[Review] Jujutsu Kaisen 0, Antara Cinta dan Kutukan

Afif Dalma
March 17, 2022
0 Comments
Review Jujutsu Kaisen 0

Jika pada akhir tahun 2020 lalu film Kimetsu no Yaiba: Mugen Train berhasil menjadi film terlaris di Jepang, maka di akhir tahun 2021 kemarin giliran Jujutsu Kaisen 0 yang merajai box office Jepang selama beberapa waktu. Film tersebut kini telah ditayangkan di beberapa negara lainnya di luar Jepang, salah satunya di Indonesia.

Terhitung mulai tanggal 16 Maret 2022, film Jujutsu Kaisen 0 sudah bisa disaksikan di bioskop-bioskop kesayangan di tanah air. Plot utama Jujutsu Kaisen 0 menitikberatkan pada karakter Yuta Okkotsu yang ditempeli oleh roh terkutuk dari teman masa kecilnya, Rika Orimoto.

Jujutsu Kaisen 0 mengadaptasi penuh cerita pada Cursed Child arc yang juga merupakan prekuel dari cerita utamanya. Film ini tidak akan menampilkan Yuji Itadori sebagai protagonis utama, melainkan sosok Yuta Okkotsu lah yang akan menemani kita di sepanjang film. Meski demikian, Jujutsu Kaisen 0 menjadi salah satu film yang dinantikan oleh para penggemar seri ini.

Selain itu, ada satu fakta menarik tentang Jujutsu Kaisen 0, yaitu film ini tetap bisa dinikmati oleh mereka yang tidak mengikuti serial anime ataupun manganya. Berikut adalah review singkat tentang film Jujutsu Kaisen 0, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Sinopsis

Yuta Okkotsu merupakan seorang murid SMA yang kaku dan penakut. Hal tersebut membuatnya menjadi korban bullying di sekolahnya. Pada suatu hari, teman masa kecil Yuta, Rika Orimoto tewas tepat di depan matanya karena insiden kecelakaan.

Setelah kematiannya, Rika pun menjelma menjadi sebuah Roh terkutuk misterius. Sejak saat itu, Yuta ditempeli oleh roh tersebut. Kemana pun Yuta pergi, Rika selalu mengikutinya. Tak hanya itu, Rika juga selalu melindungi Yuta dan tidak segan-segan membunuh siapa pun yang mengancam keselamatannya.

Karena kekuatannya yang sangat dahsyat, Yuta tidak berdaya mengendalikan kutukan tersebut. Pada akhirnya fenomena antara Yuta dan Rika menarik perhatian Gojo Satoru. Yuta pun ditawari masuk ke sekolah sihir SMA Jujutsu Tokyo supaya bisa mengendalikan kekuatannya. 

Setelah menjadi murid baru di kelas 1 di SMA Jujutsu Tokyo, Yuta bertemu dengan tiga rekan barunya yang sudah lebih dahulu masuk, yaitu Maki Zenin, Toge Inumaki, dan Panda. Bersama ketiga temannya itu, Yuta belajar menguasai energi kutukan miliknya untuk digunakan melawan roh kutukan lainnya.

Roh kutukan Rika pun menarik perhatian Geto Suguru, penyihir Jujutsu jahat yang memiliki niat untuk mencuri roh tersebut. Geto mengincar Yuta dan ingin membunuhnya agar roh Rika yang kuat bisa dipakai untuk rencana jahatnya. Namun hal tersebut tidak mudah, karena Gojo beserta teman-temannya berusaha melindungi Yuta.

Kisah cinta yang menimbulkan sebuah tragedi

Meskipun film Jujutsu Kaisen 0 tidak berfokus pada tema percintaan, namun cinta lah yang mendasari semua konflik yang terjadi di film ini. Yuta dan Rika diperkenalkan sebagai teman masa kecil yang punya hubungan spesial. Mereka berdua membuat janji untuk menikah ketika sudah dewasa nanti. Akan tetapi, janji tersebut tidak bisa terpenuhi karena Rika harus tewas akibat kecelakaan.

Meski sudah tewas, hal tersebut tak membuat keduanya berpisah. Rika yang menjelma menjadi sosok Roh malah bersemayam di dalam tubuh Yuta. Awalnya Yuta mengira bahwa ia dikutuk oleh Rika. Namun malah sebaliknya, justru Yuta lah yang mengutuk Rika. Ini bermula ketika ia meminta Rika yang sudah tewas untuk terus hidup bersamanya. Alhasil jiwa Rika pun terperangkap dan berubah menjadi sosok yang dijuluki sebagai Ratu Kutukan.

Kehadiran Rika membuat Yuta kalang kabut, antara rasa cinta dan ketakutan, semua campur aduk. Hingga pada akhirnya Gojo mengajak Yuta untuk bersekolah di SMA Jujutsu. Selama di sana, kehidupan Yuta perlahan mulai berubah. Namun, ketika Yuta mulai mencoba untuk bisa menerima sosok Rika, ia justru dihadapi dengan konflik baru, yang menempatkan dirinya dalam bahaya karena menjadi incaran dari Geto Suguru.

Alur cerita jelas dan sangat sederhana

Alur cerita dalam film ini cukup jelas dan sangat sederhana, dengan fokus utama yaitu bagaimana cara Yuta menghilangkan kutukannya. Pengembangan karakter Yuta Okkotsu juga cukup signifikan, dari yang awalnya merupakan korban bully, hingga berubah menjadi penyihir Jujutsu tingkat khusus dengan kekuatan luar biasa.

Selain itu, konflik dari Yuta mengenai kisahnya bersama Rika berakhir dengan cukup memuaskan. Sepanjang cerita, kita diperlihatkan dengan kilas balik keduanya yang cukup menyentuh. Kemudian menjelang akhir cerita, kutukan Rika akhirnya terangkat. Hal tersebut membuat Yuta harus merelakan Rika pergi selama-lamanya.  

Bagi mereka yang tidak mengikuti seri manga maupun anime, tentunya cerita yang disajikan sudah sudah lebih dari cukup dengan ending yang sangat memuaskan. Akan tetapi, bagi para penggemar seri Jujutsu Kaisen, film ini justru meninggalkan banyak plot hole yang membuat kita bertanya-tanya.

Duel klimaks yang seru dan intens

Musuh utama dalam film ini adalah Geto Suguru yang merupakan mantan murid SMA Jujutsu, sekaligus sahabat dari Gojo Satoru. Setelah keluar dari SMA Jujutsu, Geto menjadi seorang penyihir jahat. Ia memiliki ambisi untuk memusnahkan seluruh umat manusia. Untuk mencapai tujuannya tersebut, Geto membutuhkan kekuatan Rika yang ada di dalam tubuh Yuta.

Memasuki akhir cerita, konflik semakin memanas setelah Geto menyatakan perang kepada SMA Jujutsu. Dia mengerahkan banyak pasukan serta menunjuk tiga titik lokasi yang berbeda untuk membuat sibuk para penyihir Jujutsu. Disaat Gojo dan yang lainnya berperang, Geto menyusup ke tempat Yuta untuk membunuhnya. Mengetahui hal tersebut, Maki, Toge, dan Panda berniat untuk menghentikan Geto. Akan tetapi, mereka justru dihajar habis-habisan.

Yuta yang melihat hal tersebut langsung terbawa emosi dan mereka pun bentrok dua lawan satu. Selama pertarungan berlangsung, Yuta sudah cukup terampil dalam menggunakan energi terkutuk miliknya. Dia juga memperlihatkan beberapa teknik baru hasil dari latihannya, salah satunya ia bisa meniru kemampuan cursed speech milik Toge Inumaki. Pada akhirnya, duel mereka berdua dimenangkan oleh kombinasi ciamik Yuta-Rika dengan menggunakan kekuatan penuh milik Rika.

Post Credit

Dari sebelum filmnya dimulai, kita sudah diwanti-wanti untuk tidak meninggalkan tempat duduk sebelum post credit selesai. Dalam video singkat itu, terlihat Yuta sedang makan siang bersama Miguel. Disaat yang bersamaan, Gojo datang menghampiri mereka berdua. Kedatangan Gojo bukan tanpa alasan, sebab ia ingin menjelaskan kepada Yuta tentang kekacauan yang sedang terjadi, tepatnya berkaitan dengan Yuji Itadori. Bisa dibilang post credit tersebut merupakan bentuk pengumuman bahwa Jujutsu Kaisen akan berlanjut ke season dua.

Kesimpulan

Jujutsu Kaisen 0 kembali digarap oleh studio Mappa dengan disutradarai oleh Sunghoo Park, sehingga kualitas visual animasinya tidak perlu diragukan lagi. Namun yang paling menarik perhatian tentunya adegan-adegan pertarungan yang intens dan epic. Selan itu, potongan-potongan musik yang mengiringi setiap adegan penting membuat cerita dalam film ini menjadi lebih hidup.

Bagi yang belum pernah menyaksikan serial anime Jujutsu Kaisen, tak perlu khawatir dengan tema penyihir yang ada di film ini. Alih-alih menampilkan kesan horor, film ini justru lebih banyak disisipi dengan unsur komedi, sehingga suasananya tidak selalu menegangkan. Belum lagi dengan aksi kocak Yuta bersama teman-teman sekelasnya, membuat kita enjoy selama menonton filmnya.

Pada akhirnya Jujutsu Kaisen 0 menjadi sebuah film perkenalan bagi mereka yang belum menonton serial animenya. Sementara bagi yang sudah, film ini menjadi cerita pengantar untuk musim keduanya yang akan tayang pada tahun 2023 mendatang.  

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)