6 Ide dan Peluang Bisnis Online Menjanjikan di Tahun 2022

Afif Dalma
August 05, 2022
5 Comments
6 ide dan peluang bisnis online menjanjikan di tahun 2022

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, banyak orang yang beralih profesi dengan menjadi entrepreneur. Salah satunya cara yang dilakukan yaitu membuka bisnis online. Ide dan peluang bisnis online 2022 banyak dicari, sehingga akan kami jelaskan dalam artikel ini. 

Bisnis online adalah aktivitas perdagangan atau jual beli yang dilakukan melalui internet. Jadi, penghasilan yang didapat dari bisnis online bisa cukup besar karena banyak sekali keuntungannya. Contohnya praktis, menjangkau banyak pelanggan, cepat, dan mudah. 

Ide dan Peluang Bisnis Online Menjanjikan di Tahun 2022

Berikut ini adalah ide dan peluang bisnis online 2022 untuk dijadikan sebagai referensi untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau pekerjaan utama Anda yang praktis. Ide ini juga bisa dilakukan di semua kalangan. 

1. Blogger 

Menjadi seorang blogger rupanya masih banyak diminati sampai saat ini. Penghasilan yang didapat juga cukup menjanjikan jika Anda mampu untuk mengelola website dengan baik. 

Salah satu kunci utama suksesnya seorang blogger yaitu dengan mempelajari strategi SEO. Tujuan dari SEO yaitu agar website bisa menduduki peringkat atas dalam search engine. 

Nantinya, penghasilan dari blogger ini bisa didapatkan dari Google Adsense atau PPC lainnya. Uang tersebut bisa ditarik jika sudah mencapai ambang batas pembayaran dan pendapatan Anda bisa berkelanjutan. 

Ketika ingin membangun sebuah blog, jangan lupa untuk memperhatikan pemakaian domain. Salah satunya adalah Top Level Domain (TLD). 

TLD adalah bagian akhir dari alamat website atau domain. Contoh dari TLD adalah .com, .co.id, .biz, dsb. Meski sederhana, TLD ini juga perlu dipikirkan agar sesuai dengan konten yang dibuat. 

Tak hanya itu, Anda juga perlu memikirkan hosting website yang merupakan tempat penyimpanan data website. 

Pilih layanan web hosting Niagahoster yang merupakan penyedia hosting terbaik. Ini akan bermanfaat untuk digital marketing Anda.

Hal ini karena hosting berkualitas akan membuat website lebih mudah diakses dan memiliki performa yang baik sehingga proses digital marketing menjadi lebih cepat. Digital marketing adalah proses promosi produk atau jasa kepada pelanggan yang potensial lewat internet. 

2. Bisnis Afiliasi 

Bisnis afiliasi adalah bisnis yang mudah dilakukan dan pendapatannya juga terbilang menjanjikan. Keuntungan menjadi afiliator adalah tidak memerlukan modal sama sekali. Anda hanya perlu melakukan promosi dan mengajak orang untuk membeli produk. 

Produknya ini juga bukan dari Anda tapi milik orang lain. Baik itu berupa barang, jasa, atau aplikasi. Semakin banyak orang membeli dan menggunakan produk tersebut, maka semakin banyak pula komisi yang akan Anda dapatkan. 

Jadi, seorang afiliator harus mempromosikan produk tersebut dengan baik dan menarik supaya banyak orang yang tertarik. 

3. Youtuber 

Saat ini, banyak orang yang berminat menjadi Youtuber karena memiliki ide dan peluang bisnis online 2022 yang menjanjikan. Banyak pula yang terinspirasi dengan Youtuber terkenal yang bisa meraup keuntungan yang sangat besar dari konten yang dibuatnya. 

Ini juga bisa menjadi kesempatan yang bagus bagi Anda. Apalagi jika Anda memang tertarik untuk menjadi seorang content creator. Untuk memulainya diperlukan persiapan yang matang. Hal ini karena perlu kesabaran dan kreatifitas dalam membuat konten yang menarik dan original. 

Seorang content creator juga harus rajin untuk mengupload video di akun Youtubenya agar bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense. 

4. Freelancer 

Ide dan peluang bisnis online 2022 yang menggiurkan selanjutnya adalah freelancer. Freelancer atau pekerja lepas bisa menjadi opsi yang cocok untuk semua kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga pun bisa bekerja menjadi freelancer karena waktunya yang fleksibel. 

Anda bisa bekerja dimana saja dan tidak terikat dengan waktu sehingga ini cocok bagi semua orang, khususnya anak milenial masa kini. Ada berbagai profesi yang tersedia ketika Anda menjadi freelancer diantaranya adalah menulis artikel untuk website, desain gambar, entry data, les online, desainer grafis, dan lain sebagainya. 

Untuk bisa menjadi freelancer, Anda perlu memilih profesi yang sesuai dengan skill dan kemampuan yang dimiliki agar berkompeten di bidangnya. 

5. Online Shop 

Online Shop saat ini sangat dicari apalagi di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan orang untuk mengurangi interaksi tatap muka. Ada banyak marketplace terkenal yang bisa dipilih. Misalnya seperti Shopee, Blibli, Bukalapak, Tokopedia, dan sejenisnya. 

Ini merupakan peluang bagus untuk Anda yang ingin menjual produk buatan sendiri atau hanya sebagai reseller. Anda bisa membuat toko online dan memasarkan produk dengan mudah dan luas. 

Apabila ada pesanan, Anda cukup mengemasnya dan memberikannya pada kurir. Orderan pesanan juga bisa meningkat jika Anda tekun mempromosikan produk. Ketika ingin membuat olshop, Anda perlu memperhatikan produk apa yang dijual dan lakukan riset target pasar. 

6. Translator 

Translator atau penerjemah termasuk ide dan peluang bisnis online 2022 yang cukup menjanjikan. Banyak orang yang membutuhkan jasa ini untuk tugas kuliah, perusahaan, ataupun untuk keperluan perorangan. 

Pendapatan seorang penerjemah juga lumayan tinggi. Hal ini karena tingkat kesulitan untuk menerjemahkan suatu bahasa umumnya cukup tinggi apalagi jika bahasa tersebut dari internasional. Contohnya adalah Jepang, Mandarin, Inggris, dan lain sebagainya. 

Kebanyakan penerjemah biasanya diminta untuk menerjemahkan kalimat-kalimat untuk keperluan dokumen seperti jurnal ilmiah, skripsi, proposal, sampai presentasi. 

Kesimpulan 

Itulah 6 ide dan peluang bisnis online yang paling menjanjikan dan banyak diminati di tahun 2022. Ketahui dulu potensi Anda agar bisa memilih ide dan peluang bisnis yang tepat sehingga mendapatkan penghasilan tinggi.***


Sumber gambar: Unsplash.com (mjessier)

  1. Ciani Limaran

    Bener banget nih, sekarang banyak pilihan mau kerja online. Emak2 lebih tenang, ga kudu ninggalin anak seharian.

    Reply
  2. Erna

    Sekarang sebenarnya semuanya sudah dimudahkan ya kak.. Hanya kembali pada manusianya.. Mau tetap mager apa mau bergerak maju..

    Reply
  3. Dila

    Sebagai orang yang baru resign dari sebuah perusahaan pada akhir tahun lalu, sekarang saya sedang melakukan 5 dari pekerjaan di atas, wkwk. Blogger iya, ikut afiliasi iya, punya olshop, youtube sedang dibangun, kalau freelance sebenarnya sudah mencakup blogger dan youtuber juga kan. Doakan semoga sukses yah.

    Dan sebenarnya juga bisa bahasa Korea, kayaknya nanti kalau enggak sibuk banget, mau ambil job terjemahin komik.

    Reply
  4. Pena Buku

    banyak yang ke youtube ya. Tapi karena kurang konsisten ya jadi gak jadi

    Reply
  5. Dian Restu Agustina

    Sejauh ini saya pernah mencoba 1 dan 5, dan nomor 1 ditekuni sampai sekarang. Memang ide dan peluang bisnis online yang disebutkan memberikan kesempatan kita mendapatkan penghasilan

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)