Timnas

Jadwal Timnas Indonesia di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Afif Dalma Afif Dalma
October 17, 2023
0 Comments
Home
Timnas
Jadwal Timnas Indonesia di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Foto: pssi.org

Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah unggul agregat 12-0 atas Brunei Darussalam. Pertandingan yang berlangsung dua leg tersebut berhasil disapu bersih oleh pasukan Garuda dengan skor 6-0 di leg pertama dan kedua.

Dengan hasil tersebut maka Timnas Indonesia akan mengisi slot terakhir grup F. Nantinya skuad Garuda bakal bersua dengan Iraq, Vietnam dan Filipina. Tentunya Vietnam dan Filipina bukan lawan yang asing lagi, sedangkan Iraq tidak bisa dianggap remeh begitu saja.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia harus menempuh jalan panjang untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026. Terdapat tiga babak kualifikasi yang harus dilewati pasukan Shin Tae-yong untuk bisa berpentas di ajang sepak bola tertinggi dunia.

Apabila Indonesia berhasil lolos dari grup F, tentunya lawan-lawan yang akan dihadapi tim Garuda jauh lebih kuat. Tim-tim seperti Arab Saudi, Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia kemungkinan bakal menunggu di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tim-tim yang finish sebagai juara grup dan runner-up grup F tak hanya lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, tapi juga otomatis mendapat tiket untuk berlaga di Piala Asia 2027.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, FIFA menambah peserta Piala Dunia 2026 menjadi 48 tim. Berkat aturan baru ini, Asia akan mempunya 8 wakil yang akan berlaga di fase grup Piala Dunia 2026.

Berikut adalah tahapan lolos ke Piala Dunia dari zona Asia:

Babak Kualifikasi Pertama 

Diikuti oleh 20 tim ranking FIFA terbawah zona Asia. Laga digelar dengan sistem tandang kandang (dua leg).

Babak Kualifikasi Kedua

Diikuti oleh 36 tim (26 ranking terbaik dan 10 pemenang ronde 1) akan dibagi dalam sembilan grup dengan sistem kompetisi penuh.

Babak Kualifikasi Ketiga

Diikuti oleh 18 tim (juara dan runner-up grup ronde 2) akan dibagi menjadi tiga grup dengan sistem kompetisi penuh. Dua tim paling atas klasemen akan lolos ke Piala Dunia 2026.

Babak Kualifikasi Keempat

Peringkat ke-3 dan 4 pada ronde 3 akan dibagi menjadi dua grup (masing-masing tiga tim). Laga dimainkan di tempat netral, hanya sekali berhadapan. Juara grup lolos ke Piala Dunia 2026.

Babak Kualifikasi Kelima

Runner-up grup ronde keempat akan saling berhadapan pada laga dua leg. Tim yang menang lolos ke Piala Dunia 2026. Tim yang kalah akan bermain di play-off inter-confederation.

Berikut jadwal Timnas Indonesia di grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ke-2:

Kamis, 16 November 2023 

Irak vs Indonesia (Away)

Selasa, 21 November 2023 

Indonesia vs Filipina (Home)

Kamis, 21 Maret 2024 

Indonesia vs Vietnam (Home)

Selasa, 26 Maret 2024 

Vietnam vs Indonesia (Away)

Kamis, 6 Juni 2024 

Indonesia vs Irak (Home)

Selasa, 11 Juni 2024 

Filipina vs Indonesia (Away)

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)