Game Teknologi

Perbedaan Nintendo Switch OFW dan CFW Kelebihan dan Kekurangannya

Afif Dalma Afif Dalma
April 30, 2023
0 Comments
Home
Game
Teknologi
Perbedaan Nintendo Switch OFW dan CFW Kelebihan dan Kekurangannya
Perbedaan Nintendo Switch OFW dan CFW

Nintendo Switch merupakan konsol game buatan Nintendo yang pertama kali dirilis pada Maret 2017. Sampai sekarang Nintendo Switch menempati posisi teratas sebagai handled konsol game paling populer. Dan memasuki Ada banyak varian baru dari konsol ini beserta game-game ekslusif yang hanya dirilis khusus untuk Switch.

Jadi tak heran kalau banyak orang lebih memilih Nintendo Switch dibandingkan konsol portable lainnya. Apalagi saat ini Nintendo telah merilis versi Lite dari Switch yang mana harganya jauh lebih murah dibandingkan versi originalnya. Tentunya Nintendo Switch Lite bisa menjadi pilihan bagi teman-teman yang ingin memainkan game ekslusif Switch tapi budget terbatas. 

Namun sebelum membeli konsol Nintendo Switch, kalian juga harus tahu perbedaan Nintendo Switch OFW dan CFW. Sebab tak jarang orang acuh dengan istilah tersebut dan akhirnya menyesal ketika barangnya sudah sampai. Sebelum hal itu tejadi, yuk simak penjelasan tentang perbedaan Nintendo Switch OFW dan CFW beserta kekurangan dan kelebihannya.

Apa itu Firmware pada Nintendo Switch

Sebelum membahas tentang OFW dan CFW, teman-teman harus paham tentang Firmware, sebab Firmware menjadi komponen penting agar Nintendo Switch dapat beroperasi dengan baik. Firmware sendii merupakan sekumpulan intruksi perangkat lunak (software) yang sudah diprogram pada perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk mengontrol perangkat keras tersebut. Gampangnya Frimware merupakan penghubung antara mesin dengan manusia.

Biasanya di waktu tertentu pihak pengembang bakal melakukan update Firmware supaya perangkat yang digunakan dapat bekerja lebih efisien dari sebelumnya. Tentunya Firmware yang saya maksud disini adalah versi official, alias resmi dari Nintendo. Nah nantinya ini akan berkaitan dengan pengertian CFW dan OFW pada Nintendo Switch yang akan dijelaskan dibawah.

1. Nintendo Switch OFW

OFW atau Original (Official) Firmware merupakan firmware resmi dari pihak Nintendo, baik software maupun hardware bersifat legal dan aman untuk dimainkan secara online maupun offline. Dengan demikian kamu tak perlu khawatir terhadap resiko ban atau blokir akun.

2. Nintendo Switch CFW

Kebalikan dari OFW, Custom Firmware (CFW) merupakan firmware Nintendo Switch yang sudah di jailbreak dan dikembangkan oleh pihak ketiga. Tentunya hal ini sangat dilarang oleh pihak Nintendo karena bersifat ilegal. Tentunya Nintendo bakal bertindak tegas terhadap pengguna yang terdeksi menggunakan firmware custom. 

Kelebihan Nintendo Switch CFW

1. Instal game bajakan

Salah satu keunggulan Nintendo Switch CFW yang didambakan penggunanya yaitu bisa menginstal game bajakan secara gratis. Seperti yang kita tahu harga catridge Nintendo Switch tergolong mahal, apalagi game-game ekslusifnya.

Oleh karena itu banyak yang memilih Nintendo Switch CFW supaya bisa memainkan berbagai macam game tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Dengan versi CFW kamu cukup download game yang ingin dimainkan tanpa harus bayar.

2. Fitur tambahan

Munculnya Nintendo Switch CFW berawal dari keluhan para pengguna yang merasa dicurangi oleh Nintendo. Selain itu Nintendo juga dirasa membatasi potensi penuh dari konsol tersebut sama halnya seperti PS Vita.

Alhasil dengan menggunakan Custom Firmware pengguna mendapat beberapa keuntungan seperti kecepatan download lebih kencang, meningkatkan tampilan grafis in game, hingga menginstal emulator.

3. Menggunakan cheat

Keuntungan lain yang tak kalah penting dari Nintendo Switch CFW yaitu kamu bisa menggunakan cheat. Tentunya hal ini tidak dapat kamu lakukan pada versi OFW. Penggunaan cheat memang diperlukan terlebih lagi jika mengalami kesulitan di game-game tertentu.

Kekurangan Nintendo Switch CFW

1. Beresiko terkena banned

Nintendo paling tegas kalau sudah membahas tentang pembajakan. Jika kamu ketahuan memainkan game secara ilegal maka kemungkinkan besar akunmu bakal diblokir alias banned. Jika akun milikmu telah dibanned maka kamu tidak bisa lagi mengakses E-shop.

2. Tidak bisa main online

Fitur online menjadi salah satu keunggulan Nintendo Switch. Banyak game-game ekslusif Nintendo yang lebih seru saat dimainkan bersama teman. Sayangnya jika kamu menggunakan Custom Firmware maka kamu tidak diperkenankan untuk terhubung internet.

Hal ini berkaitan dengan poin di atas karena jika kamu konek ke internet akan langsung terdeteksi dan akunmu berpotensi di banned. Walaupun banyak seller yang memberi jaminan bermain online tapi tetap saja keamanan akunmu tidak terjamin seratus persen.

3. Nintendo Switch beresiko brick   

Nintendo Switch CFW sangat rentan sekali terkena brick. Ini terjadi karena adanya chip modifikasi yang dipasang di motherboard Nintendo Switch. Meskipun dipasang oleh ahlinya, tapi tetap saja yang namanya produk ilegal bisa memicu resiko kerusakan.

Salah satunya yaitu bisa menyebabkan Nintendo Switch mengalami brick. Brick sendiri merupakan kondisi ketika konsol Nintendo Switch tidak bisa menyala atau dihidupkan. Jika mengalami hal ini solusinya yaitu membeli konsol baru, sebab biaya servisnya terbilang mahal.

Kesimpulan

Pada dasarnya baik Nintendo Switch OFW maupun CFW punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu bingung memilih di antara keduanya, kamu bisa menyesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu. Solusi lainnya kamu bisa membeli Nintendo Switch bekas yang mana harganya tentu lebih murah. 

Sumber foto: Unsplash.com

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)