Game Teknologi

4 Rekomendasi MicroSD yang Cocok untuk Nintendo Switch

Afif Dalma Afif Dalma
June 21, 2023
0 Comments
Home
Game
Teknologi
4 Rekomendasi MicroSD yang Cocok untuk Nintendo Switch

Memori eksternal atau MicroSD menjadi salah satu komponen penting yang wajib ada di Nintendo Switch. Pasalnya kapasitas penyimpanan Nintendo Switch terbilang kecil yaitu hanya 32 GB saja.

Berbeda dengan konsol game lainnya yang hadir dengan kapasitas menyimpanan paling kecil 250 GB hingga yang terbesar 1 TB. Meski begitu, pihak Nintendo menyediakan slot memori eksternal agar pengguna bisa menyimpan lebih banyak game.

Namun jangan sampai kamu tergiur dengan MicroSD kw alias palsu. Pasalnya banyak sekali pihak yang menawarkan harga memori eksternal berkapasitas besar dengan harga murah. 

Perlu diketahui bahwa MicroSD kw atau palsu tidak akan terbaca di Nintendo Switch. Oleh karena itu gunakanlah produk asli dari produsen resminya. Setidaknya ada 5 rekomendasi MicroSD yang bisa kamu gunakan di Nintendo Switch.

1. SanDisk Nintendo Switch

SanDisk Nintendo Switch

SanDisk menjadi memori eksternal yang paling sering digunakan untuk Nintendo Switch. Nama SanDisk sendiri sudah dikenal sebagai produsen memory card. Bahkan salah satu produk mereka, yakni SanDisk microSDXC memiliki lisensi resmi dari Nintendo.

Produk tersebut memiliki beberapa varian kapasitas, mulai dari 64 GB, 128 GB, 256 GB, hingga 512 GB. Tak hanya itu, SanDisk juga memberikan jaminan garansi seumur hidup. Dengan begitu kamu gak perlu khawatir jika sewaktu-waktu memory card milikmu mengalami kerusakan.

2. SanDisk Ultra A1

SanDisk Ultra A1

Jika menurutmu harga MicroSD SanDisk Nintendo Switch kemahalan, maka kamu bisa menggunakan versi lainnya yakni SanDisk Ultra A1. MicroSD jenis ini harganya sangat terjangkau sehingga cocok buat kamu yang punya budget terbatas.

Tak ada perbedaan signifikan dibanding versi Nintendo Switch. Kamu tetap mendapatkan garansi resmi dengan varian kapasitasnya yang beragam.

3. Samsung EVO Plus

Samsung EVO Plus

Meskipun Samsung lebih dikenal dengan produk gadgetnya, tapi nyatanya mereka juga memproduksi memory card yang diberi nama Samsung EVO Plus. MicroSD ini memiliki varian kapasitas hingga 256 GB. Sayangnya, Samsung EVO Plus bukan pilihan yang menarik buat kamu yang punya budget terbatas.

Sebagai jaminannya, data game yang tersimpan di memori Samsung EVO Plus bakal terjaga dengan aman. Performa yang powerful juga membuat Samsung EVO Plus menjadi pilihan untuk pengguna Nintendo Switch. Kamu bisa mendownload game digital tanpa harus takut datanya korup.

4. Kingston Canvas

Kingston Canvas

Kingston Canvas bisa menjadi pilihan selanjutnya buat kamu yang punya budget terbatas. MicroSD Kingston Canvas hadir dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas. Variannya pun bermacam-macam, mulai dari kapasitas 16 GB hingga 256 GB.

Tentunya dengan harga yang relatif murah kamu harus puas dengan fitur seadanya. Pasalnya Kingston Canvas terbilang cukup lambat karena memiliki kecepatan data hanya 80 MB/s. Meski begitu banyak pengguna Nintendo Switch yang menggunakan memory card merk ini karena tergolong awet dan tahan lama.

Keempat jenis memori eksternal di atas telah terbukti sebagai MicroSD yang paling sering dipakai oleh pengguna Nintendo Switch. Pastikan untuk membeli MicroSD yang sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology, such as digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)