4 Varian Doctor Strange yang Muncul di Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Afif Dalma
May 16, 2022
0 Comments

Zombie Strange

Film Doctor Strange in the Multiverse of Madness menjadi film Marvel Cinematic Universe (MCU) kedua yang mengangkat tema tentang multiverse. Sebelumnya, konsep multiverse telah lebih dulu diperkenalkan di film Spider-Man: No Way Home dan serial Loki.

Di film sekuel Doctor Strange, kita diperkenalkan lebih jauh mengenai konsep multiverse yang diusung oleh MCU. Terdapat karakter baru yang diperkenalkan di sini, salah satunya yaitu America Chavez. 

Ada juga karakter lain yang muncul sebagai cameo. Seperti misalnya, Carles Xavier (Professor X), Blackagar Boltagon (Black Bolt), Reed Richards (Mister Fantastic), Maria Rambeau (Captain Marvel), dan Peggy Carter (Captain Carter).

Mereka berlima merupakan anggota dari kelompok superhero Illuminati. Kelimanya merupakan varian dari karakternya originalnya. Akan tetapi, ada tiga karakter yang belum diperkenalkan secara resmi di MCU, yakni Professor X, Black Bolt, dan Mister Fantastic.

Selain mereka, film ini juga turut menampilkan varian dari Doctor Strange itu sendiri. Setidaknya ada empat varian Doctor Strange yang muncul di sini. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Defender Strange

Defender Strange

Varian pertama Doctor Strange yang muncul di film ini yaitu Defender Strange. Pada awalnya ia berniat membantu America Chavez yang sedang dikejar oleh sosok monster. Namun, tiba-tiba Strange berubah pikiran dan memilih untuk mengorbankan America Chavez dengan menyerap energi miliknya.

Sayangnya, ia mati sebelum berhasil menyerap energi America Chavez. Asal usul Defender Strange  tidak diceritakan secara jelas, sehingga tak sedikit penggemar yang penasaran tentang varian Doctor Strange yang satu ini.

2. Doctor Strange Earth-838

Doctor Strange Earth-838

Setelah terlempar ke salah satu universe, Doctor Strange asli dan America Chavez pergi mengunjungi Sanctum Sanctorum. Kemudian diketahui bahwa universe tersebut dikenal sebagai Earth-838, sedangkan Strange yang asli berasal dari Earth-616.

Namun sayang, Doctor Strange di universe ini diceritakan telah meninggal akibat pertempuran melawan Thanos. Ia dinobatkan sebagai pahlawan yang menyelamatkan bumi. Padahal faktanya, Strange di Earth-838 mati setelah dieksekusi oleh Black Bolt. 

Hal ini lantaran Strange menggunakan kekuatan Darkhold untuk mengalahkan Thanos. Kekuatan tersebut berujung menciptakan Incursion yang menyebabkan kemusnahan satu universe. Alhasil ia pun dianggap berbahaya oleh Illuminati.

3. Darkhold Strange

Darkhold Strange

Varian Doctor Strange ini adalah yang paling jahat. Sebut saja sebagai Darkhold Strange. Dia menggunakan kekuatan Darkhold dengan tidak bertangung jawab, mirip seperti Wanda. 

Hal tersebut menyebabkan universe-nya menjadi kacau balau. Ketika Doctor Strange asli dan Christine memasuki universe ini, terlihat langit yang tak berujung, serta puing-puing bangunan mengambang di mana-mana.

Tak hanya itu, universe ini juga tidak memiliki penghuni, kecuali Darkhold Strange itu sendiri. Pada akhirnya Darkhold Strange harus menemui ajalnya setelah dikalahkan oleh Strange yang asli.

4. Zombie Strange

Zombie Strange 2

Secara teknis Zombie Strange dan Defender Strange adalah sosok yang sama. Setelah Defender Strange mati di awal film, Strange yang asli mengubur jasadnya di sebuah gedung di Earth-616.

Kemudian ketika menghadapi Scarlet Witch, Strange yang asli melakukan dreamwalking ke tubuh mayat Defender Strange, sehingga terciptalah Zombie Strange.

Uniknya, Zombie Strange memiliki kekuatan magis kegelapan, berupa hantu dan iblis. Serangannya tersebut cukup efektif untuk menghambat pergerakan Scarlet Witch.

Itulah empat varian Doctor Strange yang muncul di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Banyak penggemar yang berharap bisa melihat varian Doctor Strange lainnya, seperi Supreme Strange yang pernah muncul di serial animasi What If. Semoga Marvel Studio menampilkan karakter tersebut di projek MCU selanjutnya. 

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)