Teknologi Tips

Cara Ganti Password WiFi Iconnet Raisecom PLN

Afif Dalma Afif Dalma
December 02, 2023
0 Comments
Home
Teknologi
Tips
Cara Ganti Password WiFi Iconnet Raisecom PLN
Cara ganti password wifi iconnet

Salah satu solusi untuk mengatasi sinyal WiFi lemot yaitu dengan cara mengganti password WiFi kita. Selain itu, mengganti password WiFi Iconnet juga sangat penting demi meningkatkan keamanan jaringan.

Pasalnya tak jarang password WiFi kita bocor sehingga membuat perangkat tak dikenal tiba-tiba terhubung ke jaringan kita. Hal tersebut tentunya cukup menganggu karena menyebabkan sinyal WiFi menjadi down hingga membuat putus nyambung. 

Oleh karena itu kita dianjurkan untuk mengganti password WiFi Iconnet PLN secara berkala. Namun banyak yang belum tahu bagaimana cara mengganti password WiFi Iconnet Raisecom. Kamu tak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas tentang cara mengganti password WiFi Iconnet milik PLN.

Kamu bisa mengganti password WiFi menggunakan perangkat PC/komputer ataupun lewat smartphone. Sebelum itu kamu harus mengetahui username dan password router WiFi milikmu. 

Jika sudah mengetahui username dan passwordnya maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara mengganti password WiFi Iconnet Raisecom Lewat Browser

Berikut ini langkah cara ganti password WiFi Iconnet lewat browser di PC dan ponsel.

1. Pertama-tama pastikan ponsel atau PC telah terhubung ke jaringan WiFi.

2. Kamu bisa cek alamat IP default yang tercantum di bagian belakang router Raisecom. 

2. Kemudian buka aplikasi browser di ponselmu, lalu ketik 192.168.1.1 untuk login ke dashboard router.

3. Masukkan username dan password default. 

4. Username dan password bawaan ini juga tercantum di bagian belakang router Raisecom.

5. Setelah masuk ke dashboard router, pilih menu "Basic", lalu pilih "Interface", kemudian pilih "WLAN 2.4G" (lihat pada screenshot di atas).

6. Cari nama jaringan WiFi milikmu, kemudian klik icon "Modify" pada bagian Operation.

7. Setelah itu maka kamu akan masuk ke laman "Modify Basic WLAN Configuration", kemudian masukkan password baru di kolom "WPA Pre-Shared Key", jika sudah klik Ok (lihat pada screenshot di atas).

8. Selamat, password WiFi berhasil diubah.

Alasan kenapa harus sering ganti password WiFi

Ada banyak alasan yang membuat kita harus sering mengganti password WiFi, di antaranya yaitu:

1. Menjaga keamanan jaringan

Jaringan WiFi rumahan tentunya bersifat pribadi karena hanya kita dan orang rumah saja yang tahu. Jika ada perangkat luar yang tiba-tiba terhubung bisa jadi orang tersebut sedang mencoba membobol WiFi kita dan kemungkinan terburuknya data pribadi kita bisa dicuri.

2. Menjaga stabilitas koneksi internet

Setelah password WiFi diganti tentunya semua perangkat yang sebelumnya terhubung akan kehilangan akses. Hal tersebut tak hanya mencegah terjadinya pembobolan data, tetapi juga menjaga koneksi internet agar tetap stabil. Pasalnya jumlah pengguna WiFi bisa mempengaruhi kualitas jaringan internet.

3. Menghindari penggunaan data berlebih

Sinyal WiFi tiba-tiba lemot bisa jadi karena ada seseorang yang terhubung ke jaringanmu tanpa izin dan menggunakan data internet berlebihan. Selain membuat jaringan lemot, tentunya hal tersebut sangat merugikan kita sebagai pemilik WiFi.

Demikianlah penjelasan cara ganti password WiFi Iconnet Raisecom PLN lewat ponsel dan komputer. Semoga artikel di atas bisa membantu teman-teman yang masih belum tahu cara mengganti password WiFi Iconent.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology, such as digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)