Menggambar itu Bakat atau Hobi? - AFIF SHARING - Media Sharing Informasi, Anime, Manga, dan Pengetahuan lainnya -->
8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Menggambar itu Bakat atau Hobi?

July 26, 2020 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

Menggambar merupakan suatu kegiatan mencurahkan imajinasi dan membentuknya menjadi suatu karya seni, baik dengan cara manual maupun digital. Berbicara tentang menggambar, setiap orang pastinya bisa menggambar, hanya saja yang jadi masalah adalah hasil dari gambar tersebut. 

Kemampuan menggambar setiap orang pastinya berbeda-beda, ada yang hanya bisa menggambar manusia dengan bentuk tubuh seperti stickman, dan ada yang bisa menggambar manusia dengan bentuk tubuh yang realistis. Perbedaan ini tentunya dapat menimbulkan suatu pesan tersendiri bagi mereka yang hasil gambarnya belum sesuai ekspektasi, "wah, ternyata aku gak bakat gambar ya".

Jadi menggambar itu bakat atau hobi?

Hobi yang dimaksud disini yaitu sebagai kegiatan yang ditekuni dan disukai. Ada banyak orang yang menjadikan aktivitas menggambar sebagai sebuah hobi. Tentunya dengan menekuni sesuatu yang disukai, kemampuan seseorang akan hal tersebut terus meningkat. Seperti misalnya menggambar, akan terlihat perbedaan antara orang yang sering menggambar dengan orang yang hanya sesekali menggambar.

Pada dasarnya kemampuan menggambar seseorang dapat dilatih, tergantung kemauan orang itu sendiri. Semakin sering kamu berlatih semakin bagus pula hasilnya, dan ketika sudah mulai terbiasa menggambar, hasilnya juga akan maksimal dan sesuai dengan ekspektasimu. Kamu dapat melatih kemampuan menggambarmu dengar berbagai cara, misalnya dengan mencari referensi/inspirasi melalui Youtube atau forum seni seperti DevianArt

Namun, bagaimana dengan mereka yang sudah memiliki kemampuan menggambar sejak masih kecil? Tak jarang kita melihat anak kecil menggambar suatu hal diluar nalar untuk anak seusia mereka. Lantas apakah ini bisa dikatakan bahwa anak tersebut memang memiliki bakat menggambar?

Cukup masuk akal apabila menggambar dikatakan sebagai sebuah bakat, sebab ada orang yang bisa mempelajari sesuatu dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan yang lainnya. Nah, point inilah yang bisa diarahkan kedalam pengertian bakat menggambar. Misalnya ada seorang pelukis berbakat, artinya pelukis tersebut berada 3 langkah didepan dari mereka yang tidak memiliki bakat menggambar.

Namun bukan berarti orang yang tak memiliki bakat menggambar harus pasrah begitu saja. Justru 3 langkah tersebut adalah yang paling mudah untuk dipelajari. Jika mereka yang berbakat mengambil start langsung dari langkah ke-3, maka untuk melangkah lebih jauh mereka akan mengalami sedikit kesulitan sebab mereka tidak memahami dasar-dasarnya yang berada di langkah pertama dan kedua.

Sebaliknya, mereka yang memulai start dari langkah pertama akan lebih mudah untuk terus melangkah, karena sudah mempelajari dasarnya. Artinya, meskipun menggambar bisa dikatakan sebagai sebuah bakat, namun jika bakat tersebut tidak diasah, maka kemampuan yang dimiliki tidak akan mengalami peningkatan. Bahkan mereka yang dianggap tidak berbakat bisa melampaui orang-orang berbakat, asal memiliki keinginan kuat dan rajin berlatih.

Kalau menurut temen-temen gimana nih, apakah menggambar itu bakat atau hobi? Yuk berikan pendapatmu di kolom komentar.

View: - Tags: Pengetahuan