Pengertian Istilah MISB, OFC, BIB dan Loose Dalam Jual Beli Mainan

Afif Dalma
December 14, 2022
1 Comments
Apa itu MISB OFC BIB Loose

Bagi teman-teman yang baru terjun ke dalam dunia mainan pasti akan sering menemukan istilah-istilah seperti MISB, OFC, BIB, Loose, atau yang lainnya. 

Oleh karena itu kamu wajib mengetahui artinya karena itu merupakan istilah umum yang dipakai dalam transaksi jual beli mainan, khususnya mainan yang sifatnya collectables seperti action figure, diecast, model kit, deluxe (DX) dan masih banyak lagi. 

Untuk istilah MISB, OFC, BIB, Loose sendiri biasanya digunakan oleh para kolektor atau penjual mainan untuk mendeskripsikan kondisi produk atau mainan yang akan mereka jual. Lantas apa sih pengertian dari istilah-istilah di atas? Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. MISB

MISB adalah singkatan dari Mint In Sealed Box, artinya produk masih dalam kondisi mint atau perfect alias baru dengan kondisi box yang juga masih tersegel. Ketika penjual menulis MISB pada produk dagangannya, artinya produk tersebut masih benar-benar baru keluaran dari pabriknya langsung dan belum pernah dibuka sama sekali.

2. MIB

Kondisi Mint In Box (MIB) berada satu tingkat di bawah MISB. Maksudnya produk masih dalam kondisi mint alias baru bersama box aslinya, tetapi segel box-nya sudah pernah dibuka. Biasanya hal ini terjadi karena selotip box rusak/sobek atau mungkin produknya memang pernah dibuka untuk dilakukan pengecekan kemudian disegel lagi.

3. OFC

Sama seperti artinya, Open For Check berarti produk sudah pernah dikeluarkan dari box oleh si penjual. Biasanya mereka melakukan hal tersebut untuk mengecek kondisi produk atau mungkin awalnya produk tersebut ingin dijadikan sebagai koleksi pribadi, tapi setelah melihat isinya mereka kemudian memutuskan untuk menjualnya. Produk dengan kondisi OFC artinya produk belum pernah disentuh secara langsung.

4. BIB

Istilah Back In Box (BIB) pada dasarnya sama dengan OFC dimana produk sudah pernah dikeluarkan dari box. Hanya saja yang membedakan yaitu produk dengan kondisi BIB merupakan barang second yang pernah dipakai lalu dimasukkan lagi ke dalam box. Baik box maupun aksesoris yang disertakan di dalamnya masih utuh. 

5. Like New

Kondisi Like New biasanya disisipi bersamaan dengan BIB. Istilah tersebut mengartikan bahwa meskipun produk sudah pernah digunakan tapi baik box maupun part-partnya dirawat dengan baik oleh si penjual sehingga barang terlihat mulus seperti masih baru.

6. Loose

Sementara itu produk dengan kondisi Loose sudah jelas merupakan barang bekas tanpa box orisinilnya. Meski begitu dijual dengan kondisi Loose bukan berarti kondisi barang sudah tidak layak. Umumnya penjual akan memberikan foto atau deskripsi mengenai produk tersebut. Agar tidak tertipu pembeli harus pintar memilih dan memastikan kondisi dari produk yang akan dibeli. 

7. WYSIWYG

What you see is what you get (WYSIWYG) merupakan sebuah deskripsi untuk produk dengan kondisi Loose. Jika diartikan yaitu apa yang kamu lihat itulah yang kamu dapatkan. Biasanya penjual menuliskan WYSIWYG di deskripsi agar pembeli tidak lagi menanyakan tentang kelengkapan barang. 


Nah kira-kira itulah beberapa istilah umum yang biasa digunakan dalam transaksi mainan. Setelah mengetahui istilah-istilah di atas sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi ketika berbelanja mainan. 

  1. kaladianraharja

    Saya baru tahu kategori-kategori tersebut. Terima kasih

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)