Urutan 20 Kamen Rider era Heisei Terkuat Berdasarkan Base Form

Afif Dalma
August 30, 2019
2 Comments

Setelah tamatnya series Kamen Rider Zi-O, era Kamen Rider Heisei dinyatakan telah berakhir! Dengan ini kamen rider era Heisei memiliki total 20 judul/series (diawali dengan Kamen Rider Kuuga dan diakhiri dengan Kamen Rider Zi-O), yang mana setiap series tentu memiliki daya tariknya masing-masing. Kekuatan setiap rider nya pun berbeda-beda, dan poin inilah yang akan saya bahas di artikel kali ini. Apalagi di sepuluh tahun kebelakang, dimana kekuatan kamen rider mulai gila-gilaan.

Kali ini saya mau mengurutkan rider terkuat dari ke-20 heisei kamen rider. Namun saya tidak mengukur kekuatan para rider ini dari semua form yang mereka miliki apalagi final formnya. Karena kalau begitu, tentu Zio/Decade yang akan menempati urutan pertama :v. Maka dari itu saya hanya berpatokan dari basic/base formnya saja, supaya terlihat adil. Btw ini versi saya sendiri ya, jadi apabila kalian kurang sreg dengan pendapat saya, kalian boleh bikin versi kalian sendiri :v just for fun, jangan dibawa serius. Oke langsung aja simak ulasannya di bawah ini.

20. Kamen Rider Ryuki


Pastinya kalian tau alasan saya menempatkan kamen rider Ryuki di urutan terakhir. Alasanya tak lain karena gaya bertarung Ryuki yang kurang menggigit dan terlalu lembut sebagai seorang kamen rider. Bahkan saat pertarungan antar rider (rider war), Ryuki selalu kesulitan saat melawan rider lain. Tetapi jika menggunakan skill kartu advent, Ryuki bisa dibilang terlihat sedikit sangar.

19. Kamen Rider Blade


Entah kenapa saya kurang suka dengan rider yang menggunakan kartu. Meskipun mengusung konsep yang menarik, tetapi dimata saya kamen rider Blade belum bisa disebut sebagai rider terkuat. Bahkan saya rasa lighthing blast nya pun tidak akan bisa menandingi final vent milik Ryuki. Tetapi alasan saya menempatkan Blade di atas Ryuki tak lain karena ia memiliki kemampuan bertarung yang jauh lebih terampil.

18. Kamen Rider Fourze


Jujur, saya belum menyelesaikan series ini, jadi saya pun masih ragu menempatkannya di urutan ke delapan belas. Saat menggunakan basic form, saya rasa kekuatan Fourze memang patut di perhitungkan, apalagi dengan berbagai macam switch yang bisa dipakai untuk menambah kekuatan tempurnya. Sayangnya saya belum menyaksikan series ini sampai tamat, sehingga cukup bingung untuk memberikan ulasan lebih.

17. Kamen Rider Den-O


Well awalnya saya pengen menempatkan Den-O di urutan terakhir dengan Plat Form nya. Karena pada dasarnya Sword Form itu bukan merupakan wujud rider asli Ryotaro Nogami, melainkan Momotaros yang mengambil alih tubuhnya. Tapi ya sudahlah, mengingat form utama Den-O memang sejatinya adalah Sword Form. Sifat barbar Momotaros dipadukan dengan kekuatan Den-O tentu sangat cocok, tapi sayangnya Momotaros selalu melayangkan serangan yang monoton, ditambah banyaknya aksi komedi pertarungan yang membuatnya lebih cocok diberikan gelar rider terlucu dibanding terkuat.

16. Kamen Rider Build


Kamen rider Build sepertinya hanya unggul dalam segi kejeniusan saja, terutama saat menggunakan form Rabbit-Tank. Dalam form ini level Hazard Sento masih bisa dibilang kecil sehingga kekuatanya masih standar. Tetapi berkat kejeniusannya itu, Sento berhasil menciptakan banyak Fullbottle yang membuatnya bisa menggunakan berbagai macam kombinasi form dengan kemampuan yang berbeda-beda. 

15. Kamen Rider Faiz (555)


Kamen rider Faiz menjadi idola anak-anak yang besar di tahun 2000an, sebab konsepnya cukup menarik karena menyelipkan unsur teknologi. Konsep driver di serial ini pun cukup masuk akal, dan tentunya menarik karena semua orang (dengan kriteria tertentu) bisa berubah menjadi kamen rider. Namun sayangnya Faiz yang dipiloti oleh Inui Takumi tidak terlalu powerfull. Namun bukan berarti ia lemah, hanya saja banyak yang lebih kuat dari dirinya.

14. Kamen Rider Zi-O


Memiliki gelar penguasa waktu, tapi tanpa menggunakan Rider Watch para pendahulunya, kekuatan Zio masih bisa diperhitungkan. Apalagi basic formnya yang cuma bisa dipake buat ngelawan kroco-kroco. Tapi bantuan Time Machine dapat menambah daya tempur Zio sendiri, para Heisei rider phase pertama pun saya yakin bakal kabur saat Zio menggunakan Time Machine.

13. Kamen Rider Ghost


Meskipun menjadi satu-satunya main rider yang bisa melayang di udara, tetapi tetap saja tak ada hal spesial lain yang dimiliki kamen rider Ghost, terutama dalam kemampuan bertarung. Kemampuan unik Ghost sebenarnya dapat menjadi nilai tambah tersendiri apabila bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Takeru. 

12. Kamen Rider Gaim


Walaupun gak begitu kuat, tapi gaya bertarung Gaim yang persis seperti Sengoku membawa kesan gagah, dan bukan sekedar kostum buah. Memiliki sebutan Armored Rider, series ini mengusung tema era Sengoku bercampur buah. Gaim sendiri menggunakan dua buah pedang (Musou Saber dan Daidaimaru) sebagai senjata utamanya.

11. Kamen Rider Wizard


Kamen rider Wizard adalah rider yang mengusung tema penyihir. Seorang penyihir tentu unggul dalam kekuatan magis dibanding fisik. Sama halnya seperti Haruto Soma yang sejatinya mengkombinasikan kekuatan Rings dengan gaya bertarungnya yang unik sehingga membuatnya terlihat kuat, walau bukan secara fisik.

10. Kamen Rider OOO


Form TaToBa milik kamen rider OOO pada dasarnya memang digunakan untuk pertarungan jarak dekat. Pada form ini, OOO dapat menggunakan skill dari Core Medal Tora dan Batta yang memungkinkan OOO dapat menggunakan cakar harimau dan lompatan belalang. Hal ini tentu sangat membantunya saat sedang bertarung.

9. Kamen Rider Ex-Aid


Kamen rider Ex-Aid dipiloti oleh seorang gamer jenius sekaligus dokter magang bernama Emu Hojo. Keterampilannya dalam bermain game membuatnya sangat lincah dan cekatan saat berubah menjadi kamen rider Ex-Aid. Cukup sulit sebenarnya membandingkan Ex-Aid dengan rider lainnya, sebab series yang satu ini menggunakan sistem Level untuk setiap gashat. 

8. Kamen Rider Hibiki


Walaupun tidak memiliki kekuatan yang begitu spesial, tetapi kamen rider Hibiki termasuk yang terkuat dalam segi pertarungan. Sebutan 'oni' ditambah armor yang menyeramkan memberikan kesan tersendiri, karena menggambarkan sesosok makhluk kuat yang mengerikan. Bahkan Decade pun diperlihatkan seringkali menggunakan kekuatan Hibiki untuk pertarungan jarak dekat.

7. Kamen Rider Double (W)


Dua orang dalam satu tubuh, dua kekuatan menjadi satu. Shotaro dan Philip menggunakan dua gaia memory (Cyclone dan Joker) untuk berubah menjadi kamen rider Double. Basic formnya yaitu Cyclone-Joker menampilkan kesan layaknya seorang petarung jalanan, sebab pada dasarnya Gaia Memory Joker memang unggul dalam pertarungan jarak dekat. Ditambah dengan kekuatan angin Cyclone, sehingga form ini masuk dalam jajaran teratas sebagai yang terkuat.

6. Kamen Rider Kiva


Ketika mendengar kata "Vampir", yang terlintas dipikiran saya adalah keabadian dan kekuatan. Meskipun keduanya tidak terlalu menggambarkan sosok dari Kiva sendiri, tapi saya rasa kemampuan  fisik dan gaya bertarungnya yang main pukul-pukul bisa membuat Kiva disebut sebagai salah satu Heisei rider terkuat.

5. Kamen Rider Drive


Kecepatan, kelincahan, dan teknik bertarung yang dimiliki Tomari Shinosuke, membuatnya kamen rider Drive menempati posisi kelima. Dengan kombinasi dari shift car, membuat doi memiliki bermacam-macam kekuatan unik. Namun yang membuat Drive unggul dari rider diatas tak lain adalah kecepatannya.

4. Kamen Rider Kabuto


Kamen rider Kabuto memang layak menyandang gelar rider Heisei terkuat, tapi tidak bagi saya. Kekuatannya standar sebagai seorang rider, namun karena dipadukan dengan Clock Up (kekuatan yang memungkinkan Kabuto bergerak sangat cepat) membuatnya seperti tak terkalahkan. Nyatanya Decade bisa dengan mudah mengalahkannya.

3. Kamen Rider Decade


Meskipun tidak menggunakan kekuatan para rider terdahulu, title "sang penghancur dunia" masih melekat dalam diri seorang Tsukasa Kadoya. Kekuatannya tidak usah dipertanyakan lagi. Misalnya dalam movie All rider vs Dai shocker, Decade berhasil membantai para pendahulunya. Namun belakangan ini Decade di nerf abis-abisan, tapi sekalinya di buff kekuatannya sangat tidak masuk akal.

2. Kamen Rider Agito


Karena Agito merupakan reinkarnasi Kuuga, sudah pasti kekuatannya gak jauh beda dari sang pendahulunya. Terlebih lagi Agito sejatinya bermotif Naga, bukan serangga, sehingga membuatnya terlihat sedikit lebih sangar. Gaya bertarung Agito pun layaknya petarung UFC yang tidak memberi ampun musuh-musuhnya.

1. Kamen Rider Kuuga


Tentunya teman-teman pasti setuju kalau Kuuga merupakan core of the core, yang terkuat diantara semua Heisei rider. Bukan karena statusnya sebagai rider pertama era Heisei, tetapi memang kekuatan Kuuga adalah murni dari usernya sendiri tanpa campur tangan teknologi, ataupun monster kontrak. Belum lagi ia gak punya teman seperjuangan aka second rider, bahkan final form miliknya pun muncul di episode-episode terakhir.


Itulah urutan 20 Kamen Rider era Heisei terkuat berdasarkan basic/base formnya. Namun jika dilihat dari keseluruhan form, jelas urutannya tidak akan seperti ini. Dan sekali lagi, ini cuma just for fun dan juga memang versi saya sendiri, jadi apabila kalian tidak setuju ya tidak apa-apa. Saya juga minta maaf apabila ada kesalahan kata dalam postingan ini. Oh iya, jangan lupa berikan juga urutan rider terkuat versi kamu di kolom komentar.

  1. Agung Maulana

    Wih mantep dah hero hero nya
    www.agumau.site

    Reply
  2. Tachibana-sama

    Menurut yg terkuat pastinya sih ohma zio
    Why ??
    Karena di spin offnya (rider time)
    Si ohma bisa ngalahin si tsukasa (dcd) yg pd saat itu menggunakan form terkuatnya (kostumnya jelek btw) :v (k-touch 21)

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)