Teknologi Tips

Cara Mudah Install Aplikasi Format APKs di Android

Afif Dalma Afif Dalma
January 30, 2024
0 Comments
Home
Teknologi
Tips
Cara Mudah Install Aplikasi Format APKs di Android

Bagi kamu pengguna smartphone android, terutama yang hobi bermain game mobile, pastinya pernah menemukan format file yang ujungnya APKs. Format file APKs sering ditemukan ketika kamu hendak mengunduh game atau aplikasi dari web browser.

Bagi yang belum tahu pastinya bakal mengira bahwa format tersebut sama seperti aplikasi android pada umumnya. Nyatanya, cara menginstal file APKs berbeda dengan file APK biasa. 

Kita perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Karena kalau kamu instal seperti biasa maka akan muncul pesan error bahwa format file tersebut tidak didukung.

File APKs sendiri merupakan format untuk kumpulan beberapa aplikasi atau file yang dijadikan satu package. Format file APKs biasanya digunakan untuk menggabungkan file APK dan data/obb dari game. 

Adapun tujuan dari penggabungan file tersebut yaitu untuk memangkas ukuran file supaya jadi lebih ringan, serta untuk menghindari crash yang mungkin terjadi di waktu yang akan datang. Berikut adalah cara menginstal aplikasi format APKs.

Cara Install Aplikasi Format APKs di Android

1. Unduh dan pasang aplikasi pihak ketiga bernama XAPKS Installer di Google Play Store.

2. Biasanya sistem akan meminta izin akses untuk aplikasi tidak dikenal. Cukup nyalakan akses untuk aplikasi XAPKS Installer.

3. Buka aplikasi XAPKS Installer dan pilih opsi Internal file picker.

4. Selanjutnya cari file aplikasi dengan format APKs yang ingin diinstal. Pilih opsi Select kemudian klik Instal.

5. XAPK Installer akan mengekstrak file APKs sehingga nantinya bisa diinstal.

6. Setelah itu, akan muncul notifikasi instal aplikasi, lalu klik Instal.

7. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

8. Setelah selesai coba buka aplikasi yang sudah diinstal tadi.

Kalau kamu mencari cara bagaimana cara install APKs tanpa aplikasi pihak ketiga sepertinya akan lebih repot. Malahan dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga justru membuat instalasi jadi lebih mudah. Apalagi ukuran filenya kecil, sehingga kamu bisa sesuka hati menghapus installernya kalau sudah tidak diperlukan.

Penutup

Jadi itulah Cara Mudah Install Aplikasi Format APKs di Android menggunakan aplikasi pihak ketiga. XAPKS Installer sangat praktis karena bisa juga untuk menginstal file dengan format XAPK. Namun kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga lain selain yang disebutkan pada tulisan di atas.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology, such as digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)