Begini Cara Memilih Keju Cheddar yang Tepat! Kampanye #KejuAsliCheck

Afif Dalma
December 13, 2021
11 Comments
cara memilih keju cheddar yang tepat

Ngomong-ngomong soal keju, pastinya banyak dari teman-teman khususnya pecinta kuliner yang suka dengan produk olahan susu ini. Bahkan sulit rasanya menemukan orang yang tidak suka dengan keju. Pasalnya ada banyak sekali makanan terutama jajanan atau camilan yang menggunakan keju sebagai bahan dasarnya. Alhasil hal tersebut membuat kita secara tak langsung mulai menyukai keju, bahkan tak jarang kita merasakan makanan yang tingkat kelezatannya berkurang hanya karena tidak ada keju di dalamnya. 

Selain karena rasa dan teksturnya, keju juga disukai karena memiliki kandungan nutrisi di dalamnya, seperti kalsium, protein serta Vitamin D. Jadi jangan heran kalau banyak sekali orang yang menjadikan keju sebagai makanan pokok. Perlu diketahui juga bahwa keju memiliki beragam jenis, namun yang paling umum dan sering kita temukan yaitu jenis cheddar.

Jika kita pergi ke pasar, toko ataupun supermarket, kita cenderung lebih sering menemukan jenis keju cheddar dibanding jenis lainnya. Sangking banyaknya keju cheddar tersebut, kita pun sampai dibuat pusing ketika harus memilih salah satunya. Pada akhirnya kita hanya mengandalkan naluri ekonomis dan memilih yang harganya paling murah. Walaupun tidak ada istilah keju palsu, tapi tetap saja setiap keju punya kualitasnya masing-masing.

Nah, hal tersebut perlu kita garis bawahi dan kita harus jeli saat hendak membeli keju, khususnya keju cheddar. Sebab beberapa produk keju cheddar tidak menggunakan komposisi yang sesuai dengan apa yang ditulis di label pangan kemasan. Untuk mencegah kekeliruan ini, produsen makanan yang terkenal akan produk keju cheddar-nya yaitu KRAFT, menggelar sebuah kampanye bertajuk "Kampanye #KejuAsliCheck".

Melalui kampanye #KejuAsliCheck, KRAFT mengajak para ibu untuk pintar dalam memilih produk keju cheddar yang tepat dan berkualitas, dengan cara cermat memastikan pada label pangan kemasan bahwa keju adalah komposisi utama. Lantas bagaimana sih cara memilih produk keju yang benar? Yuk simak di bawah ini.

Cara memilih keju Cheddar yang bagus dan berkualitas

#KejuAsliCheck
Sumber: KRAFT KejuAsliCheck

Seperti yang sudah disinggung di atas, banyaknya pilihan keju cheddar di pasaran seringkali membuat ibu kesulitan menentukan keju cheddar dengan komposisi bahan baku yang tepat dan berkualitas bagi buah hati. Untuk itu para ibu harus memperhatikan hal-hal berikut ketika hendak membeli keju cheddar.

1. Memastikan keju pada urutan pertama komposisi (bukan air atau tepung)

Ketika hendak membeli keju cheddar, cek pada bagian label pangan kemasan dan pastikan kalau keju menjadi kompisisi utamanya. Seperti misalnya pada kemasan keju KRAFT cheddar, kita akan melihat keju cheddar berada di urutan pertama dengan tulisannya yang dicetak tebal. Mengetahui komposisi produk sangatlah penting, selain untuk mengetahui informasi nilai gizi komposisi juga diperlukan sebagai informasi bagi konsumen yang memiliki alergi tertentu.

2. Memiliki klaim nutrisi pada kemasan

Selain komposisi, pada bagian kemasan produk keju cheddar juga terdapat klaim nutrisi. Hal ini penting untuk diperhatikan, terutama bagi yang sedang menjalani program diet. Dengan melihat tabel nutrisi kita jadi tahu manfaat apa saja yang akan kita peroleh jika mengonsumsi keju cheddar tersebut. Karena bahan utamanya adalah susu, maka manfaat yang diperoleh tak jauh-jauh dari protein, karbohidrat, Vitamin D, serta kalsium.

3. Cek tanggal kadaluarsa

Mengecek tanggal kadaluarsa sebuah produk makanan sangatlah penting, khususnya ketika hendak membeli keju cheddar. Karena dengan begitu kita jadi tahu apakah produk tersebut masih layak untuk dimakan atau tidak. Jika keju sudah kadaluarsa (baca: basi) tentu tidak boleh dikonsumsi, sebab dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

4. Perhatikan warna keju

Masih banyak orang yang terkecoh dengan warna keju cheddar yang masih fresh dan yang tidak. Umumnya keju yang bagus dan berkualitas memiliki warna kuning cerah atau kuning keputih-putihan. Walaupun nyatanya warna pada keju cheddar tergantung dari susu yang digunakan. Apa yang dimakan sapi, jenis sapi, serta rasio krim susu di dalamnya dapat memepengaruhi warna keju. 

5. Cek aroma keju

Langkah terakhir untuk mengetahui kualitas keju cheddar adalah dengan mengecek aroma kejunya. Keju yang bagus dan berkualitas memiliki aroma khas seperti susu. Namun jika mendapati keju yang mengeluarkan aroma tak sedap, bisa dipastikan bahwa keju tersebut sudah basi dan berjamur. Ini disebabkan karena keju tidak disimpan di tempat yang tepat.

Kenapa harus pilih keju KRAFT cheddar?

Jawabannya cukup simpel, yaitu karena keju KRAFT cheddar sudah terbukti berkualitas. Nama KRAFT sendiri sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Perusahaan ini tercatat sebagai perusahaan makanan dan minuman terbesar ke-2 di dunia. Namun di Indonesia, KRAFT terkenal akan produk kejunya.

Maka tak heran kalau KRAFT cheddar menjadi pilihan utama bagi banyak orang, terutama para ibu rumah tangga. Keju KRAFT cheddar merupakan pilihan produk keju yang tepat untuk berbagai kreasi sajian lezat bernutrisi untuk buah hati, karena telah memenuhi standar keaslian keju dan diperkaya berbagai nutrisi yang juga tertuliskan di label kemasan.

Keju cheddar yang dihadirkan oleh KRAFT telah memenuhi semua kriteria sesuai kampanye #KejuAsliCheck, yaitu berbahan utama Keju Asli New Zealand pada urutan pertama, serta dilengkapi nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein dan Vitamin D. Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh keju cheddar KRAFT ini juga dapat dilihat langsung pada kemasan, sehingga akan memudahkan para Ibu dalam memastikan manfaatnya bagi buah hati. Selain itu, keju cheddar KRAFT juga memiliki rasa lezat dengan gurih keju yang khas, serta tanpa perisa tambahan.

Kampanye #KejuAsliCheck mengajak kita untuk selalu mengecek label kemasan

Sumber: dokpri

Mengecek dan memahami label kemasan makanan sangatlah penting, terutama untuk mereka yang ingin hidup sehat. Label kemasan memberi kita informasi tentang manfaat apa saja yang akan diperoleh secara optimal bagi kesehatan, serta menghindari resiko bahaya yang mungkin terjadi (misalnya karena punya alergi tertentu). Biasanya orang yang paling sensitif tentang hal ini adalah ibu rumah tangga. Sebab mereka merupakan sosok yang selalu menjaga keluarganya agar tetap hidup sehat. 

Seperti yang kita tahu, saat ini ada banyak sekali produk makanan palsu yang beredar. Palsu yang dimaksud disini yaitu komposisi bahan yang digunakan dan yang tertulis di label kemasan tidak sama/sesuai. Tentunya ini akan berakibat fatal apabila kita acuh terhadap label kemasan. Apalagi kalau produk makanan tersebut menjadi pemenuh kebutuhan sehari-hari.

Bahkan lewat survei yang dilakukan KRAFT terhadap konsumen, terungkap bahwa lebih dari 61% ibu rumah tangga tidak tahu jika produk keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar. Selain itu, terungkap juga bahwa 77% ibu mengaku terbiasa melihat label pangan, namun lebih dari 48% tidak tahu cara membaca susunan komposisi dengan benar.

Kampanye #KejuAsliCheck yang disuarakan oleh KRAFT menjadi tamparan bagi kita semua yang masih malas mengecek label kemasan. KRAFT berupaya memberikan edukasi kepada semua Ibu di seluruh Indonesia terkait kandungan nutrisi keju cheddar dengan komposisi yang tepat dan berkualitas. 

Di Indonesia, pencantuman label pada produk pangan olahan diatur dalam Peraturan Badan POM No. 31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan, untuk memberikan informasi yang benar dan jelas kepada masyarakat tentang setiap produk pangan yang dikemas, sebelum membeli dan atau mengonsumsi pangan. Pihak BPOM merekomendasikan untuk memeriksa kemasan makanan, dan berikut ciri kondisi kemasan yang baik:

          1. Kemasan dalam kondisi baik tidak rusak, penyok atau menggembung
          2. Pangan tidak kedaluwarsa atau rusak.
          3. Sudah memiliki nomor izin edar:
               - MD (Pangan yang diproduksi dalam negeri)
               - ML (pangan yang diimpor dari luar negeri)
               - PIRT (pangan yang diproduksi oleh rumah tangga)


Referensi : 

  • https://ibuibudoyannulis.com/iidnreborn/lomba-blog-kejuaslicheck/
  • https://www.thespruceeats.com/white-vs-yellow-cheddar-cheese-2355816
  • https://ibuibudoyannulis.com/wp-content/uploads/2021/12/KRAFT-KejuAsliCheck-Siaran-Pers.docx
  • https://ibuibudoyannulis.com/wp-content/uploads/2021/12/KRAFT-KejuAsliCheck-Lembar-Fakta.docx
  • https://krakataumedika.com/info-media/artikel/pentingnya-membaca-label-makanan-dan-memeriksa-kemasan

  1. Tetty Hermawati

    Kraft mah keju andalan dari kecil sampe sekarang, pokoknya kalo keju ya ingetnya kraft, dan rasanya emang khas bgt sih kalo menurutku

    Reply
  2. Keke Naima

    Saya kalau beli produk Kraft suka lupa cek label kemasan, selain tanggal kedaluarsa. Udah percaya aja gitu sama kualitasnya. Kapan-kapan saya mau coba cek juga.

    Reply
  3. Ciani Limaran

    Wah iya nih, klo cari keju ya Kraft. Gimana ya, udah tertanam di otak. Cari yang pasti-pasti aja sih aku, biar aman.

    Reply
  4. Munasyaroh Fadhilah

    Kalau memilih keju pertama tama yang aq cek adalah label kadaluarsanya, habis itu harganya gak pernah kepikiran komposisi bahan atau lainnya. Kirain semua keju itu sama.
    Makasih banyak atas pencerahannya

    Reply
  5. Wiwid Nurwidayati

    Keju ini kesukaanku kak. Mau ditaruh di kue bolu atau kue kering suka. Apalagi keju chedar ini enak. Suka untuk bikin kue gabus

    Reply
  6. Andrie K.

    Keju idola aku banget, rasaknya pas dan gak nanggung banget.. Aku selalu pake keju ini untuk campuran bahan makanan atau pelengkap rasa.. Rekomended banget deh

    Reply
  7. Lailatul Istiqomah, S.M

    Keju kraft yang varian slice suka dimakan langsung. Hahhaa. Enaknya bikin nagih. I like cheese.

    Reply
  8. Nabilla DP

    aku tuh ga suka nyetok keju lain selain kraft. kualitasnya dan rasanya tuh beda.. selalu okee dan yang penting anak2ku suka :D

    Reply
  9. Rahman Kamal

    Kalau beli keju, mentok cek kadaluarsa doang, kadang suka lupa ngecek in hal lain. Habis baca tulisan ini jadi tertampar. Ternyata baca dan mahamin isi dan penjelasan di kemasan sangat penting, apalagi produk keju yang notabene penuh dengan manfaat dan proses panjang dalam pembuatannya

    Reply
  10. Wiwid Nurwidayati

    keju tuh salah satu makanan kesukaanku, maksudnya kue atau camilan yang ada kejunya, pasti nggak nolak. Suka.

    Reply
  11. Asih Mufisya

    Paham baca komposisi penting adanya ya, jadi kita bisa mendapatkan produk yang sesuai harapan. Apalagi sebagai ibu perlu menjaga nutrisi untuk anak dan keluarga.

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)