Tips Mempersiapkan Dana Pensiun yang Harus Anda Tahu

Afif Dalma
September 05, 2022
8 Comments
Tips mempersiapkan dana pensiun yang harus anda tahu

Setiap orang yang bekerja pasti memiliki waktu untuk pensiun di waktu-waktu tertentu. Di saat memasuki waktu pensiun, kita tentu tidak memiliki penghasilan yang sama seperti saat masih bekerja. Hal ini juga bisa mempengaruhi gaya hidup dan pengeluaran yang dikeluarkan per bulan sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan.

Dengan semua keterbatasan yang kita terima setelah pensiun, apakah Anda pernah memikirkan untuk menyiapkan dana pensiun saat masih bekerja? Persiapan ini adalah salah satu hal yang akan sangat membantu Anda jika sudah memasuki waktu pensiun. Jika Anda sudah menyiapkan dana pensiun, keuangan Anda akan lebih terjaga dan terjamin di hari tua.

Akan tetapi, dana pensiun harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari, bahkan mempersiapkannya perlu dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Singkatnya, mempersiapkan dana pensiun tidak bisa dilakukan dalam jangka waktu yang pendek dan terburu-buru. Untuk itu, kami telah merangkum tips bagaimana cara terbaik untuk mempersiapkan dana pensiun. Simak penjelasan berikut.

1. Tentukan Jumlah Dana yang Ditentukan

Dalam merencanakan dana pensiun, dibutuhkan informasi mengenai berapa pengeluaran sehari-hari yang biasanya dikeluarkan. Hal ini tentu akan berbeda-beda bagi setiap orang karena tergantung kebutuhan dan gaya hidup. Untuk itu, total dana pensiun perlu diperkirakan dan dihitung dengan saksama agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk mempersiapkannya, Anda perlu memperkirakan berapa jumlah gaji yang harus disisihkan dalam beberapa tahun. Selain itu, Anda juga perlu memikirkan kapan akan pensiun sehingga dapat memperkirakan berapa lama harus menabung. Perhitungkan juga inflasi dan harga barang-barang yang kemungkinan besar akan naik beberapa tahun ke depan, ya.

2. Hal yang Akan Dimiliki Saat Pensiun

Saat pensiun, kita tentu tidak memiliki pekerjaan dan pengeluaran lagi. Hal itu dapat berdampak pada hal-hal yang kita miliki. Meskipun pensiun, ada banyak hal yang masih menjadi tanggungan kita seperti listrik, air, dan tagihan-tagihan lainnya. Jika tidak memiliki dana pensiun, tanggungan-tanggungan tersebut mau tidak mau akan membebani kita.

Untuk itu, selagi menabung untuk dana pensiun, Anda perlu memikirkan apa yang akan Anda tanggung saat pensiun. Pikirkan dengan saksama apa yang masih harus Anda jalankan atau bayar setelah sudah tidak bekerja. Jika setelah pensiun Anda menginginkan untuk membuka usaha atau toko, hal ini harus dimasukkan ke dalam perhitungan Anda saat menabung dana pensiun.

3. Perkirakan Waktu Pensiun

Kita tentu tidak akan bekerja seumur hidup, manusia memiliki batas dan kapasitas yang terbatas dalam melakukan banyak hal. Memperkirakan waktu pensiun adalah langkah yang tepat saat Anda ingin menabung untuk kebutuhan dana pensiun. Dengan memperkirakan waktu pensiun, Anda dapat menghitung banyak uang yang bisa disisihkan dalam beberapa tahun.

Namun, waktu pensiun bagi setiap orang berbeda-beda, ada yang akan pensiun sesuai dengan umur maksimal di sebuah perusahaan. Beberapa perusahaan lainnya tidak memiliki batas maksimal umur sehingga pegawainya bisa menentukan waktu pensiun sendiri. Kedua hal ini bisa menjadi patokan Anda untuk memperkirakan waktu pensiun dan seberapa lama Anda harus menabung.

4. Lunasi Cicilan dan Hutang

Sumber: Karolina Grabowska - canva.com

Saat dewasa, ada waktu-waktu tertentu di mana kita harus mencicil barang atau properti. Selain itu, ada beberapa kondisi yang membuat kita harus meminjam uang atau berhutang. Dua kondisi ini memang bisa dihindari, akan tetapi beberapa orang membutuhkannya dan terkadang itu adalah keputusan terbaik untuk dilakukan.

Akan lebih baik jika Anda menghindari menggunakan kartu kredit dan membiasakan untuk tidak berhutang. Namun, jika sudah terlanjur melakukannya, Anda dapat melunasi semua tagihan-tagihan tersebut agar tidak akan membebani Anda saat sudah memasuki usia pensiun. Hal ini juga untuk menghindari dana pensiun Anda agar tidak digunakan untuk melunasi cicilan dan hutang.

5. Mendaftar Asuransi

Asuransi memang selalu menjadi solusi berhemat untuk jaminan kesehatan kita. Dengan mendaftar asuransi, keselamatan dan kesehatan kita sudah terjamin. Mendaftar asuransi kesehatan dan kecelakaan juga menjadi pilihan terbaik untuk Anda berhemat saat hari tua nanti. Pengeluaran dana pensiun yang sudah ditabung juga akan lebih sedikit.

Untuk itu, pilihlah asuransi kesehatan dan kecelakaan yang terpercaya untuk menghemat pengeluaran saat sudah pensiun. Jika Anda belum memiliki asuransi kesehatan, ini adalah saat yang tepat untuk mendaftarkan diri agar selain kesehatan Anda terjamin juga bisa menghemat pengeluaran jika Anda sakit di hari tua. Apalagi saat ini ada banyak pilihan asuransi yang bisa Anda daftarkan dan bisa dipilih sesuai kebutuhan dan pengeluaran Anda.

 

Di hari tua, kita tentu tidak ingin hanya mengandalkan orang-orang di sekitar. Menyisihkan uang memang bukanlah hal yang mudah, akan tetapi, untuk masa depan yang lebih terjamin Anda perlu melakukannya. Anda dapat mencatat penghasilan dan menyisihkannya untuk dana pensiun dengan memanfaatkan teknologi modern seperti mencatatnya di note pada ponsel OPPO Reno. Itulah lima tips yang telah kami rangkum untuk mempersiapkan dana pensiun. Semoga bermanfaat!

  1. wisnoeadhie

    terimakasih, sangat bermanfaat banget tipsnya. dana pensiun memang harus dipersiapkan sejak sekarang karena kedepannya akan bermanfaat agar masa pensiun kita lebih tenang

    Reply
  2. Dewi Rieka

    Setuju nih, sebelum masuk usia pensiun sebaiknya KPR rumah dan lainnya sudah lunas ya jadi tak punya tanggungan lagi yang bulanan, semoga diberikan kesehatan dan kebahagiaan memasuki masa pensiun aamiin

    Reply
  3. Triani Retno A

    Pantesan banyak yang ingin jadi pegawai negeri ya, biar nggak repot menghitung dan merencanakan dana pensiun sendiri. Hehe .... Beda sama kaum freelancer tanpa kantor yang mesti mempersiapkannya sendiri. Untungnya teknologi mempemudah kita melakukan perencanaan itu ya.

    Reply
  4. Naqiyyah Syam

    Tipsnya keren ini jadi persiapan dana pensiunan karena perlu persiapan sejak dini, bahkan ketika masih sehat perlu persiapan dana hari tua.

    Reply
  5. Nurul Sufitri

    Tentu saja setelah tua nanti kita sebaiknya sudah memiliki dana cadangan yang dipersiapkan jauh2 tahun, bukan hitungan hari lagi. Pengelolaan keuangan pun idealnya dilakukan sejak dini. Catat hal2 penting bisa di note misal pakai Oppo Reno ya. Thanks tipsnya, insya allah sangat bermanfaat.

    Reply
  6. Nurul Mutiara R.A

    Memang penting sih kak kalau menyiapkan dana pensiun, terutama bagi orang yang punya pekerjaan tetap. Harus ada perencanaan finansialnya biar ketika menghadapi masa tua gak keteteran.

    Reply
  7. Finaira Kara

    Bener banget, cicilan dan utang harus jadi perhitungan. Terus perlu juga nih memperhatikan soal garis besar kebutuhan, terutama kebutuhan sehat. Karena semakin tua tuh, kebutuhan sehat bakalan makin besar.

    Reply
  8. Dian Restu Agustina

    Wah mantaap tips mempersiapkan dana pensiunnya. Suamiku 8 tahun lagi pensiun. Kami sudah menyiapkan beberapa hal seperti di artikel ini. Masih ada sih hitungan cicilan/hutang(modal usaha), semoga lunas sesuai rencana:)

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)