Cara Beli, Booking, Bayar dan Cetak Tiket Bioskop M-Tix

Afif Dalma
April 25, 2022
7 Comments

Cara Beli, Booking, Bayar, Cetak Tiket Bioskop di Aplikasi M-Tix

Saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk membeli tiket nonton lewat aplikasi M-Tix daripada harus datang langsung ke bioskop. Sebab, kita bisa memantau ketersediaan kursi dari rumah tanpa harus membuang-buang tenaga.

Sedangkan, kalau beli tiket langsung di bioskop, mau tak mau kita harus datang lebih awal demi menghindari antrean, lalu bisa mengamankan kursi favorit kita. Oleh karena itu, membeli tiket bioskop online lewat M-Tix menjadi solusi yang tepat dan efektif.

Namun jujur saja, selama kurang lebih tujuh tahun nonton di bioskop, saya baru sekali memesan tiket via aplikasi M-Tix. Setelah itu barulah saya menyesal dan juga sadar betapa gapteknya saya, hehe. Akibat dari ke-gaptekan saya tersebut, beberapa kali saya terpaksa nonton di kursi bagian depan. 

Oh iya, kalau membeli tiket bioskop via M-Tix, kita akan dikenakan biaya admin sebesar Rp.1500 untuk satu tiket. Namun, saya rasa ini adalah harga yang murah untuk mendapatkan keleluasaan dalam memilih kursi yang paling nyaman.

Apa itu M-Tix?

M-Tix adalah aplikasi layanan pemesanan dan pembelian tiket nonton bioskop XXI/Cinema 21 secara online melalui smartphone. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat jadwal film dan promo yang tengah berlangsung.

Untuk dapat membeli tiket bioskop di aplikasi M-Tix, kita harus memiliki saldo yang cukup. Saldo bisa diisi lewat kartu kredit, Tokopedia, dan Indomaret. Selain untuk membeli tiket bioskop, saldo M-Tix juga bisa dipakai untuk membeli makanan dan minuman yang tersedia di XXI Cafe.

Aplikasi M-Tix bisa diunduh secara gratis, baik di Play Store ataupun App Store. Ukuran aplikasinya juga sangat ringan dan tidak memerlukan kapasitas memori yang besar. 

Cara beli atau booking tiket bioskop di aplikasi M-Tix

1. Pastikan sudah membuat akun M-Tix dan saldonya mencukupi.

2. Pilih film yang akan ditonton, lalu klik buy ticket.

3. Maka akan muncul daftar bioskop, tanggal, dan jam penayangan.

4. Pilih jadwal beserta kursi yang ingin dibooking.

5. Langkah terakhir yaitu melakukan pembayaran.

6. Jika pembayaran berhasil, maka akan tampil kode transaksi dan QR Code.

7. Booking tiket selesai.

Cara cetak atau print tiket M-Tix di bioskop XXI/Cinema 21

Sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mencetak tiket M-Tix di bioskop. Pertama, dengan memasukan nomor hp dan kode transaksi. Kemudian cara kedua, yaitu dengan melakukan scan barcode menggunakan QR Code yang tercantum di tiket.

1. Pergi ke bioskop tujuan sesuai dengan yang tercantum di tiket.

2. Datangi mesin penukaran tiket yang terletak persis di samping kasir.

3. Selanjutnya tinggal masukkan nomor hp dan kode transaksi. 

4. Opsi lainnya kita juga bisa melakukan scan barcode.

5. Jika sudah, maka tiket akan tercetak secara otomatis.

6. Jangan lupa untuk memastikan informasi pada tiket sesuai dengan yang ada di aplikasi.

7. Kemudian pergi ke lokasi studio tempat film diputar.

8. Berikan tiket kepada petugas yang sudah menunggu di depan pintu masuk.

9. Ujung tiket akan disobek kemudian dikembalikan.

10. Ambil kembali tiket, dan masuk ke dalam studio.

11. Selesai.

M-Tix vs TIX ID, mending yang mana?

Saya lihat banyak sekali orang yang membandingkan dua aplikasi ini. Walaupun keduanya memiliki kegunaan yang sama, tapi terdapat fitur tertentu yang membuat M-Tix dan TIX ID berbeda. Sayangnya, saat ini saya baru mencoba aplikasi M-Tix saja, itu pun baru satu kali. Mungkin di lain kesempatan saya akan coba booking tiket bioskop lewat aplikasi TIX ID.

Itulah cara beli, booking, bayar, dan cetak tiket bioskop di aplikasi M-Tix. Semoga tutorial di atas bisa bermanfaat buat teman-teman yang baru pertama kali memesan tiket bioskop secara online

  1. Siti Mustiani

    Yaampun saking lamanya gak nonton bioskop hampir lupa cara beli tiket online di mtix, haha (meskipun lebih seringnya dibeliin sih).

    Reply
  2. Tukang Jalan Jajan

    Pengalaman menonton bioskop sekarang lebih mudah. Kalau dulu jika sudah film blockbuster, ngantrinya bisa sepanjang jalan kenangan. kalau sekarang cukup lewat aplikasi dan bisa dilakukan dari rumah

    Reply
  3. Ainhy Edelweiss

    Kehadiran aplikasi Mtix membuat kira gak perlu antri lagi kalau mau pesan tiket nonton, keren deh

    Reply
  4. Agustina Purwantini

    Bhahaaha.. Klo saya tetep gapTek lah dengan aplikasi ini. Beberapa kali nonton selalunya nunut diorderin aja tiketnya. Ada teman yg Punya, saya tinggal numpang aja.

    Reply
  5. Listiorini Ajeng Purvashti

    M Tix fav ku. Solusi mesen tiket bioskop anti ribet, anti ngantri. Tinggal masukin kode doang, jadi santai.

    Reply
  6. Deny Ir

    walah, saya justru baru tahu kalo ada aplikasi untuk pemesanan tiket bioskop. Biasanya si langsung beli tiketnya di lokasi. Kalo boleh tahu, apakah aplikasinya dpt digunakan di seluruh indonesia kak?

    Reply
  7. Rudi G. Aswan

    Mendingan pesan di MTix sih karena bisa pilih kursi langsung, jadi ga waswas kehabisan spot yang disukai. Nonton bisa tenang karena praktis termasuk dah bayar, di bioskop tinggal cetak. Makasih infonya, Kak.

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)