Teknologi

Perlukah Kita Membeli Smartphone Mahal?

Afif Dalma Afif Dalma
March 31, 2022
2 Comments
Home
Teknologi
Perlukah Kita Membeli Smartphone Mahal?

Memasuki penghujung tahun 2019, banyak vendor smartphone yang gencar mengeluarkan flagship smartphone terbaru mereka. Seperti yang masih anget kayak Iphone 11 dan Redmi Note 8, semua orang dibuat tergiur oleh flagship terbaru ini, termasuk saya sendiri. Namun sebuah pertanyaan mulai muncul di pikiran saya, seperti "Perlukah kita membeli smartphone mahal?". Mari simak artikel berikut.

Kebutuhan akan smartphone bagi setiap individu pastinya berbeda-beda, karena di era teknologi seperti sekarang ini, fungsi smartphone bukan lagi sekedar alat komunikasi belaka, smartphone memiliki bermacam-macam fungsi yang bisa memanjakan user/pengguna-nya. Sebut saja untuk bermain game, fotografi, dan menonton film.  

Oleh karena itu di era teknologi seperti sekarang ini, smartphone "mungkin" sudah menjadi salah satu barang yang harus dimiliki setiap orang. Namun yang menakutkan adalah flagship smartphone yang kian hari kian bertambah. Mungkin bagi kebanyakaan orang, munculnya smartphone-smartphone tipe terbaru merupakan hal yang sudah ditunggu-tunggu, namun bagi beberapa orang hal itu justru malah meningkatkan daya konsumtif mereka.

Belum lagi harga yang dibanderol terbilang mahal. Memang sih smartphone mahal itu ditargetkan untuk kalangan menengah keatas, namun seperti yang saya bilang tadi, ketika daya konsumtif seseorang muncul maka orang tersebut tidak akan bisa berpikir secara rasional dan hanya mementingkan hawa nafsunya sehingga mengesampingkan kebutuhan yang lebih penting. Oke lah kalau orang tersebut memiliki uang yang lebih dari cukup, tetapi bagaimana untuk yang ekonominya pas-pasan?

Saya pernah melihat sebuah artikel tentang seorang anak yang minta dibelikan smartphone mahal ke orang tuanya karena gengsi menggunakan hp murah. Orang tuanya pun membelikannya, tapi bukan karena mampu, melainkan karena terpaksa mengikuti keinginan dari sang anak. Ini hanya sebagai gambaran bahwa kehadiran smartphone selain bisa menguntungkan juga bisa menakutkan.

Akan lebih baik jika kamu bisa membeli smartphone menggunakan uangmu sendiri, baik itu uang dari hasil menabung atau uang hasil jerih payahmu sendiri. Tak perlu beli yang harganya mahal, meskipun murah, dapat membeli smartphone dengan menggunakan uang sendiri menjadi suatu kebanggaan bagi dirimu. Oleh sebab itu sebelum kamu membeli sebuah smartphone, kamu harus melihat segi kebutuhanmu terlebih dahulu. Kalau smartphone murah saja bisa memenuhi kebutuhanmu, kenapa harus beli yang mahal.

Kembali lagi ke pertanyaan awal, Perlukah kita membeli smartphone mahal? Untuk saya pribadi, jawabannya tentu saja tidak perlu. Bagi saya, membeli smartphone mahal tidak memberikan begitu banyak manfaat, paling hanya unggul dalam segi desain dan kamera saja. Sampai saat ini saya pun masih menggunakan smartphone yang bisa dibilang tertinggal. Meski begitu saya tidak masalah, asalkan smartphone tersebut masih bisa digunakan untuk mengakses aplikasi perpesanan, sosial media, serta game Clash of Clans

Meski begitu bukan berarti saya anti dengan smartphone mahal ya. Kalau saya punya rezeki lebih, tanpa banyak pertimbangan saya pun akan membeli smartphone yang bagus dan punya banyak fitur yang dibutuhkan.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology include: digital marketing, graphic design, blogging and programming.

2 comments

  1. MantanRaisa
    MantanRaisa
    October 05, 2019
    This comment has been removed by the author.
  2. Mas Dejay
    Mas Dejay
    October 05, 2019
    kalo ane sih cukup ponsel sederhana aja, yg penting bisa buat semua kepentingan, mampir ke www.masdejay.com
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)