepak bola ASEAN juga sudah tak sabar menantikan ajang tersebut. Pasalnya Piala AFF 2020 harusnya diselenggarakan pada tahun lalu, namun karena pandemi COVID-19 masih melanda kawasan Asia Tenggara, federasi sepak bola ASEAN (AFF) terpaksa menundanya.

Pada akhirnya Piala AFF 2020 resmi digelar pada 5 Desember hingga 1 Januari 2022 mendatang. Di edisi kali ini Singapura ditunjuk menjadi tuan rumah tunggal untuk menggelar semua pertandingan, mulai dari penyisihan grup hingga babak final. Walau begitu format pertandingan yang dipakai masih sama seperti di edisi-edisi sebelumnya.

Terdapat total 10 negara peserta yang mengikuti Piala AFF 2020, mereka dibagi menjadi dua grup. Grup A diisi oleh Thailand, Filipina, Singapura, Myanmar dan Timor Leste. Sementara grup B dihuni oleh Vietnam, Indonesia, Malaysia, Kamboja dan Laos.

Setiap tim memanggil pemain-pemain terbaiknya, mulai dari yang berkarir di liga domestik, Asia, hingga Eropa. Beberapa pemain tersebut diprediksi bakal tampil bersinar di ajang ini. Lantas siapa sajakah mereka? Saya mencoba menyimpulkan 7 pemain bintang yang siap bersinar di Piala AFF 2020.

8. Phoutthasay Khochalern

Pemain muda ini kemungkinan bakal menjadi pusat perhatian dari timnas Laos. Pasalnya gelandang yang satu ini cukup bertalenta, sehingga membuatnya dilirik oleh klub peserta Thai League 1, Samut Prakan City. Meskipun dari 15 pertandingan dia belum mencetak satu gol pun, namun skill individunya tidak bisa dianggap remeh. 

7. Chanathip Songkrasin

Sempat absen di beberapa laga terakhir timnas Thailand, Chanathip Songkrasin dipastikan akan kembali tampil di Piala AFF 2020. Ia bermain untuk klub peserta J1 League, Hokkaido Consadole Sapporo sejak tahun 2017 silam. Tiga tahun di liga Jepang tentu membuatnya kenyang akan pengalaman. Chanathip merupakan contoh talenta berbakat yang lahir dari tanah Asia Tenggara.  

6. Nguyen Tien Linh

Nguyen Tien Linh menjadi striker andalan bagi timnas Vietnam. Ia berhasil tampil apik selama gelaran Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan mengemas 7 gol dari 13 pertandingan. Selain itu dia juga tampil mengesankan bersama klubnya Becamex Binh Duong. Selama bergabung sejak tahun 2016, dia berhasil mengemas 37 gol. Tentunya ini bisa menjadi sebuah peringatan untuk semua tim di ajang ini, khususnya yang tergabung di grup B.

5. Ikhsan Fandi

Ikhsan Fandi bisa dibilang menjadi salah tumpuan bagi tim tuan rumah Singapura. Saat ini ia bermain untuk klub divisi satu liga Norwegia, FK Jerv. Bersama klub barunya itu dia sudah mengemas dua gol dari 22 pertandingan. Striker muda ini memang patut untuk diwaspadai, sebab dia merupakan ujung tombak milik timnas Singapura.

4. Egy Maulana Vikri

Kiprahnya bersama FK Senica bisa dibilang berjalan manis, bahkan Egy sudah menjadi pemain inti tim. Ia baru saja mencatatkan gol pertamanya saat melawan MSK Zilina pada 26 November lalu. Sayanya nasib Egy untuk membela timnas di Piala AFF 2020 masih tanda tanya, pasalnya dirinya belum tentu dilepas oleh klubnya. Tetapi jika Egy diperbolehkan bergabung dengan skuad Garuda, tentunya dia akan menjadi ancaman bagi lini belakang tim lawan.

3. Luqman Hakim

Wonderkid asal Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin akan ikut meramaikan gelaran Piala AFF 2020 nanti. Saat ini ia membela klub divisi satu liga Belgia, K.V. Kortrijk dan berhasil memikat hati para penggemar klub tersebut. Sayangnya pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Luqman hanya dimainkan di dua pertandingan. Sepertinya Piala AFF 2020 akan menjadi tempat bagi Luqman Hakim untuk unjuk gigi bersama timnas Malaysia.

2. Thanawat Suengchitthawon

Nama Thanawat Suengchitthawon mungkin sudah tidak asing lagi di telinga publik sepak bola ASEAN. Pasalnya dia merupakan wonderkid asal Thailand yang bermain untuk klub Premiere League, Leicester City. Di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dia tampil mengesankan bersama timnas Thailand yang saat itu diasuh oleh Akira Nishino. Aksinya di Piala AFF 2020 sangat dinantikan setelah dia dipanggil oleh pelatih baru Thailand yaitu Alexandre Polking.

1. Elkan Baggott

Selain Egy, pemain keturunan yang berposisi sebagai bek tengah yaitu Elkan Baggott juga diprediksi bakal tampil bersinar di Piala AFF 2020. Pemain Ipswich Town ini sudah melakukan debut internasionalnya bersama timnas Indonesia saat melawan Afghanistan pada pertengahan November lalu. Di laga tersebut Elkan tampil apik dan menjadi man of the match, walaupun pada akhirnya dia harus ditarik keluar karena mengalami cidera ringan. Tentunya di Piala AFF 2020 nanti kehadiran Elkan memberikan motivasi tersendiri bagi timnas Indonesia.


Kira-kira itulah delapan pemain yang diprediksi bakal bersinar di Piala AFF 2020 nanti. Tentunya tak hanya mereka saja, masih banyak pemain lainnya yang juga berpotensi menjadi sorotan di Piala AFF edisi kali ini.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)