Final Piala AFF 2020: Serangan Tertajam vs Pertahanan Terkuat

Afif Dalma
December 27, 2021
0 Comments

Indonesia vs Singapore AFF Suzuki Cup 2020

Pada partai Piala AFF 2020 Timnas Indonesia sudah dipastikan akan bersua dengan Thailand. Kepastian itu didapat setelah tim berjuluk Changsuek (Gajah Putih) berhasil menahan imbang Vietnam 0-0 di semifinal leg kedua yang digelar di National Stadium, Singapura, Minggu (26/12) malam. 

Hasil tersebut membuat Thailand unggul agregat gol setelah di leg pertama Chanathip Songkrasin dan kawan-kawan berhasil menaklukan Vietnam dua gol tanpa balas.

Sementara itu Timnas Indonesia sudah lebih dulu memastikan tempat di partai final setelah di leg kedua berhasil menang secara dramatis atas Singapura dengan skor 4-2. Sebelumnya di leg pertama, kedua tim bermain imbang 1-1 lewat gol yang dicetak oleh Witan Sulaeman dan Ikhsan Fandi.

Ini menjadi kali keenam Timnas Indonesia tampil sebagai finalis di ajang dua tahunan sepak bola ASEAN tersebut. Sedangkan Thailand sudah tampil sebanyak delapan kali di partai final dan berhasil membawa pulang 6 trofi, yaitu pada edisi 1996, 2000, 2002, 2014 dan 2016.

Baik Timnas Indonesia maupun Thailand sama-sama lolos ke final Piala AFF 2020 dengan catatan luar biasa, yakni sama-sama menjadi tim yang tak terkalahkan dalam enam pertandingan yang sudah dijalani. 

Laga final antara Timnas Indonesia vs Thailand bakal menjadi sangat menarik, karena akan mempertemukan dua kutub sepakbola, yakni tim dengan serangan tertajam dan tim dengan pertahanan terkuat. 

Tim Merah Putih tercatat sebagai tim teproduktif dengan torehan 18 gol. Sementara Thailand dibawah asuhan Alexandre "mano" Polking menjadi tim dengan pertahanan tersolid dengan hanya kemasukan satu gol saja.

Tentunya partai final nanti akan menjadi ujian yang cukup berat bagi Shin Tae-yong dan anak asuhnya. Pasalnya mereka sangat diharapkan untuk dapat mengakhiri kutukan spesialis Runner-up

Dua pertandingan final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand akan digelar terpusat di National Stadium Singapura. Berikut adalah jadwalnya: 

29 Desember 2021

Indonesia vs Thailand

1 Januari 2022

Thailand vs Indonesia

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)