6 Tips Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog

Afif Dalma
June 04, 2022
4 Comments
6 tips cara ampuh meningkatkan pengunjung blog

Bagi para blogger atau pemilik website, memiliki banyak pengunjung tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Sebab ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari hal tersebut. 

Salah satu keuntungan punya banyak pengunjung, yaitu bisa membangun personal branding. Dengan begitu, blog kita jadi lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Tak heran kalau banyak sekali blogger yang mencari tahu cara meningkatkan pengunjung blog.

Namun perlu diketahui, untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung itu tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu dilakukan supaya orang lain benar-benar tertarik berkunjung ke blog kita. 

Nah, setidaknya ada enam tips ampuh yang bisa diterapkan untuk meraih banyak pengunjung blog. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Tulis artikel yang kreatif dan berkualitas

Pada umumnya, orang lain mengunjungi sebuah blog karena memiliki jawaban atas pertanyaan mereka. Namun, ada juga orang yang mengunjungi sebuah blog karena memang ingin membaca tulisan-tulisan kreatif dan berkualitas yang ada di dalamnya.

Dari dua kemungkinan tersebut, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa menulis artikel yang kreatif dengan mengangkat topik yang banyak dicari orang adalah pilihan terbaik. 

Adapun maksud kreatif disini yaitu, menulis sebuah artikel yang unik dan belum pernah dibuat sebelumnya, dengan tujuan untuk membuat pengunjung tertarik membacanya.

2. Pastikan artikel SEO friendly

Setelah membuat artikel yang kreatif dan menarik untuk dibaca, langkah berikutnya yaitu menerapkan search engine optimization (SEO). Istilah ini pastinya sudah tak asing lagi, terutama di telinga teman-teman blogger. 

Optimasi SEO sangat penting dilakukan supaya blog bisa mendapat ratusan hingga ribuan pengunjung per hari. Jadi, pastikan kalau artikel yang kita terbitkan itu sudah SEO friendly. 

Lantas apa pengaruhnya SEO dengan pengunjung blog?

Gampangnya begini, ketika kita sedang browsing di internet, maka web browser akan menampilkan artikel yang relevan dengan kata kunci yang dicari. Artikel yang muncul paling atas berpeluang besar untuk diklik dibanding dengan artikel-artikel yang ada di bawahnya. Tentunya hal tersebut dapat meningkatkan traffic dari blog yang bersangkutan.

Oleh karena itu, kita perlu membuat artikel yang SEO friendly supaya mendapat rekomendasi dari web browser supaya muncul di halaman pertama Google.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membuat artikel SEO friendly, antara lain, riset keyword, optimasi judul dan gambar artikel, penyebutan kata kunci di dalam artikel, serta mengatur struktur artikel dengan menggunakan heading (H1, H2, H3, dst). 

3. Gunakan visual yang menarik

Di dalam sebuah artikel, informasi berupa tulisan memang sangat penting. Namun, jangan lupa untuk menyisipi visual yang menarik supaya pengunjung betah beralama-lama di blog kita. 

Adapun visual pendukung yang bisa digunakan misalnya seperti infografis, video, GIF, hingga meme. Meski demikian, pastikan kalau visual tersebut relevan dengan apa yang disampaikan dalam artikel. 

Kalau visual tersebut menarik dan informatif, besar kemungkinan si pengunjung akan membagikan postingan tersebut ke teman-temannya di sosial media. Dengan begitu tentu akan ada lebih banyak lagi pengunjung yang masuk ke blog kita.

Namun perlu diingat, jangan lupa untuk menggunakan gambar atau video original hasil dari rekaman sendiri. Akan tetapi, kalau hal tersebut dirasa ribet, solusi lainnya yaitu dengan menggunakan gambar atau video gratis yang bebas royalti.

4. Konsisten dalam menulis artikel

Konsistensi termasuk salah satu kunci kesuksesan. Ini juga berlaku dalam hal menulis artikel. Ketika kita rajin mengisi konten blog, menandakan bahwa blog tersebut aktif. Dengan begitu, tak menutup kemungkinan kalau orang-orang akan selalu berkunjung setiap kali kita menerbitkan artikel baru.

Terlebih lagi kalau tulisan kita dianggap bagus, maka jangan heran kalau nantinya kita justru memiliki pengunjung setia. Jika audiens menyukai gaya menulis kita, bukan hal yang mustahil kalau mereka akan kembali mengunjungi blog kita di lain waktu. Entah untuk dijadikan referensi atau murni untuk menikmati konten yang kita buat.

Lantas apa keuntungannya? Dengan memiliki banyak pengunjung tetap, maka Google akan menganggap blog kita berkualitas. Selain itu, hal tersebut juga dapat membuat Domain Authority blog kita naik sehingga lama kelamaan website kita akan menjadi besar. 

Jika hal itu terjadi, kita tak perlu repot mencari audiens, sebab merekalah yang akan datang sendiri untuk mencari tulisan terbaru yang terbit di website kita.

5. Share artikel ke Sosial Media

Tips share ke sosial media cukup ampuh untuk mendapatkan banyak pengunjung. Pasalnya, jangkauan sosial media sangat luas, sehingga siapa pun bisa melihat konten yang kita bagikan. Selain itu, kita juga tidak dipungut biaya apapun alias gratis

Namun nyatanya banyak juga yang masih menyepelakan cara ini. Ada beragam alasan yang membuat seseorang malas membagikan tulisannya ke sosial media, salah satunya yaitu takut dianggap spam oleh orang lain.

Oleh karena itu, kita perlu membagikan artikel yang positif, kemudian tambahkan caption yang menarik dan informatif. Dengan begitu, alih-alih dianggap spam, orang lain justru malah tertarik untuk berkunjung ke website kita.

6. Rajin melakukan blogwalking

Tips selanjutnya yaitu rajin melakukan blogwalking. Adapun arti blogwalking sendiri yaitu berkunjung ke blog orang lain dengan meninggalkan komentar.

Blogwalking merupakan cara yang paling ampuh untuk mendapatkan banyak pengunjung blog sekaligus memperkenalkan blog milik kita. 

Namun perlu diingat, ketika ingin melakukan blogwalking, berikan komentar yang relevan dengan isi artikelnya. Hindari memberikan komentar spam karena bisa menyebabkan blog kita malah di blacklist dan dipandang jelek.  

Itulah 6 tips ampuh untuk meningkatkan pengunjung blog. Masih banyak tips lainnya yang bisa teman-teman eksplor lebih jauh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

  1. InfoQu

    aku butuh bgt ini, thx ya infonya

    Reply
  2. idaylummm

    izin nyimak blog afifsharing.com
    Yang simalakama kalo blog terlalu banyak share di medsos nanti ada notif bembatasan iklan adsense gan,,,,
    gimana itu?

    Reply
    1. Afif Dalma

      Maaf baru bales kak hehe.. saya pernah kena pembatasan share di Facebook.. terus saya komplain ke Facebooknya, trus bisa share lagi dah. Gak berpengaruh ke adsense sih, cuma gak bisa share artikl doang. Kalo di medsos lain kurang tau saya

      Delete
  3. anggi

    makasih info nyaa,

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)