9 Kematian Paling Menyedihkan di Serial One Piece, Dijamin Baper!

Afif Dalma
October 22, 2022
0 Comments
Portgas D. Ace

Selain menyuguhkan adegan pertarungan yang seru dan menegangkan, serial One Piece juga turut menghadirkan beragam momen mengharukan. Penggemar seringkali dibuat baper dengan kejadian-kejadian tak terduga yang muncul di sepanjang cerita.

Meskipun Eiichiro Oda bukan tipikal mangaka yang suka membunuh karakternya, tetapi sejauh ini sudah ada puluhan karakter One Piece yang mati. Bahkan tak tanggung-tanggung, beberapa karakter favorit pun ikut dimatikan demi perkembangan alur cerita.

Tak sedikit penggemar yang merasa sedih atas kepergian karakter-karakter tersebut. Berikut 9 kematian karakter di serial One Piece yang paling bikin baper versi mimin.

9. Dr. Hiluluk

Dr. Hiluluk dan Chopper

Dr. Hiluluk merupakan seorang dokter yang sangat berjasa bagi Chopper. Meskipun keduanya sering kali beradu argumen, tapi Chopper menganggapnya sebagai mentor sekaligus ayah. Bahkan Hiluluk sendiri mengakui Chopper sebagai anaknya.

Kematian Dr. Hiluluk menjadi luka yang mendalam bagi Chopper. Hal ini bermula ketika Chopper mengetahui penyakit ganas yang menggerogoti tubuh  Hiluluk. Lantas dia pun mencari jamur yang katanya dapat menyebuhkan segala penyakit. 

Naasnya, jamur tersebut ternyata adalah jamur beracun yang justru malah mempercepat waktu kematian Hiluluk. Sebelum mati keracunan, Hiluluk memilih untuk meledakkan dirinya sendiri. Momen kematiannya memotivasi Chopper untuk menjadi dokter terhebat di dunia.

8. Noland

Kisah Noland si pembohong

Mont Blanc Noland adalah seorang laksamana dari tim ekspedisi kerajaan Lyneel yang hidup pada 400 tahun lalu. Noland berhasil membuktikan bahwa kota emas Shandora itu benar-benar ada, bahkan dia pun menjalin hubungan baik dengan Calgara dan suku Shandia yang mendiami pulau Jaya.

Sayangnya, 5 tahun kemudian Noland dihukum mati karena tidak dapat membuktikan keberadaan kota emas kepada raja Lyneel. Sebelum dieksekusi, sang raja menjebak Noland dengan pengakuan palsu dari mantan krunya. Hal tersebut membuat warga setempat mencap Noland sebagai seorang pembohong. 

Noland pun gugur dengan membawa kesedihan dan penyesalan karena tidak mengetahui keadaan sahabatnya Calgara dan seluruh Shandia. Untuk menutup-nutupi kisah asli Noland, pemerintah Lvneel menerbitkan buku "Noland si Pembohong". Karena buku inilah sebagian besar penghuni dunia One Piece hingga sekarang hanya mengenalnya sebagai seorang pembohong.

7. Pedro

Pedro vs Perospero

Pedro merupakan ras Jaguar-Mink sekaligus anggota Guardians yang beroperasi di bawah kepimpinan Nekomamushi. Ia ikut berpetualang bersama Bajak Laut Topi Jerami dalam misi menyelamatkan Sanji dan mencuri Road Poneglyph di Whole Cake Island.

Setelah berhasil menyelesaikan pekerjaan tersebut, Pedro mengorbankan dirinya agar Bajak Laut Topi Jerami bisa melarikan diri dari Whole Cake Island. Untuk membebaskan Sunny Go dari perangkap Perospero, Pedro dengan sukarela melakukan bom bunuh diri.

Sejak kecil, Pedro percaya bahwa "Fajar Dunia" akan datang. Ia pun lantas menaruh semua kepercayaannya kepada Luffy dan teman-temannya. Pedro percaya bahwa Luffy adalah orang yang akan membawa Fajar tersebut.

6. Bellemere

Bellemere One Piece

Bellemere merupakan mantan anggota angkatan laut sekaligus ibu angkat dari Nami dan Nojiko. Ia bertemu keduanya pasca perang yang berlangsung di masa lalu. Kemudian Bellmere pun mengadopsi mereka berdua dan merawatnya dengan penuh kasih sayang layaknya anak sendiri. 

Setelah itu mereka bertiga hidup bahagia di sebuah kota kecil bernama Cocoyasi. Namun, kebahagiaan itu menjadi sebuah tragedi setelah Arlong dan krunya menginvasi kota tersebut. Arlong meminta penduduk untuk membayar sejumlah uang sebagai ganti nyawa mereka. 

Sebenarnya Bellemere bisa selamat jika mengikuti saran Genzo dan membayar untuk dirinya sendiri karena Arlong tidak mengetahui keberadaan Nami dan Nojiko. Namun, Bellemere lebih memilih membayar seluruh hartanya untuk hidup kedua buah hatinya karena dia tidak sanggup mengatakan bahwa dirinya bukan ibu mereka. Alhasil dia dieksekusi tepat di depan mata Nami dan Nojiko.

5. Shimotsuki Yasuie

Eksekusi Shimotsuki Yasuie

Merupakan mantan Daimyo atau penguasa di wilayah Hakumai yang berada di sebelah Utara Wano Kuni. Setelah negara tersebut diambil alih oleh Orochi dan Kaido, Yasuie dipaksa memakan buah SMILE sehingga membuatnya tak bisa lagi menunjukkan emosi selain tertawa.

Kemudian Yasuie menjadi seorang taikomochi dan tinggal di kota Ebisu. Disana dia menyebarkan kebahagiaan kepada warga setempat. Walaupun hanya berupa kata-kata, tapi hal tersebut mampu membuat penduduk kota Ebisu tetap bertahan hidup.

Setelah kedatangan Kozuki Momonosuke, Yasuie mengorbankan nyawanya agar rencana aliansi Topi Jerami tetap berjalan. Ia dieksekusi mati di depan anaknya, Otoko dan penduduk kota Ebisu. Kematiannya cukup mengenaskan setelah tubuhnya ditembaki puluh kali oleh Orochi dan komplotannya.

4. Donquixote Rosinante (Corazon)

Moment kematian Corazon

Donquixote Rosinante merupakan adik kandung Doflamingo sekaligus anggota utama di Bajak Laut Donquixote dengan kode nama Corazon. Meski begitu, sebenarnya dia juga adalah komandan angkatan laut dan bekerja secara rahasia di bawah komando Sengoku untuk menghentikan rencana Doflamingo.

Bagi Trafalgar Law, Corazon adalah sosok yang sangat berharga dalam hidupnya. Pasalnya, Corazon rela mengorbankan nyawanya demi membuat Law tetap hidup. Meski kebersamaan mereka hanya sebentar, tapi Corazon menjadi satu-satunya orang yang sangat peduli terhadap Law.

Pada akhirnya identitas Corazon sebagai mata-mata terbongkar oleh Doflamingo pada 13 tahun yang lalu. Ia pun dieksekusi dengan ditembak berkali-kali oleh Doflamingo sendiri. Law yang menyaksikan kejadian tragis tersebut lantas bersumpah akan membalaskan dendam Corazon. 

3. Kozuki Oden

Momen kematian Kozuki Oden

Kozuki Oden dulunya merupakan Daimyo Kuri di Wano Kuni. Ia dikenal sebagai sosok pria yang kuat, bahkan kemampuannya diakui oleh musuh-musuhnya. Oden pernah mengarungi lautan bersama Bajak Laut Shirohige dan Bajak Laut Roger.

Setelah mendapatkan pengalaman yang cukup, dia lantas memutuskan untuk kembali ke rumahnya dan berniat membuka perbatasan Wano pada seluruh dunia. Akan tetapi, rencana tersebut digagalkan oleh Orochi dan Kaido. Mereka memberikan ultimatum kepada Oden untuk mempermalukan dirinya sendiri, karena jika tidak keselamatan warga Wano akan terancam.

Oden dan para pengikutnya dieksekusi dengan cara direbus hidup-hidup. Saat eksekusi berlangsung, warga Wano mengolok-ongoloknya sampai Shinobu mengungkap alasan dibalik tindakan tersebut. Pada akhirnya para warga berbalik mendukung Oden agar selamat dari eksekusi mengenaskan tersebut. Sayang, Oden gugur setelah ditembak oleh Kaido.

2. Edward Newgate (Shirohige)

Shirohige vs Kurohige

Bajak Laut Shirohige bersama seluruh armada besarnya berperang melawan angkatan laut untuk menyelamatkan Portgas D. Ace yang akan dieksekusi mati. Peperangan itu lantas menyita perhatian dunia. 

Shirohige sendiri dikenal sebagai manusia terkuat di dunia dan juga orang yang sangat dekat dengan One Piece setelah kematian Gol D. Roger. Selain itu, dia juga menyandang gelar Yonko yang membuatnya memiliki pengaruh cukup besar di lautan.

Setelah sempat menyelamatkan Ace dalam pertempuran sengit di Marineford, Shirohige harus mengorbankan dirinya agar seluruh krunya dapat melarikan diri. Shirohige gugur dengan menerima ratusan luka tebasan dan tembakan. Lebih parahnya dia juga menerima serangan brutal dari Bajak Laut Kurohige.

1. Portgas D. Ace 

Momen kematian Portgas D. Ace

Kematian karakter Portgas D. Ace menjadi yang paling menyedihkan sekaligus fenomenal di serial One Piece. Pasalnya Ace merupakan sosok yang sangat penting bagi Luffy dan Sabo. Ace yang juga merupakan komandan divisi 2 Bajak Laut Shirohige mati mengenaskan setelah melindungi Luffy yang hendak dibunuh oleh Akainu.

Kematian Ace merupakan buntut dari rasa dendamnya terhadap Marshall D. Teach (Kurohige) karena telah melakukan pengkhianatan kepada Bajak Laut Shirohige. Ace pun lantas mencari Kurohige seorang diri untuk membalaskan dendamnya tersebut.

Ketika mereka bertemu, duel sengit tidak dapat dihindari. Sayang, Ace kalah telak dalam duel tersebut sehingga membuatnya ditangkap dan dijebloskan ke penjara Impel Down. Tertangkapnya Portgas D. Ace memicu perang puncak antara angkatan laut dengan armada besar Bajak Laut Shirohige.

Itulah 9 kematian paling menyedihkan di anime One Piece versi mimin. Dari sembilan momen di atas, mana nih yang paling bikin baper? 

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)