Anime

9 Elemen Spesial dan Langka yang Ada di Serial Avatar

Afif Dalma Afif Dalma
February 26, 2024
0 Comments
Home
Anime
9 Elemen Spesial dan Langka yang Ada di Serial Avatar
Avatar Aang

Avatar: The Legend of Aang merupakan serial animasi yang cukup fenomenal pada masanya. Serial ini mengisahkan tentang petualangan seorang Avatar dalam menguasai empat elemen dasar demi memenuhi tanggung jawabnya untuk menjaga keseimbangan dunia. 

Adapun keempat elemen tersebut antara lain air, tanah, api, dan udara. Akan tetapi, ternyata keempat elemen tersebut masing-masing memiliki elemen-elemen cabang. Elemen-elemen ini dikategorikan sebagai Specialized Bending Techniques dan hanya beberapa orang saja yang mampu mengendalikannya. Yuk simak 9 elemen spesial dan langka di serial Avatar Aang dan Avatar Korra.

1. Blood Bending

Bloodbending

Blood Bending (pengendali darah) merupakan teknik cabang dari elemen air. Blood Bending termasuk teknik terlarang karena mampu mengontrol tubuh makhluk hidup. Teknik pengendalian darah pertama kali ditemukan oleh seorang pengendali suku air selatan beranama Hama.

Dia mempelajari teknik tersebut ketika sedang di penjara di negara api. Hama berhasil mengendalikan tikus-tikus dengan memanfaatkan aliran darahnya dan bulan purnama. Katara mewarisi kemampuan Blood Bending setelah dirinya mengalahkan Hama.

2. Healing

Healing

Healing merupakan teknik turunan dari elemen air. Seperti namanya, pengguna teknik ini mampu menyembuhkan seseorang dengan menggunakan air sebagai medianya. Meski begitu, teknik healing hanya bisa menyembuhkan beberapa jenis luka dan penyakit fisik saja.

Teknik ini sering kali digunakan Katara untuk menyembuhkan luka yang didapat Aang saat bertempur. Di generasi berikutnya, Avatar Korra yang sejatinya memang seorang pengendali air juga mewarisi kemampuan ini.  

3. Spirit Bending

Spiritbending

Spirit Bending (pengendali roh) adalah teknik yang diperkenalkan di serial Avatar: The Legend of Korra. Teknik ini merupakan varian dari teknik penyembuh dan masih satu cabang dengan elemen air. 

Pada dasarnya teknik pengendalian roh memungkinkan seseorang untuk memanipulasi energi positif dan negatif yang ada pada roh. Spirit Bending ditemukan oleh Unalaq, antagonis utama dalam cerita Avatar Korra. Unalaq juga mengajarkan teknik ini kepada Korra yang tak lain merupakan keponakannya. 

4. Lava Bending

Lavabending

Lava Bending (pengendali lava) termasuk teknik langka karena hanya beberapa orang saja yang dapat menggunakannya. Teknik ini merupakan bagian dari pengendalian tanah karena sejatinya lava tercipta dari lelehan batu (magma). Meski begitu, beberapa orang mengira kalau Lava Bending itu termasuk ke dalam elemen api.

Lava Bending pertama kali diperlihatkan oleh Avatar Kiyoshi dan Roku di serial The Legend of Aang. Kemudian sistematis pengedalian lava kembali diperjelas di serial The Legend of Korra, dimana terdapat beberapa karakter yang bisa mengendalikan lava hingga memanipulasinya menjadi sebuah senjata.

5. Metal Bending

Metalbending

Satu lagi teknik cabang dari pengendalian tanah yaitu Metal Bending (pengendali logam). Seperti namanya, pengguna teknik ini mampu memanipulasi logam, seperti membengkokkannya dengan sangat mudah. Meski begitu teknik pengendalian logam terbilang cukup rumit, sebab penggunanya harus dapat melihat serpihan tanah yang tercampur di dalam logam. 

Toph Beifong dengan kemampuan Seismic Sense membuatnya dapat melihat serpihan tersebut dengan mudah, sehingga menjadikannya pengendali logam pertama. Kemudian di serial Avatar Korra Toph menyebarluaskan Metal Bending dengan mendirikan sebuah akademi.

6. Combustion bending

Combustion bending

Combustion Bending (pengendali energi panas) merupakan teknik pengendalian cabang dari elemen api. Teknik ini terbilang unik karena si pengguna tidak memunculkan api dari kedua tangannya, melainkan dengan menyalurkan energi (chi) lewat dahinya lalu ditembakkan ke arah targetnya.

Dampak yang ditimbulkan dari tembakkan tersebut cukup fatal karena mampu menimbulkan ledakkan yang dahsyat. Combustion Bender pertama kali muncul di serial Avatar Aang, dan makin bertambah di serial Avatar Korra. Para pengendali energi panas memiliki tanda berupa tato mata ketiga di dahi mereka. 

7. Blue Fire Bending

Blue Fire Bending

Blue Fire Bending merupakan salah satu varian dari teknik pengendalian api. Satu-satunya pengguna elemen api biru yang diketahui hanyalah Azula. Beberapa penggemar berspekulasi bahwa hal ini dikarenakan pada usia mudanya Azula sudah punya bakat yang melebihi para pengendali api.

Kemudian kepribadian Azula yang dingin dan tak kenal ampun membuat warna api miliknya berevolusi. Api biru sendiri memiliki tingkat kepanasan melebihi api merah. Meski begitu, beberapa juga mengatakan bahwa api biru ini hanya bentuk pembeda yang coba dihadirkan oleh sang kreator Avatar. 

8. Lightning Bending

lightingbending

Lightning Bending (pengendali petir) menjadi satu-satunya teknik cabang yang daya hancurnya lebih kuat dari elemen utamanya. Teknik ini merupakan sub-elemen dari Fire Bending, yang memungkinkan pengendali api memunculkan dan membelokkan aliran petir dari kedua ujung jari mereka.

Di serial Avatar Aang dijelaskan bahwa pengedali api harus melakukan gerakan tangan melingkar untuk memunculkan petir. Selain itu, mereka juga perlu menjaga ketenangan pikiran dan memisahkan energi yin dan yang. Beberapa karakter yang diketahui berbakat dalam Lightning Bending misalnya Raja Api Ozai, Azula, Iroh, Mako, dan Jendral Iroh.

9. Spiritual Projection

Spiritual Projection

Spiritual Projection merupakan kemampuan unik yang hanya dimiliki para Air Bender. Kemampuan ini masih sejenis dengan astral projection, dimana roh/jiwa keluar dari tubuh. Dengan kemampuan ini, para pengendali udara mampu pergi ke tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh tubuh fisik.

Pada serial Avatar Korra, anak Tenzin, yakni Jinora diketahui mampu menggunakan Spiritual Projection. Namun di serial Avatar Aang, kemampuan ini digunakan Aang untuk berkomunikasi dengan Avatar pendahulunya di dunia roh. 

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)