6 Keuntungan Membeli Tiket Emas/Gold Pass di Game Clash of Clans

Afif Dalma
January 03, 2022
0 Comments

Teman-teman Clasher pastinya setuju kalau Gold Pass (Tiket Emas) merupakan fitur yang sangat berguna untuk meningkatkan pertahanan dan pasukan di desa yang kita bangun. Bagaimana tidak, fitur ini memungkinkan para Clasher mendapat banyak item menarik serta fitur khusus yang hanya bisa digunakan ketika Gold Pass aktif.

Gold Pass pertama kali muncul pada bulan Maret 2019. Munculnya fitur Gold Pass menjadi awal mula bagi Supercell untuk menghadirkan fitur-fitur menarik lainnya termasuk latar pemandangan. Fitur ini juga membawa angin segar bagi game Clash of Clans karena berhasil membuat banyak Clasher bertahan setelah game ini kehilangan masa kejayaannya. 

Kalau kalian pernah memainkan game Mobile Legends ataupun PUBG Mobile, saya rasa kalian sudah tidak asing lagi dengan fitur Gold Pass ini. Walaupun kita semua tahu kalau COC bukanlah game pay to win seperti dua game tersebut, namun nyatanya fitur ini bisa dibilang laku dan selalu dinantikan setiap bulannya.

Gold Pass bisa kita peroleh dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp.79.000 saja. Harga ini sangat terjangkau jika dibandingkan dengan Stralight ataupun Royale Pass. Namun harga tersebut belum termasuk pajak sebesar Rp.7.000 (jika beli pakai Google Play Credit). 

Keuntungan yang didapatkan setelah membeli Gold Pass

Gold Pass memberikan kemudah bagi Clasher untuk dapat meningkatkan desanya secara maksimal. Adapun beberapa fitur yang akan kita dapatkan setelah membeli Gold Pass antaralain:

1. Hero Skin

Skin Hero merupakan hadiah utama yang akan kita dapatkan setelah berhasil menyelesaikan semua tantangan dari Gold Pass. Skin yang hadir setiap bulannya bisa dibilang random dan tidak berurutan. Seperti pada tahun 2021 kemarin, dimana skin Grand Warden lebih sering muncul dibanding hero lainnya. 

2. 1 Gem Donation

Nah ini fitur khusus yang sangat disukai oleh para Clasher karena sangat menguntungkan. Pasalnya hanya dengan menggunakan 1 Gem, kita bisa memberikan donasi baik itu Troop, Spell, ataupun Siege Machine secara instan tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. Tentunya ini sangat membantu para Clan leader yang sering mendapati request dari anggota-anggotanya. Dan juga sangat efektif ketika Clan War/Clan War League sedang berlangsung. Namun perlu diingat, biaya 1 Gem hanya untuk satu Troop saja.  

3. Builder Boost

Selanjutnya ada fitur Builder Boost yang dapat memangkas waktu serta biaya pembangunan (termasuk tembok) sebesar 20% dari waktu/biaya normalnya. Fitur ini sangat efektif digunakan untuk Clasher yang sudah menginjak Town Hall 10 keatas. Karena pada tingkat tersebut biaya bangunan sudah terbilang mahal, dan waktu yang diperlukan untuk meningkatkan satu bangunan pun lumayan lama.

4. Research Boost

Jika Builder Boost hanya berlaku untuk bangunan, maka Research Boost dikhususkan untuk peningkatan pada laboratorium. Dengan fitur ini semua Troop, Spell ataupun Siege Machine akan mendapatkan pengurangan biaya sebesar 20%, dan waktu peningkatannya pun menjadi jauh lebih cepat.

5. Training Boost

Sementara untuk Training Boost konsepnya masih sama yaitu pengurangan biaya dan waktu pembuatan sebesar 20%. Dengan begitu kita tidak perlu menunggu lama untuk agar bisa menyerang desa musuh.  Fitur ini tentunya sangat membantu kita, khususnya dalam menyelesaikan tantangan atau event tertentu.

6. Season Bank

Season Bank merupakan sebuah fitur yang membuat Clasher mendapat resource tambahan di setiap awal bulan (akhir season). Umumnya Clasher hanya bisa memperoleh maksimal 5 juta gold, 5 juta elixir, dan 10 ribu dark elixir. Tetapi dengan membeli Gold Pass, maka kapasitas Season Bank akan bertambah dan mampu menampung maksimal 25 juta gold, 25 juta elixir, dan 50 ribu dark elixir. 

Apakah kita perlu beli Gold Pass?

Seperti yang sudah saya singgung di atas, dari awal Clash of Clans bukanlah game pay to win. Jadi dengan atau tanpa Gold Pass tidak akan berpengaruh terhadap permainan secara keseluruhan. Namun Gold Pass menjadi jawaban untuk Clasher yang merasa kesulitan meningkatkan desa dan pasukannya. Dan juga memberikan kepuasan diri bagi mereka yang gemar mengoleksi skin-skin keren.

Kalau kalian punya uang lebih, tidak ada salahnya untuk membeli Gold Pass. Namun perlu diingat bahwa Gold Pass tidak seperti Starlight yang bisa kita pamerkan ke player lain supaya dianggap player sultan. Namun fitur dari Gold Pass ada untuk bisa dinikmati oleh Clasher itu sendiri.

Namun menurut pendapat saya pribadi, membeli Gold Pass sangatlah worth it. Terlebih lagi kalau skin yang muncul tergolong unik dan menarik. Terbukti saya sudah tiga kali kepincut dengan skin yang dihadirkan oleh Supercell, termasuk skin bulan ini yaitu Shadow Queen. Namun tak cuma soal skin, saya memang memerlukan item-item tertentu supaya saya bisa naik ke Town Hall 13.

Cara beli Gold Pass dengan Google Play Credit

Selain menggunakan Google Play, kalian juga bisa beli Gold Pass dengan pulsa, GoPay, Dana, ataupun ShopeePay. Namun saya lebih suka menggunakan Google Play Credit karena menurut saya lebih efektif dan pajaknya tidak begitu besar. Adapun cara membeli Gold Pass atau tiket emas melalui Google Play yaitu:

1. Pertama-tama pastikan bahwa kalian memiliki saldo Google Play yang cukup. 

2. Login kedalam game Clash of Clans, kemudian pergi ke menu Tantangan/Challenges.

3. Selanjutnya klik pada bagian Gold Pass untuk membeli.

4. Setelah itu akan muncul menu pembayaran. Pastikan saldo Google Play cukup yaitu sebesar Rp. 86.900. 

5. Lanjutkan pembayaran dengan mengklik tombol Continue.

6. Tunggu hingga proses pembayaran selesai, setelah itu secara otomatis fitur Gold Pass akan aktif.


Itulah enam keuntungan yang akan diperoleh Clasher apabila membeli tiket emas atau Gold Pass Clash of Clans. Tentunya Gold Pass sangat rekomended untuk dibeli.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)