Informasi Teknologi

Inilah 7 Manfaat dan Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Afif Dalma Afif Dalma
March 26, 2022
0 Comments
Home
Informasi
Teknologi
Inilah 7 Manfaat dan Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

7 Manfaat dan Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Kebanyakan orang menganggap blog hanyalah media yang berfungsi untuk memberikan sebuah informasi kepada para pembaca. Alhasil anggapan tersebut membuat beberapa orang berpikir bahwa menjadi blogger itu tidak ada untungnya sama sekali. Sebab mereka harus mengorbankan banyak hal (waktu, uang, dll) hanya untuk menjawab rasa penasaran orang lain (pembaca).

Beberapa teman saya yang hendak terjun ke dunia ini pun mendadak batal, setelah melihat harga domain yang tergolong mahal. Padahal sekarang sudah banyak sekali promo domain yang tersedia dan bisa kita nikmati. Bahkan tak tanggung-tanggung, kita bisa mendapat potongan harga domain hingga 90%.

Akan tetapi, memang jika dilihat dari sudut pandang sebagai pembaca, aktivitas ngeblog cukup meyita waktu dan memerlukan banyak biaya. Namun, sekarang coba posisikan diri kita di tempat yang sebaliknya, yaitu sebagai si pemilik blog alias blogger. Dengan begitu saya yakin pandangan kalian tentang blogging akan berubah seratus delapan puluh derajat.

Karena dengan menjadi seorang blogger, banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh. Saya pun merasakan sendiri keuntungannya. Terlebih lagi, saat ini blogging bukan hanya sekedar hobi saja, melainkan sudah berevolusi menjadi sebuah profesi. Untuk sedikit pencerahan, berikut saya rangkum tujuh manfaat dan keuntungan menjadi seorang blogger yang perlu diketahui.

1. Mendapatkan penghasilan

Bukan rahasia umum lagi kalau memiliki blog bisa membuat kita memperoleh penghasilan. Inilah keuntungan utama yang kita dapatkan dengan menjadi seorang blogger. Walau begitu, mendapatkan penghasilan dari blog itu gampang-gampang susah, karena perlu proses dan kerja keras yang nyata.

Sistem penghasilan blogger pun berbeda dengan seorang web developer. Dilansir dari situs Domainesia, web developer adalah orang yang membuat atau mengembangkan sebuah website. Seorang web developer dibayar setiap kali menyelesaikan sebuah proyek, sementara blogger tidak akan langsung mendapat uang meskipun sudah membuat ratusan artikel. Ini dikarenakan penghasilan seorang blogger umumnya berasal dari iklan yang tayang di blog, bukan berdasarkan jumlah artikel.

Dalam hal ini, blogger berperan sebagai seorang publisher dan bekerja sama dengan penyedia layanan iklan seperti Google Adsense, MGID, AdNow, Adsterra, dan lain sebagainya. Semakin banyak visitor yang berkunjung dan mengklik iklan yang tayang di blog kita, maka semakin besar pula penghasilan yang akan kita dapatkan.

Namun, untuk menjadi publisher tidaklah mudah, sebab blog kita akan ditinjau terlebih dahulu untuk dilihat apakah sudah memenuhi kriteria atau belum. Jika belum memenuhi persyaratan, jangan khawatir, karena masih ada alternatif lain untuk bisa berpenghasilan dari blog. Salah satunya dengan membuat konten promosi, serta memanfaatkan program afiliasi dari suatu bisnis atau layanan.

2. Mengasah skill menulis

Kita semua tahu kalau kemampuan menulis atau writing menjadi salah satu modal penting yang harus dimiliki oleh seorang blogger. Sebab kita dituntut untuk bisa menyampaikan sebuah tulisan yang dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. Namun, bukan berarti skill writing wajib dimiliki oleh setiap orang yang ingin menjadi blogger.

Malahan beberapa teman blogger yang saya kenal awalnya tidak punya skill writing yang bagus. Saya sendiri bahkan tidak punya kemampuan menulis sama sekali saat pertama kali terjun ke dunia blog. Akan tetapi, jika kita rajin menulis artikel serta sering membaca tulisan orang lain, lama-kelamaan kemampuan menulis kita akan terasah dengan sendirinya. 

Tentunya ini menjadi suatu hal yang positif, sebab mengalami sebuah peningkatan dapat membuat kita lebih percaya diri. Dengan begitu, alih-alih hanya menulis artikel untuk blog sendiri, kita menjadi lebih tertantang untuk mencoba hal baru. Seperti misalnya membuka jasa content writer, atau bahkan mencoba menulis sebuah buku ataupun novel.

3. Meningkatkan kebiasaan membaca

Selain mengasah skill menulis, menekuni aktivitas blogging ternyata juga mampu meningkatkan kebiasaan membaca. Pasalnya setiap kali kita ingin menulis sebuah artikel, pastinya kita akan mencari referensi terlebih dahulu dengan membaca artikel milik orang lain. 

Tentunya hal ini juga termasuk suatu keuntungan yang positif.  Karena dengan membaca, kita bisa belajar banyak hal baru dan tidak hanya memuat satu bidang saja. Selain itu, banyak membaca membuat kita jadi lebih teliti lagi. Tentunya ketelitian tersebut sangat berguna untuk menghindari typo ketika kita menulis sebuah artikel.

4. Sebagai portofolio online

Tak jarang kita mendengar bahwa orang yang memiliki blog punya kesempatan besar untuk bisa memperoleh pekerjaan ataupun beasiswa. Walaupun menjadi blogger tidak menjamin kesuksesan kita, tetapi setidaknya kita berkesempatan untuk bisa memperoleh karir yang bagus.

Karena seperti yang kita tahu, saat ini kebanyakan perusahaan sudah tidak lagi melihat ijazah dan nilai (IPK), melainkan bagaimana rekam jejakmu di dunia digital. Untuk hal ini, blog menjadi portofolio yang cukup penting karena kita dianggap sebagai seseorang yang punya nilai atau value.

Hal ini juga berlaku dalam bidang pendidikan, khususnya ketika ingin melamar beasiswa. Saya punya seorang kenalan sesama blogger yang diterima di Universitas Negeri di Jawa Barat karena berprestasi di dunia blogging. Beliau sudah berkali-kali memenangi kompetisi blog, dan namanya pun cukup dikenal oleh teman-teman sesama blogger. 

5. Memperluas jaringan pertemanan

Dengan menjadi seorang blogger, secara tak langsung kita dituntut untuk mempelajari banyak hal. Tentunya untuk mempelajari sesuatu yang belum dimengerti, kita harus bertanya kepada orang lain yang lebih paham dan berpengalaman. Dengan kata lain, bergabung kedalam sebuah komunitas atau forum blogger adalah solusi yang tepat.

Blogger yang bijak tentunya senang jika memiliki kenalan sesama blogger, karena bisa menciptakan jaringan pertemanan yang luas. Tak hanya dengan sesama blogger, kita juga harus menjalin hubungan yang baik dengan para pembaca blog. Karena pada dasarnya blog merupakan media penghubung kita dengan orang lain (pembaca).

Dengan memiliki jaringan pertemanan yang luas, tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi kita nantinya. Apalagi kalau kita punya citra positif di mata publik, tak menutup kemungkinan mereka juga bakal memberikan dampak positif terhadap kita. Jalinlah hubungan sebaik mungkin, dan bangunlah jaringan seluas mungkin.

6. Belajar strategi marketing

Marketing yang saya maksud disini bukan merujuk pada usaha atau bisnis, melainkan strategi kita sebagai blogger untuk bisa mendapatkan banyak traffic. Bagi seorang blogger, punya blog dengan traffic tinggi merupakan sebuah pencapaian besar. Selain itu, kesuksesan seorang blogger juga dilihat dari sebarapa banyak pengunjung blognya.

Tentunya untuk mendatangkan banyak pengunjung itu tidaklah mudah, terutama bagi mereka yang baru terjun ke dunia blogging. Perlu adanya strategi marketing yang tepat supaya blog kita bisa menarik minat banyak orang.

Tanpa disadari, kita pun akhirnya mempelajari strategi tersebut. Salah satu contoh misalnya dengan membuat konten clickbait yang membuat orang lain penasaran dan akhirnya pergi mengunjungi blog kita. Mempelajari strategi marketing secara tak langsung dapat membuat kita menjadi orang yang kreatif.

7. Dianggap keren

Semua orang pastinya mau dianggap keren, terlebih lagi sama orang terkasih. Selain dianggap punya value, menjadi blogger juga membuat kita terlihat keren loh. Setidaknya itu yang saya rasakan saat ini. Sebab tidak semua orang sanggup terjun dan bertahan di dunia blogging. Selain karena banyak hal yang harus dipahami dan dipelajari, mengurus blog juga cukup menyita waktu.

Namun dianggap keren bukan berarti membuat kita jadi besar kepala. Sebaliknya, kita justru harus bisa membuktikan bahwa kita memang layak dianggap demikian. Caranya tentu saja dengan menuliskan hal-hal yang positif dan informatif. Dengan begitu, artikel yang kita tulis dapat memberikan manfaat bagi orang banyak.


Saya harap penjelasan di atas mampu membangkitkan minat teman-teman terhadap dunia blogging. Karena keuntungan yang kita peroleh tak hanya terbatas pada tujuh poin di atas saja. Setiap blogger punya definisi yang berbeda mengenai manfaat dan keuntungan yang diperoleh dari aktivitas ngeblog. Dan untuk teman-teman yang baru terjun ke dunia blogging, yuk kita sama-sama semangat. 


Sumber gambar: unsplash.com

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)