Timnas

6 Pemain Timnas Pernah Main di Liga Jepang, Terbaru Justin Hubner!

Afif Dalma Afif Dalma
March 15, 2024
0 Comments
Home
Timnas
6 Pemain Timnas Pernah Main di Liga Jepang, Terbaru Justin Hubner!

 Justin Quincy Hubner Timnas Indonesia

Akhirnya teka-teki mengenai klub baru Justin Hubner terungkap. Bek Wolverhampton Wanderers U-21 berusia 20 tahun itu sepakat untuk berlabuh ke Liga Jepang. Dia akan membela Cerezo Osaka dengan status pinjaman hingga akhir musim 2024.

CEO Cerezo Osaka, Hiroaki Morishima mengungkap alasan mendatangkan Justin Hubner yaitu demi memperkuat lini pertahanan Cerezo Osaka. Hal ini tak lepas dari penampilan apik Justin Hubner di Piala Asia 2023 Qatar, khususnya saat tim Garuda bersua dengan Tim Samurai Biru. 

Meski Timnas kalah 1-3 dari Jepang, tetapi Justin Hubner tampil cukup solid dalam menjaga lini pertahanan dari serangan Ayase Ueda dan kawan-kawan. 

Dengan bergabungnya Justin Hubner ke Cerezon Osaka, maka saat ini tercatat ada 6 pemain Timnas Indonesia yang pernah main di Jepang, dan beberapa diantaranya sudah merasakan kerasnya persaingan di Liga Jepang. 

1. Ricky Yacobi

Ricky Yacobi menggunakan seragam Timnas

Ricky Yacobi merupakan sosok legendaris di dunia sepak bola tanah air. Dia dikenal sebagai salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia. Selain itu, dia juga tercatat sebagai pesepak bola Indonesia pertama yang berkarier di luar negeri. Pada tahun 1988, dia dilirik oleh klub peserta J League yaitu Matsushita Electric FC, atau sekarang dikenal dengan nama Gamba Osaka.

Ketertarikan Matsushita Electric FC tak lepas dari penampilan gemilangnya bersama Timnas Indonesia dan klubnya, Arseto Solo. Namun sayang, selama berkarier di Negeri Sakura, Ricky Yacobi hanya memainkan empat pertandingan dengan torehan satu gol. Hal tersebut dikarenakan dia sulit beradaptasi dengan cuaca dingin di Jepang.

2. Andik Vermansyah

Andik Vermansyah Ventforet Kofu

Sebelum bergabung dengan Selangor FA, Adik Vermansyah sempat menjalani trial bersama Ventforet Kofu. Kehadiranya disambut cukup baik oleh fans dari klub kasta tertinggi Liga Jepang tersebut. Pasalnya, Andik berhasil mencetak satu gol saat tim tersebut menjalani laga uji coba melawan Shimizu S-Pulse.

Setelah menjalani trial, ia pun sempat ditawarkan kontrak oleh klub tersebut. Namun dengan berbagai pertimbangan, Andik harus menolak tawaran tersebut. Setelah itu, ia bergabung dengan klub asal Malaysia, Selangor FA pada tahun 2013. Andik Vermansyah sendiri dikenal sebagai pemain Timnas yang memiliki akselerasi dan kecepatan di atas rata-rata.

3. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly Hokkaido Consadole Sapporo

Stefano Lilipaly pernah direkrut oleh klub kasta kedua Liga Jepang, Hokkaido Consadole Sapporo pada tahun 2014 silam. Saat itu ia datang bersamaan dengan striker legendaris Vietnam, Le Cong Vinh. Stefano direkrut selama satu musim, namun sayang ia gagal memenuhi ekspektasi tim asal pulau Hokkaido tersebut.

Selama bermain di klub tersebut, Stefano hanya dimainkan pada pertandingan persahabatan. Setelah itu ia kembali ke negaranya dan bergabung bersama klub peserta divisi 2 Liga Belanda, SC Telstar. Dua tahun setelahnya, Stefano Lilipaly dipanggil oleh pelatih Alfred Riedl untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2016.

4. Irfan Bachdim

Penampilan Irfan Bachdim di J2 League

Satu tahun setelah Stefano Lilipaly meninggalkan Consadole Sapporo, klub tersebut kembali merekrut pemain asal Indonesia yaitu Irfan Bachdim pada tahun 2015. Namun sebelum bergabung dengan klub tersebut, Irfan Bachdim lebih dulu dikontrak oleh klub promosi J1 League, Ventforet Kofu selama satu musim.

Sayangnya selama membela Ventforet Kofu, Irfan tidak pernah dimainkan pada pertandingan domestik. Kemudian saat bergabung dengan Consadole Sapporo, dia mendapat banyak menit bermain serta membantu klub tersebut promosi ke J1 League. Tercatat Irfan telah tampil sebanyak sepuluh kali dengan memberikan satu assist. 

5. Pratama Arhan

Pratama Arhan Tokyo Verdy

Pratama Arhan dikenal sebagai pemain yang punya skill berupa lemparan jarak jauh. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini pernah memperkuat klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy. Arhan tampil bersama Tokyo Verdy sejak Maret 2022 sampai akhir tahun 2023. Tercatat Arhan hanya tampil sebanyak 4 kali dengan total 256 menit bermain. 

Tokyo Verdy sendiri berhasil promosi ke J1 League 2024 setelah bermain imbang melawan Shimizu S-Pulse. Setelah menghabiskan dua musim bersama Tokyo Verdy, Pratama Arhan memilih bergabung dengan klub asal Korea Selatan, Suwon FC untuk mengarungi K-League musim 2024/2025. 

6. Justin Hubner

Justin Hubner Cerezo Osaka

Justin Hubner merupakan pemain kelahiran Belanda yang memilih untuk membela Timnas Indonesia sejak Desember 2023 lalu. Dia memiliki garis keturunan Indonesia dari sang kakek yang berasal dari Makassar. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini merupakan kapten Wolverhampton U-21 dan baru saja promosi ke tim senior Wolves.

Namun sebelum benar-benar tampil bersama skuad utama, pihak Wolves memutuskan untuk meminjamkan Justin ke klub J1 League, Cerezo Osaka, hingga musim 2024 berakhir. Justin Hubner kemungkinan baru akan menjalani debut di klub barunya itu setelah Kualifikasi Piala Dunia 2026.  

Semoga kedepannya ada banyak pemain Indonesia yang juga berkarier di luar negeri, baik di Asia maupun Eropa. Dengan semakin banyaknya pemain yang menimba ilmu di luar negeri, tentunya akan menjadi keutungan tersendiri bagi Timnas Indonesia.  

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

No comments

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)