Tanpa Klub Indonesia, Inilah Klub ASEAN yang Tampil di Liga Champions Asia 2022

Afif Dalma
March 08, 2022
0 Comments

Liga Champions Asia merupakan ajang bergengsi antar klub di Asia. Meskipun tidak semeriah seperti halnya Liga Champions Eropa, namun ajang ini tetap dinantikan oleh para penikmat sepak bola Asia, tak terkecuali para penggemar di Asia Tenggara (ASEAN).

Dalam beberapa tahun terakhir, ASEAN hanya mengirimkan dua wakil yang langsung lolos otomatis ke fase grup. Namun setelah adanya penambahan slot pada edisi Liga Champions Asia 2022, ASEAN kini mendapat jatah untuk mengirimkan enam wakil. Sayangnya diantara enam klub tersebut tidak ada klub asal Indonesia. Berikut adalah beberapa klub ASEAN yang tampil di Liga Champions Asia 2022.

1. BG Pathum United

BG Pathum United

Klub asal Thailand ini bisa dibilang menjadi satu-satunya klub ASEAN yang sukses di ajang Liga Champions Asia. Pasalnya pada edisi 2021 kemarin, klub yang diperkuat Teerasil Dangda ini berhasil melaju ke babak 16 besar. Sayangnya mereka harus takluk oleh klub asal Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors lewat adu pinalti. Pada edisi 2022 ini, mereka berstatus sebagai juara Thai League-1 dan memiliki peluang untuk mengulang kembali kesuksesannya seperti di edisi sebelumnya.

2. Chiangrai United

Chiangrai United

Liga Champions Asia 2021 memang menjadi eranya klub-klub Thailand. Pasalnya pada edisi tersebut, Thailand mengirimkan empat wakilnya di fase grup, termasuk Chiangrai United. Sayangnya kiprah tiga dari empat tim harus terhenti di fase grup. Dalam edisi kali ini Chiangrai United kembali berpartisipasi serta punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up terbaik. 

3. United City FC (Filipina)

United City FC

United City FC atau sebelumnya bernama Ceres-Negros merupakan klub kuat asal Filipina. Klub ini dihuni oleh pemain-pemain bintang Timnas Filipina dan sudah berpartisipasi sebanyak lima kali di ajang Liga Champions Asia, termasuk pada edisi 2021 lalu. Mereka kembali berpartisipasi di edisi kali ini setelah menjuarai Liga Filipina 2020. United City FC tergabung di grup G bersama BG Pathum United, Jeonbuk Hyundai Motors, dan Melbourne Victory.

4. Hoang Anh Gia Lai (Vietnam)

Hoang Anh Gia Lai

Tidak seperti beberapa klub di atas yang tidak ketinggalan dalam beberapa edisi sebelumnya, klub asal Vietnam, HAGL justru telah absen di ajang ini selama lebih dari 15 tahun. Mereka terakhir kali berpartisipasi pada edisi 2005. Namun setelah menjuarai V-League 1 2021, klub yang dilatih oleh mantan pelatih Timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang ini dipastikan menjadi wakil Vietnam di Liga Champions Asia 2022. 

5. Johor Darul Ta'zim (Malaysia)

Johor Darul Tazim

Johor Darul Ta'zim atau JDT menjadi klub Malaysia dengan caps terbanyak yang tampil di Liga Champions Asia. Klub kaya raya asal Malaysia ini sudah delapan kali berkompetisi di ajang ini, dan terakhir pada edisi 2021. Setelah mereka kembali menjuarai Liga Super Malaysia 2021, maka artinya ini menjadi kali kesembilan JDT mengikuti gelaran Liga Champions Asia.

6. Lion City Sailors (Singapura)

Lion City Sailors

Tak ketinggalan, Singapura juga turut mengirimkan wakil mereka di ajang Liga Champions Asia 2022. Klub kaya raya Lion City Sailor kembali mengikuti ajang ini setelah perjalanan mereka pada edisi 2019 terhenti di babak preliminary. Klub yang sebelumnya bernama Home United ini benar-benar mempersiapkan diri dengan matang untuk mengarungi musim 2022. Terbukti mereka mendatangkan eks pelatih Ulsan Hyundai, Kim Do-hoon.

7. Jalur Play-off dan Preliminary

Buriram United

Di jalur play-off masih ada beberapa klub ASEAN yang akan saling sikut dengan klub-klub kuat dari Asia Timur. Adapun klub-klub ASEAN tersebut diantaranya, Buriram United dan Thai Port FC yang sudah lebih dulu menunggu di babak play-off. Sedangkan wakil Filipina lainnya, Kaya FC Iloilo harus mengikuti babak preliminary terlebih dahulu melawan Sydney FC. Sementara Shan United yang merupakan wakil Myanmar resmi mengundurkan diri pada edisi kali ini, dengan begitu Melbourne Victory otomatis lolos ke babak play-off.

Jadwal pertandingan Liga Champions Asia 2022

Babak Preliminary 8 Maret 2022

Babak Play-off 15 Maret 2022

Babak fase grup 15 April-1 Mei 2022 (Zona Timur), 7-27 April 2022 (Zona Barat)

Babak 16 besar 18-19 Agustus 2022 (Zona Timur), 3-4 Februari 2023 (Zona Barat)

Perempat final 22 Agustus 2022 (Zona TImur), 7 Februari 2023 (Zona Barat)

Semi final 25 Agustus 2022 (Zona Timur), 10 Februari 2023 (Zona Barat)

Final 19 Februari 2023 (Leg pertama), 26 Februari 2023 (Leg kedua)


Itulah deretan klub Asia Tenggara yang akan tampil di Liga Champions Asia 2022 beserta jadwal lengkapnya. Sayangnya diantara klub-klub di atas tidak ada tim asal Indonesia. Meskipun pada edisi kali ini Indonesia absen, namun untuk Liga Champions Asia 2023 nanti, Indonesia dipastikan akan mengirimkan satu wakilnya. Meski begitu klub tersebut harus melewati jalan yang sangat panjang untuk bisa tampil di putaran final. 

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)