Cara Main Game Nintendo 3DS di Laptop atau PC Menggunakan Emulator

Afif Dalma
March 31, 2022
0 Comments

Bagi kamu yang besar di tahun 2000-an, pastinya kamu kenal dengan salah satu konsol game buatan Nintendo, yakni Nintendo 3DS. Konsol game ini dirilis pada tahun 2011 silam, dan merupakan penerus dari Nintendo DS yang juga mempelopori konsep dua layar.

Seperti namanya, konsol ini dilengkapi dengan teknologi autostereoscopic 3D pada layarnya yang membuat tampilan game-nya menjadi tiga dimensi. Alhasil, game-game lawas seperti Super Mario, The Legend of Zelda, hingga Pokemon, bisa kamu nikmati dengan grafik yang lebih mantap.

Karena mampu memikat hati banyak orang, tak heran kalau Nintendo 3DS sangat laris di pasaran. Bahkan Nintendo 3DS termasuk salah satu konsol game terpopuler di masanya. 

Meski demikian, tak sedikit pula orang yang belum kesampaian untuk memiliki konsol ini. Untungnya saat ini sudah tersedia emulator yang bisa digunakan untuk memainkan game Nintendo 3DS di laptop atau PC. Berikut adalah cara main game Nintendo 3DS menggunakan emulator.

Cara Main Nintendo 3DS di Laptop atau PC Menggunakan Citra Emulator

Pada saat ini, satu-satunya cara agar bisa memainkan game Nintendo 3DS di laptop atau PC, yaitu dengan menggunakan emulator. Ada beberapa emulator yang bisa kamu gunakan, tetapi yang paling rekomended adalah Citra Emulator.

Selain ukurannya yang ringan, Citra Emulator juga memiliki fitur cukup lengkap. Hampir semua game Nintendo 3DS dapat kamu mainkan di emulator ini. Selain itu, Citra Emulator juga mendukung fitur online, sehingga kamu pun bisa bermain bersama teman-teman. 

Untuk bisa menjalankan Citra Emulator, pastikan laptop atau PC milikmu memenuhi spesifikasi sistem yang dibutuhkan. Berikut adalah spesifikasinya.

Spesifikasi sistem yang dibutuhkan:

Sistem Operasi Windows 10, 8, 7 64-bit

RAM minimal 2 GB

OpenGL minimal 3.3 atau lebih tinggi

1. Instal Citra Emulator

Pertama-tama pastikan bahwa Citra Emulator sudah terinstal di laptop atau PC yang kamu gunakan. Jika belum memiliki aplikasinya, kamu bisa mengunduhnya disini. Kalau sudah, langsung jalankan aplikasinya untuk melakukan instalasi. Kamu cukup klik next saja sampai proses instalasi selesai.

2. Jalankan Emulator

Jika sudah terinstal, selanjutnya tinggal jalankan aplikasinya, dengan cara klik kanan, lalu pilih Run as Administrator. Setelah itu, kamu akan melihat tampilan Citra Emulator yang masih kosong. Ini dikarenakan emulator belum mendeteksi game yang ada di komputermu.

3. Pilih game yang ingin dimainkan

Langkah selanjutnya yaitu mencari folder berisi game yang sudah kamu download sebelumnya. Setelah itu maka icon dari game tersebut akan muncul. Jika belum punya, kamu bisa download game Nintendo 3DS di Google, tapi pastikan format game-nya ROM atau CIA.

4. Mainkan game

Langkah terakhir, kamu tinggal jalankan game yang sudah dipilih tadi. Terakit layarnya, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih, yaitu single screen, large screen, atau side by side. Cara settingnya sangat mudah, tinggal klik view > screen layout > pilih sesuai kebutuhan. 

Penutup

Meskipun sejak akhir 2020 Nintendo sudah resmi mengakhiri layanan Nintendo 3DS, namun konsol ini masih tetap diminati oleh banyak orang. Tentunya ini tak lepas dari game-gamenya yang tidak mudah membuat bosan. Maka tak heran kalau banyak sekali orang yang mencari cara bermain game 3DS di PC.

Namun perlu diingat, meskipun kamu memiliki laptop dengan spesifikasi tinggi, jangan berharap kalau semua game bakal berjalan dengan lancar. Sebab ada beberapa game yang memang tidak kompatibel dengan Citra Emulator, sehingga sering mengalami lag. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa cek langsung daftar game yang bisa berjalan lancar di emulator ini.

Oh iya, kalau kamu menemui masalah saat menggunakan Citra Emulator, jangan sungkan untuk bertanya langsung ke pembuatnya. Biasanya mereka akan langsung mersepon, serta membantumu mengatasi permasalahan yang sedang kamu alami.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)