Review Shingeki no Kyojin chapter 124 "Melting Away" - AFIF SHARING - Media Sharing Informasi, Anime, Manga, dan Pengetahuan lainnya
8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Review Shingeki no Kyojin chapter 124 "Melting Away"

December 07, 2019 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

Sebelumnya di chapter 123 kita sudah diperlihatkan dengan flashback mengenai kunjungan pertama scouting legion ke Marley serta mengenai Eren Yeager yang telah mengaktifkan the rumbling. Walaupun sudah memasuki fase klimaks, keseruan dalam cerita Shingeki no Kyojin tak ada habis-habisnya. Hal-hal menarik terus saja bermunculan, seperti apa yang terjadi dalam chapter 124 yang baru saja rilis beberapa hari lalu. Tentunya bagi para fans chapter kali ini merupakan sebuah penantian yang amat panjang. Lah kok gitu? Daripada penasaran langsung aja simak ulasan Shingeki no Kyojin Chapter 124.

Chapter kali ini di buka dengan wajah bingung dan ketakutan dari Mr Leonhart beserta orang-orang Eldian yang ada di daratan Marley. Seperti yang kita tahu di chapter sebelumnya Eren berkomunikasi dengan seluruh subjek Ymir melalui Path, disana Eren mengungkapkan isi hatinya rencananya untuk meratakan seluruh dunia. Hal tersebut tentu saja membuat panik bangsa Eldian yang berada di luar Paradise.

1. Hilangnya "Armored" Titan dan Semangat Reiner Braun


Kekuatan utama dari Armored Titan milik Reiner Braun terletak pada zirah yang berada di sekujur tubuhnya. Zirah tersebut berfungsi untuk melindungi Armored Titan dari serangan-serangan musuh, dan tanpa adanya zirah tersebut, tak ada yang spesial dari Titan shifter yang satu ini. 

Di chapter ini sudah terbukti bahwa kekuatan Founding Titan dapat melenyapkan kekuatan pengerasan (hardening). Dan sepertinya bukan hanya pengerasan yang diciptakan para Titan tembok saja, namun segala pengerasan yang berasal dari ke-sembilan Titan pun dapat dilenyapkan dengan seketika. Namun yang masih jadi pertanyaan adalah apakah kekuatan pengerasan tersebut akan hilang secara permanen atau hanya dalam kurun waktu tertentu?

Apabila kekuatan pengerasan hilang secara permanen a.k.a tidak bisa digunakan lagi, maka Armored Titan sudah jelas akan berganti nama menjadi Naked Titan. 


Tak hanya Armored Titan saja yang kehilangan kekuatan sejatinya, bahkan sang shifter pun telah kehilangan semangatnya. Reiner yang sebelumnya sangat berapi-api untuk menghentikan rencana Eren, sekarang justru malah pasrah akan keadaan yang terjadi. Tapi gue masih gak yakin kalo Reiner bakal nyerah gitu aja, karena di chapter yang udah-udah walaupun dia sempet nyerah, Reiner tetep bangkit lagi. Dan gue rasa sepertinya kali ini Reiner Braun bakal memainkan perannya sebagai seorang Prajurit.

2. Nasib Falco dan Zeke


Falco yang saat ini sedang dalam kondisi tak sadarkan diri karena baru saja merubah menjadi Shifter Jaw Titan (setelah memakan Porco Galliard) sedang ditawan oleh Jean dan teman-temannya. Kekuatan Jaw Titan yang berada di tangan mereka membuat sebuah pertikaian kecil di antara Connie dan Armin, Armin berusaha menyelamatkan Falco supaya kekuatannya tidak diambil, sementara Connie bersikeras untuk menyelamatkan sang ibu yang berubah jadi mindless Titan yang saat ini masih terbaring di rumahnya. Pada akhirnya Connie berhasil merebut Falco dari tangan Jean dan membawanya pergi ke tempat ibunya berada (?).

Walaupun Connie berhasil membawa Falco, gue rasa kecil kemungkinannya untuk karakter sampingan seperti ibu Connie berubah menjadi shifter Titan yang mana kekuatan dari Jaw Titan sendiri menjadi "kunci" dari cerita Shingeki no Kyojin. Apalagi Falco masuk sebagai salah satu tokoh penting dalam cerita ini, ia juga merupakan generasi penerus sekaligus harapan dari Zeke, dan Reiner.

Berbeda dengan Falco, nasib dari Zeke Yeager saat ini masih belum diketahui setelah terajdinya the rumbling. Hilangnya Zeke memberi dampak bagi orang-orang yang ada di Paradise, karena para Titan Mindless hasil dari teriakan Beast Titan mengamuk dan memangsa orang-orang disekitar. Sementara Yelena justru kebingungan dan tak percaya kalau rencana Zeke  gagal total.

3. Tujuan Gabi?


Hingga saat ini, Gabi menjadi karakter yang sangat dibenci oleh para fans Shingeki no Kyojin. Namun setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, akhirnya Gabi memutuskan untuk bertobat dan bertekad mengakhiri konflik yang sedang terjadi saat ini, walaupun pada akhirnya ia mengesampingkan tekad tersebut karena harus menyelamatkan pria tercintanya, Falco. Dalam perjalanan menyelamatkan Falco, Gabi berhasil menyelamtkan Kaya yang merupakan adik angkat Sasha Braus (orang yang telah ia bunuh). 

4. Annie Leonhart Bebas dari Kristal


Adegan pecahnya kristal Annie Leonhart di panel terakhir menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para fans Shingeki no Kyojin. Bagaimana tidak, pasalnya peran Annie di dalam cerita Shingeki no Kyojin telah mati selama berpuluh-puluh chapter/betahun-tahun. Meskipun sesekali Annie dimunculkan dalam beberapa chapter walaupun hanya dalam bentuk kristal. Armin adalah orang pertama yang sadar akan bebasnya Annie dari kristal. Lantas apa yang akan Annie lakukan setelah tahu bahwa ia sedang berada di tengah tragedi mengerikan yang sedang terjadi? 

Gue juga penasaran gimana reaksi Annie pas nanti tau kalau Armin yang memakan Berthold. Sepertinya Annie bakal memainkan peran penting dalam beberapa chapter kedepan. Apalagi dengan kekuatan unik milik Female Titan, yaitu teriakan yang bisa memancing para Titan untuk memangsanya, atau mungkin masih ada kekuatan lainnya dari Female Titan yang belum diketahui? Mari kita nantikan di chapter berikutnya.

Penutup

Saya ingin mengucapkan banyak terimakasih untuk bang haji yang sudah memperlihatkan kembali waifu gue, telebih dengan posisi yang iykwim :v. Walaupun dengan kembalinya Annie dan Keith Shadis kita harus melihat kematian tragis dari komandan Pyxis dan Nile Dok. 

Terlepas dari itu gue masih kepikiran sama kata-katanya Reiner pas dia ngomong "dia(Eren) bisa mengendalikan semua titan dan subjek Ymir sesuka hatinya", kita tahu kalau Karl Fritz dapat memanipulasi ingatan subjek Ymir, namun "sesuka hati" disini berarti lebih dari sekedar menghapus ingatan saja. 

Ada satu adegan lagi yang bikin kesel, yaitu saat si Floch menodongkan pistol ke kepala Yelena. Itu maksudnya apa coba? Apakah ini drama yang dibuat oleh Eren dan Floch untuk menjebak para pengikut Zeke-Yelena, atau Floch cuma nyari sensai doang di depan Jean? Hmm.
View: - Tags: Manga, Shingeki no Kyojin