ulasan drama korea school 2021

Serial drama School series memang selalu dinanti-nantikan oleh para pecinta drakor, apalagi setelah melihat beberapa seri sebelumnya yang bisa dibilang sukses dan sering mendapat review positif. Alhasil banyak dari pecinta drakor yang menaruh ekspektasi tinggi pada seri terbaru ini, termasuk saya hehe.

Awalnya seri School terbaru dijadwalkan tayang pada bulan Agustus 2020 lalu, namun batal karena diwarnai kontroversi soal pemeran utamanya. Pada akhirnya pihak KBS membatalkan penayangan School 2020 dan diganti dengan School 2021 yang tayang sejak bulan November lalu.

Lantas bagaimana ceritanya, apakah berhasil memenuhi ekspektasi para pecinta drakor? Yuk simak sinopsis beserta ulasannya di bawah ini.

Sinopsis School 2021

Cerita pada drama korea School 2021 berfokus pada siswa tahun ketiga di SMK Teknologi dan Sains Nulji yang memutuskan untuk mengikuti impian mereka alih-alih melanjutkan studi ke universitas seperti siswa pada umumnya. Drama ini menggambarkan bagaimana para siswa ini belajar tentang cinta, persahabatan, gairah sejati, dan tumbuh dalam lingkungan yang intens.

Gong Ki Joon (Kim Yo Han), adalah seorang siswa sekaligus mantan atlet taekwondo yang harus menyerah pada mimpinya akibat cedera yang dialaminya. Dia pun memutuskan untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin demi meringankan beban kakeknya yang masih bekerja untuk menafkahi kehidupan mereka berdua.

Kemudian Jin Ji Won (Cho Yi Hyun), seorang gadis SMA yang percaya diri dan punya mimpi untuk menjadi ahli pertukangan kayu, namun disisi lain, dia punya perbedaan pandangan dengan ibunya yang lebih menginginkannya untuk kuliah. 

Lalu ada Jung Young Joo (Choo Young Woo) yang merupakan murid pindahan dengan kisah tersembunyi dan misterius. Ia punya konflik dengan Gong Ki-Joon yang berkaitan dengan hubungan mereka di masa lalu.

Sedangkan Kang Seo Young (Hwang Boreumbyeol) adalah siswi berbakat yang sedang mempersiapkan diri untuk ujian masuk perguruan tinggi. Dia berambisi untuk bisa masuk salah satu dari lima universitas terbaik di Korea.

Review School 2021

Jika berkaca pada dua seri sebelumya, bisa dibilang School 2021 ini tidak lebih wah daripada keduanya. Padahal kalau kita lihat School 2021 benar-benar mencoba menutup kesalahan yang terjadi di seri School 2017, yang saat itu sempat menuai banyak kritik karena plot ceritanya terkesan nyeleneh dan tak masuk akal.

Sayangnya setelah mengangkat konflik yang realistis, justru plot yang dihadirkan malah terkesan biasa. Padahal di beberapa episode awal saya cukup yakin kalau seri kali ini bakal mengangkat cerita yang cukup berat seperti halnya School 2015. Tapi ternyata tidak, School 2021 murni berkisah tentang konflik ringan seputar kehidupan remaja SMA.

Sebut saja seperti keretakan hubungan Gong Ki Joon dan Jung Young Joo yang terjadi hanya karena kesalahpahaman sepele saja. Alhasil sosok Young Joo yang dingin dengan ekspresi datar yang kita lihat hingga pertengahan cerita pun lenyap begitu saja setelah berbaikan dengan Ki Joon. Ia tiba-tiba berubah jadi sosok yang penuh perhatian dan konyol.

Selain itu unsur romansa pada drama ini sangat flat dan mudah ditebak. Dari awal cerita kita sudah diwanti-wanti kalau Ki Joon dan Young Joo akan memiliki pasangan masing-masing. Jadi jangan mengharapkan kisah romansa lebih, seperti kisah cinta segitiga di seri School 2015 yang sampai menyebabkan civil war

Satu-satunya permasalahan serius pada drama ini yaitu konflik antara keluarga Young Joo dengan perusahaan arsitektur bernama Sang Rim. Konflik tersebut berhasil disajikan dengan baik walaupun plotnya agak terkesan dipaksakan. Setelah konflik tersebut selesai, tensi cerita mulai turun, dan pada akhirnya semua balik lagi ke SMK Nulji, dimana direktur sekolah tersebut lah yang menjadi musuh terakhir mereka. 

Sehingga bisa dibilang kalau latar dalam drama School 2021 ini hanya seputaran sekolah saja. Sayangnya hal tersebut tidak dibarengi dengan unsur persahabatan yang kuat seperti di seri sebelumnya. Persahabatan yang diperlihatkan disini masih terasa hambar dan kurang ditonjolkan. Dan yang paling penting yaitu mereka melupakan unsur bullying yang saya rasa tidak bisa dipisahkan dari serial drama bertema sekolah.

Penutup

Terlepas dari ceritanya yang biasa saja, nyatanya drama School 2021 juga berhasil menampilkan beberapa hal yang jadi poin plus. Salah satunya yaitu adanya beberapa plot twist yang benar-benar tidak terduga, meski pada akhirnya hal tersebut tidak berpengaruh besar terhadap jalan cerita. Kemudian dari segi sinematografi, menurut saya drama ini sangat colorful dengan didukung pengambilan sudut pandang (angle) yang sangat pas.

Saya yakin pihak produksi pasti bekerja keras untuk menghasilkan cerita yang berkualitas. Hal ini tak lepas dari ekspektasi tinggi yang diharapkan oleh para penggemar. Sayangnya masih banyak yang mengatakan bahwa seri kali ini justru mengalami penurunan kualitas, baik dari segi cast maupun plot cerita. 

Untuk masalah cast, aktor dan aktris yang mengambil peran di sini memang masih terbilang baru alias rookie. Tetapi karena saya sudah menonton serial drakor A Love so Beautiful dan Police University, saya malah bersyukur dengan adanya Kim Yo Han dan Choo Young Woo sebagai pemeran utama di drama ini. 

Pada akhirnya drama korea School 2021 memang ditujukan untuk mereka yang menyukai serial drama dengan jalan cerita yang santai dan mudah dicerna. 

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)