Cara membuat CV resume menggunakan Canva

Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen penting yang harus disiapkan oleh para job seeker ketika melamar pekerjaan. Tak sedikit orang yang mengira bahwa membuat CV itu memerlukan skill desain yang tinggi. Padahal, ada banyak sekali cara untuk membuat CV, seperti lewat website pembuatan CV online atau menggunakan software desain.

Adapun cara membuat CV yang paling simpel yaitu dengan menggunakan Canva. Canva sendiri merupakan sebuah platform pembuatan desain grafis yang lebih mudah dibanding denngan software desain lain seperti Photoshop atau Corel Draw.

Namun perlu diketahui, untuk bisa mengakses Canva diperlukan koneksi internet. Hal ini dikarenakan Canva merupakan platform desain grafis online. Platform ini bisa diakses melalui perangkat dekstop maupun mobile.

Dengan menggunakan Canva, kamu bisa membuat CV dengan tampilan yang bagus dan menarik perhatian. Lantas bagaimana caranya? Berikut kami rangkum tutorial cara membuat CV atau resume menggunakan Canva.

1. Login  ke Canva

Pertama-tama tentunya kamu harus membuka website Canva terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah memiliki akun Canva. Jika belum, kamu bisa melakukan sign up menggunakan Facebook, akun Google, ataupun email. 

Apabila mendaftar menggunakan akun Facebook atau Google, kamu akan dimintai akses izin ke Canva. Sementara jika menggunakan email, kamu harus melakukan verifikasi terlebih dahulu agar pembuatan akun berhasil.

2. Buat project baru

Setelah berhasil membuat akun, maka kamu akan diarahkan ke halaman utama Canva. Pada kolom pencarian kamu bisa ketik "curriculum vitae" kemudian klik search. Kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam template CV gratis dari Canva mulai dari yang minimalis, modern, simple, professional, dan lain sebagainya.

Kamu bisa pilih template yang ingin digunakan, atau kamu bisa pilih "create a blank resume" untuk membuat CV sesuai dengan keinginan. Meskipun Canva hanya menawarkan fitur "resume", kamu tetap bisa memanfaatkannya untuk membuat CV.

3. Kreasikan CV

Meskipun kamu memilih template yang sudah disediakan Canva, kamu tetap bisa mengkreasikan CV sesuai dengan keinginan. Kamu bisa mengubah jenis font, warna background, ataupun tata letaknya. Caranya dengan memanfaatkan menu bar yang ada di bagian atas. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan elemen pendukung seperti shape atau foto untuk mempercantik desain CV milikmu.

4. Simpan dan download CV

cara download cv di Canva

Setelah pembuatan CV milikmu selesai, kamu bisa langsung mengunduh desainmu. Canva memiliki fitur download yang memungkinkanmu mengunduh CV dengan format JPG, PNG atau PDF.  

Adapun cara download hasil desain CV di Canva yaitu dengan klik menu share yang ada di pojok kanan atas, pilih menu download, kemudian tentukan format yang kamu inginkan (umumnya dalam bentuk PDF), lalu klik download. Tunggu hingga proses download selesai, dan CV berhasil  tersimpan di komputer atau laptop milikmu.

Kamu juga bisa menerapkan langkah-langkah di atas untuk membuat resume di Canva. Tentunya membuat CV atau resume di Canva terbilang cukup mudah. Belum lagi terdapat puluhan template gratis yang bisa kamu gunakan, sehingga kamu tak perlu repot lagi memikirkan desain yang akan digunakan.

Demikianlah tutorial cara membuat CV atau resume menggunakan Canva. Semoga tutorial ini dapat membantu teman-teman job seeker yang masih bingung tentang cara membuat CV. ***

  1. Pena Buku

    template-template yang canva sediakan sangat memanjakan mata, enak sekali dilihat. Tinggal portofolio kita semenarik apa bagi yang membaca.

    Reply
  2. Nurul Sufitri

    Aku pernah satu kali membuat CV di Canva. Praktis banget deh, banyak juga pilihan desainnya. saking banyaknya malah jadi bingung soalnya bagus2 semua hahaha. Ini aku ingin memperbaharui CV aku mas, nambah daftar menang2an lombanya alhamdulillaah hehe.

    Reply
  3. Boghaisan

    Aku belum pernah coba mba, tapi aku mau bikin cobain, soalnya hasilnya CV nya jadi kelihatan lebih menarik soalnya, kali udah kotak Katik Canva aku suka lupa waktu, soalnya seru....

    Reply
  4. Boghaisan

    Abis ini aku juga mau cobain, berkreasi dengan Canva, soalnya hasilnya akan jadi lebih menarik, dan Canva itu asyik buat berkreasi, aku kalau udah main Canva suka betah soalnya bisa banyak berkreasi

    Reply
  5. Dian Restu Agustina

    Aku langganan Canva Pro...memang ya Canva ini memudahkan kita termasuk bikin CV resume pun mudah jadinya. Mau coba bikin ah, belum pernah ngulik saya:)

    Reply
  6. ummu muhammad rinia

    Termasuk pecinta canva juga nih buat edit-edit, baik konten medsos ataupun kebutuhan seperti membuat CV, rate card, jadwal bulanan dll, semuanya bisa di canva dan tinggal sat set jadi cantik

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)