Menggambar itu Bakat atau Hobi?
dok. pribadi

Menggambar merupakan suatu kegiatan mencurahkan imajinasi dan membentuknya menjadi sebuah karya seni. Menggambar dapat dilakukan dengan dua cara, yakni cara manual dan digital. Berbicara tentang menggambar, setiap orang pastinya bisa menggambar, hanya saja yang jadi masalah adalah hasil dari gambar tersebut. 

Kemampuan menggambar setiap orang pastinya berbeda-beda. Ada yang hanya bisa menggambar manusia dengan bentuk tubuh seperti lidi atau stickman, dan ada yang bisa menggambar manusia dengan bentuk tubuh yang proporsional serta realistis. Perbedaan ini tentunya dapat menimbulkan suatu pesan tersendiri bagi mereka yang hasil gambarnya belum sesuai ekspektasi, "ternyata saya tidak punya bakat menggambar".

Jadi menggambar itu bakat atau hobi?

dok. pribadi

Hobi yang dimaksud di sini yaitu sebagai kegiatan yang ditekuni dan disukai. Ada banyak orang yang menjadikan aktivitas menggambar sebagai sebuah hobi, termasuk saya. Tentunya dengan menekuni hal-hal yang disukai, kemampuan seseorang akan hal tersebut terus meningkat, sama seperti menggambar. Tentunya akan terlihat perbedaan antara orang yang sering menggambar dan orang yang hanya sesekali menggambar.

Pada dasarnya kemampuan menggambar seseorang dapat dilatih, tergantung kemauan orang itu sendiri. Semakin sering kamu berlatih, maka semakin bagus pula hasilnya. Lalu ketika sudah mulai terbiasa menggambar, hasilnya pasti akan maksimal dan sesuai dengan ekspektasimu. Kamu dapat melatih kemampuan menggambarmu dengar berbagai cara. 

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan menggambar. Apalagi saat ini sudah zaman digital, sehingga kamu bisa belajar lewat internet. Jika ingin mencari referensi, kamu juga bisa mengunjungi beberapa situs, seperti Pinterest, DeviantArt, Behance, Artstation, dan lain sebagainya . 

Lantas bagaimana dengan mereka yang sudah memiliki kemampuan menggambar sejak masih kecil?

Tak jarang kita melihat anak kecil mampu menggambar suatu hal diluar nalar untuk anak seusia mereka. Apakah dengan begitu bisa dikatakan bahwa anak tersebut memang memiliki sebuah bakat menggambar?

Cukup masuk akal apabila menggambar dikatakan sebagai sebuah bakat, sebab ada orang yang bisa mempelajari sesuatu dalam waktu singkat dibandingkan dengan yang lainnya. Nah, poin inilah yang bisa digaris bawahi ketika melihat seseorang mampu menggambar tanpa perlu berlatih. Misalnya ada seorang pelukis berbakat, artinya pelukis tersebut berada tiga langkah di depan dari mereka yang tidak punya bakat menggambar.

Akan tetapi, bukan berarti orang yang tak memiliki bakat menggambar harus pasrah begitu saja. Justru tiga langkah tersebut adalah yang paling mudah untuk dipelajari. Jika mereka yang berbakat mengambil start langsung dari langkah ketiga, maka untuk melangkah lebih jauh mungkin saja mereka akan sedikit kesulitan, sebab tidak memahami dasar-dasar yang ada di langkah pertama dan kedua.

Sebaliknya, mereka yang memulai start dari awal, tentunya akan lebih mudah untuk terus melangkah, karena sudah mempelajari dasarnya. Artinya, meskipun menggambar bisa dikatakan sebagai sebuah bakat, namun jika bakat tersebut tidak diasah, maka kemampuan yang dimiliki tidak akan mengalami peningkatan. Bahkan dalam bidang apapun, mereka yang dianggap tidak berbakat bisa melampaui orang-orang berbakat, asal memiliki keinginan yang kuat dan rajin berlatih.

Dengan demikian, maka menggambar bisa dikatakan sebagai bakat maupun hobi, tergantung dari sudut pandang setiap orang. Bagi saya pribadi, mengambar adalah sebuah hobi. Sebab saya membutuhkan proses yang lama untuk benar-benar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun, saya juga tidak menyangkal bahwa ada seseorang yang punya bakat menggambar. Bahkan saya mengenal beberapa teman yang memang sudah memiliki bakat menggambar sejak kecil.

Jadi bagaimana menurut teman-teman, apakah menggambar itu bakat atau hobi? Yuk berikan pendapatmu di kolom komentar.

  1. Klipingqu


    Keren gan artikelnya, sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan

    Best Regards
    Klipingqu.com
    https://www.klipingqu.com/?m=1

    Reply
  2. Lina Sophy

    Cocok ya bisa bakat bisa juga hobi, anak saya sejak balita emang seneng mainan pensil dan menggambar, jadi sekalian aja aku fasilitasi buku sketsa dan alat tulis dan pewarna, biar bisa berlatih motorik dia siyyy

    Reply
  3. Listiorini Ajeng Purvashti

    Bener, gambar itu bakat. Aku seneng liat gambar orang, tapi kalau disuruh gambar aku nyerah. Aku prefer nulis. Pernah sok-sok an gambar bulan sabit hasilnya kaya kacang mede :")

    Reply
  4. Tukang Jalan Jajan

    menurutku ada yang bakat ada juga ya hobi sih ya.... soalnya aku punya temen yang baru suka ngegambar setelah gede sebagai penyaluran diri. bearti bakat terpendam yes

    Reply
  5. Siti Mustiani

    Saya juga suka gambar, tapi gambar pakai cat air di kanvas. Etapi sudah lama sekali gak pernah lagi, semoga nggak lupa deh. Padahal skill kayak gini kudu dilatih ya.

    Reply
  6. Nurul Sufitri

    Anak sulungku yang perempuan gila menggambar terutama bikin sketsa. Dia mah kalau stres atau capek, pasti deh corat-coret sesuatu jadi lukisan atau apa aja yang indah2. Bakat iya, minat ada banget. Kepengen jadi arsitek atau desain interior. Doain ya om aamiin.

    Reply
  7. Diah Alsa

    ponakanku juga ada yang jago gambar nih, hobi dan bakat yang datang bersamaan kayaknya sih, karena suka baca/nonton anime, dia jadi lincah menggambar anime-anime yang dilihatnya itu.

    Reply
  8. Subhan Ihsan

    Saya menyukai aktivitas menggambar, hanya tidak dijadikan hobi secara teratur. saya melakukannya, jika ingin menggambar saja. Bagaimana modnya. Di sisi lain, saya pun sering menggambar, namun secara digital, karena tuntutan pekerjaan dari perusahaan. Jadi, bakat atau hoby. sebenarnya kita sedang menggambar kehidupan kita masing-masing loh... :)

    Reply
  9. Ika Maya Susanti

    Saya sepakat, bakat menggambar itu perlu diasah. Kejadian di anak saya banget. Dari batita udah kelihatan bakat menggambarnya. Tapi karena saya kurang support banget untuk ngikutin dia les atau melatih lewat belajar mandiri via online, saya lihat kemampuan dia di umurnya yang 7 tahun sekarang ini kok rasanya kurang sejalan progresanya.

    Reply
  10. Rahma Maryama

    Buat yang ga bisa menggambar #ngacung, mundur alon alon .. hehehee... Sepertinya menggambar bisa menjadi sangat asik dijadikan hobi, apalagi sudah ada bakat juga. Dan berujung menghasilkan uang juga.

    Reply
  11. Wiwid Nurwidayati

    Saya sepakat jika menggambar itu adalah bakat. jadi mereka sudah mempunyai imajinasi sendiri untuk menuangkan dan menjadikan sebuah gambar menjadi hidup. Jika tidak memiliki bakat, diberi pelatihan pun hasilnya tidak akan maksimal.

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)