Ketahui Skill yang Harus Dimiliki HRD di Perusahaan

Afif Dalma
July 04, 2022
1 Comments

Ketahui skill yang harus dimiliki HRD di perusahaan

Setiap perusahaan pastinya memiliki divisi Human Resource Development (HRD). Peran HRD di perusahaan sangat penting karena dituntut untuk bisa mengelola sumber daya manusia dengan tepat dan efektif.

Mengetahui skill yang harus dimiliki HRD jadi hal yang penting jika Anda memiliki minat untuk bekerja di divisi tersebut. Tugas HRD sendiri tidak hanya mengembangkan sumber daya manusia saja, tetapi juga harus mengetahui kinerja dan profesionalitas karyawan, melakukan konseling, merekrut karyawan baru, mengetahui permasalahan yang muncul, dan masih banyak lagi.

Keberadaan HRD di perusahaan memiliki fungsi sebagai penunjang segala kegiatan yang berlangsung di perusahaan demi tercapainya target yang ditetapkan.

Skill yang Dibutuhkan HRD di Perusahaan

Jika Anda berminat menjadi seorang HRD, Anda harus siap dengan segala tanggung jawab yang diberikan. Untuk itu, Anda harus mengetahui apa saja skill yang harus dimiliki HRD berikut ini.

1.   Paham psikologi manusia

Seorang HRD harus bisa peka dan paham mengenai psikologi manusia. Ini adalah dasar ilmu yang harus dimiliki oleh setiap HRD karena akan selalu bersinggungan dengan seluruh karyawan di tempatnya bekerja. Selain melakukan rekrutmen, tugas HRD lainnya adalah menangani setiap masalah yang muncul hampir setiap waktu, sehingga diharapkan mampu menjalin hubungan dengan semua karyawan perusahaan.

Dengan kemampuan ini, seorang HRD harus bisa memahami karakter masing-masing karyawan, dan jadi jembatan diantara karyawan dengan perusahaan, dan lain-lain.

2.   Komunikasi yang Baik

HRD tentunya harus punya kemampuan komunikasi yang baik agar dapat melakukan komunikasi interpersonal dengan karyawan. Selain itu, kemampuan komunikasi publik seorang HRD juga harus baik agar dapat memimpin pelatihan karyawan baru.

Kemampuan komunikasi yang baik meliputi penyampaian bahasa yang tepat, punya sikap empati terhadap kesulitan yang dialami karyawan, dan peka terhadap kondisi yang sedang terjadi.

3.   Kemampuan multitasking

Seorang HRD harus bisa multitasking untuk mengerjakan berbagai hal dalam satu waktu. Tanggung jawabnya banyak dan berat harus bisa memberikan solusi untuk menyelesaikan seluruh pekerjaannya. Inilah kenapa skill multitasking dibutuhkan.

4.   Pemahaman manajemen konflik

Dimanapun kita berada pasti akan ada konflik, apalagi situasinya di dalam perusahaan. Konflik muncul akibat kesalahpahaman yang dipicu pekerjaan dengan target dan tingkat stres yang tinggi. Oleh karena itu penting bagi seorang HRD untuk memiliki pemahaman manajemen konflik agar dapat bersikap objektif dalam menyelesaikan permasalahan di perusahaan.

5.   Paham hukum ketenagakerjaan

Anda tak bisa menyangkal bahwa tugas dan tanggung jawab HRD akan selalu bersinggungan dengan hukum ketenagakerjaan. Hukum ini jadi pedoman bagi HRD dalam setiap menjalani tugas dan kewajibannya di perusahaan. Untuk itu suatu keharusan bagi HRD untuk paham tentang pasal-pasal dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia.

Hal-hal yang berkaitan dengan kontrak kerja, upah, cuti, asuransi, pesangon, hingga pajak karyawan harus Anda pahami dengan baik. Jika Anda paham tentang hukum ketenagakerjaan, maka dapat jadi solusi ketika terjadi code of conduct di perusahaan. Dalam hal ini, HRD harus bisa berperan sebagai mediator, negosiator, dan arbitrator agar bisa mengatasi konflik yang terjadi.

6.   Kemampuan mengorganisir

Seorang HRD harus bisa mengorganisir seluruh data dan informasi tentang karyawan dengan aman dan terstruktur. Sehingga mudah ditemukan pada saat diperlukan.

7.   Berorientasi pada strategi

Skill yang harus dimiliki HRD lainnya adalah mengisi peran kepemimpinan. Peran yang dimaksud yaitu mengisi posisi perusahaan dengan sumber daya manusia yang punya kualitas baik, memberi pelatihan, dan mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan. Inilah kenapa HRD harus dapat berpikir ke depan.

8.   Paham mengenai rekrutmen

Rekrutmen jadi salah satu pekerjaan utama seorang HRD. Selain itu, HRD juga harus mampu menguasai setiap jobdesk calon kandidat yang ingin direkrut, kualifikasi yang dibutuhkan, dan hal lainnya yang jadi tolak ukur kualitas kandidat.

9.   Networking dan manajemen

Menjadi seorang HRD, berarti Anda harus punya kemampuan self, task, people management, dan networking yang luas. Ini karena HRD dituntut selalu mempelajari hal baru dan mengupdate informasi terkait dunia HR dan ketenagakerjaan.

Ternyata banyak juga yaa skill yang harus dimiliki HRD di perusahaan. Informasi ini penting untuk diketahui terutama bagi para fresh graduate yang berminat bekerja sebagai HR di suatu perusahaan.

Anda bisa mencari contoh surat lamaran kerja untuk di posisi HRD. Dengan membuat surat lamaran kerja yang benar, kemungkinan HRD akan segera memanggil Anda untuk mengikut sesi tes dan wawancara.

Setelah Anda diterima dan bekerja sebagai HRD di suatu perusahaan, penting bagi Anda mengikuti perkembangan teknologi. Sebab, saat ini sudah ada teknologi yang dapat membantu pekerjaan HRD yang banyak dan membutuhkan waktu.

Anda bisa mengusulkan ke perusahaan tempat Anda bekerja untuk menggunakan HRIS software yang memiliki kegunaan dalam mengelola sumber daya manusia lebih mudah dan ringkas. Salah satu rekomendasi software untuk memudahkan HRD adalah LinovHR.

LinovHR punya beragam fitur lengkap yang membantu meringankan tugas dan tanggung jawab HRD, seperti pencatatan absensi wajah secara real time berbasis GPS, mengatur jadwal karyawan, memantau kinerja karyawan, pengajuan cuti, membuat berbagai laporan kerja, dan masih banyak lainnya.

Kunjungi websitenya untuk informasi selengkapnya.

  1. Nurul Sufitri

    Wah, pas banget nih adikku bekerja di posisi HRD. Memang mesti pandai berkomunikasi dengan baik di segala situasi. Paham soal UU Ketenagakerjaan dan berbagai hal terkait di dalamnya. Poin2 di atas harus dikuasai benar tentunya. Sekarang sudah ada HRIS Software yang memudahkan urusan ya 😊😊 Fitur2 di LinovHR juga lengkap. Mantap.

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)