Manga

11 Rekomendasi Manga Seru Tentang MC yang Dikhianati dan Melakukan Balas Dendam

Afif Dalma Afif Dalma
January 27, 2024
2 Comments
Home
Manga
11 Rekomendasi Manga Seru Tentang MC yang Dikhianati dan Melakukan Balas Dendam
Nidome no Yuusha wa Fukushuu no Michi wo Warai Ayumu

Para penggemar serial manga pastinya sudah tak asing lagi dengan cerita tentang MC yang dikhianati oleh orang kepercayaannya. Aksi pengkhianatan membuat si tokoh utama dibenci oleh banyak orang, bahkan seluruh dunia. 

Ada banyak sekali alasan yang membuat orang tersebut mengkhianati si MC, misalnya karena rasa iri, benci, atau untuk kepentingan mereka sendiri. Kebanyakan plot seperti ini menghadirkan cerita yang kelam dan penuh kekerasan. 

Sebab orang yang dikhianati akan merasakan sakit yang luar biasa, sehingga mendorongnya untuk melakukan aksi balas dendam. Biasanya balas dendam dilakukan dengan menggunakan metode mata dibalas mata. 

Namun, ada juga yang melakukan balas dendam secara tidak langsung, yaitu dengan cara bertambah kuat, sehingga si MC tidak lagi diremehkan oleh siapa pun.

Buat kalian yang suka genre seperti ini, berikut sebelas rekomendasi manga MC balas dendam karena dikhianati. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Tate no Yuusha no Nariagari 

Tate no Yuusha no Nariagari

Tate no Yuusha no Nariagari (The Rising of the Shield Hero) adalah judul light novel yang sangat populer hingga diadaptasi ke dalam bentuk manga, serta serial anime yang berlanjut hingga musim ketiga

Serial yang memiliki genre isekai ini menceritakan tentang MC otaku bernama Naofumi yang tiba-tiba dipanggil ke dunia lain.

Naofumi terpilih menjadi salah satu dari empat pahlawan yang ditugaskan untuk menyelamatkan kerajaan Melromac dari insiden gelombang malapetaka. 

Demi melancarkan aksinya tersebut, masing-masing pahlawan dibekali sebuah senjata suci. Namun, tak seperti ketiga pahlawan lainnya yang menggunakan pedang, tombak, serta busur, Naofumi malah mendapatkan perisai. 

Hal tersebut membuatnya dianggap lemah dan diremehkan oleh orang lain, termasuk pahlawan lainnya. Merasa dikhianati, Naofumi melakukan berbagai cara demi bertambah kuat agar bisa membalaskan dendamnya tersebut.

2. Kaifuku Jutsushi no Yarinaoshi

Kaifuku Jutsushi no Yarinaoshi

Redo of Healer adalah manga isekai yang cukup kontroversial karena banyak mengandung adegan dewasa. Meski begitu, manga ini justru mendapat adaptasi anime dan tayang pada tahun 2021 lalu.

Manga ini mengisahkan tentang seorang pahlawan bernama Keyaru yang dikhianati oleh rekan pahlawannya. Keyaru mendapatkan gelar pahlawan penyembuh karena mampu menyembuhkan berbagai macam luka terlepas dari tingkat keparahannya. 

Karena kekuatannya tersebut Keyaru diajak bergabung ke sebuah party yang beranggotakan para pahlawan. Sayangnya, ia justru menjadi target penyiksaan dan pelecehan oleh rekan party-nya selama bertahun-tahun. 

Insiden tersebut membuat Keyaru mencapai potensi penuhnya. Kemudian ia menggunakan kekuatan penuhnnya untuk kembali ke masa lalu dan membalaskan dendam kepada orang-orang yang telah melecehkannya.

3. Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou

Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou

Rekomendasi manga tentang penghkianatan berikutnya yaitu Arifureta: From Commonplace to World's Strongest. Cerita di manga Arifureta befokus pada seorang siswa culun bernama Hajime Nagumo. 

Suatu hari, Nagumo dan teman-teman sekelasnya berpindah ke dunia lain. Di dunia tersebut, mereka diperlakukan seperti seorang pahlawan. 

Setiap siswa dibekali dengan banyak kemampuan. Akan tetapi, Nagumo hanya memiliki satu skill saja. Hal tersebut membuat Nagumo diremehkan oleh teman-teamnya. Puncaknya yaitu ketika salah seorang temannya mendorong Nagumo hingga jatuh ke labirin. 

Akibatnya, Nagumo harus bertahan hidup dari ancaman makhluk-makhluk ganas yang tinggal di labirin. Merasa dikhianati, Nagumo tidak lagi mepercayai teman-temannya tersebut.

4. Seirei Gensouki

Seirei Gensouki

Seirei Gensouki (Spirit Chronicles) adalah manga yang diadaptasi dari light novel. Manga ini tak hanya memperlihatkan aksi penghkianatan saja, tetapi juga mengeksplorasi tema seperti rasisme, klasisme, hingga perbudakan.

Selain itu, Seirei Gensouki juga mendapatkan adaptasi serial anime, dan berlanjut ke musim kedua yang dijadwalkan tayang pada pertengahan tahun 2024 nanti.

Serial ini mengisahkan tentang Amawaka Haruto yang meninggal setelah mengalami kecelakaan. Sementara itu, Rio adalah seorang tunawisma yang memiliki dendam kepada seseorang yang telah membunuh ibunya.

Ingatan milik Haruto berenkarnasi ke tubuh Rio. Kemudian Rio tumbuh menjadi pemuda yang kuat dan hebat. Namun, karena latar belakang tersebut, Rio mendapat beberapa tindakan diskriminasi dari para bangsawan di sekolahnya.

Hal tersebut membuat Rio memilih untuk keluar dari sekolah tersebut. Dia berpetualang sambil mencari orang yang telah membunuh ibunya.

5. Shin no Nakama ja Nai to Yuusha no Party wo Odisarete node, Henkyou de Slow Life suru Koto ni Shimashita

Shin no Nakama ja Nai to Yuusha no Party wo Odisarete node, Henkyou de Slow Life suru Koto ni Shimashita

Selanjutnya ada manga tentang pengkhianatan yang berjudul Shin no Nakama ja Nai to Yuusha no Party wo Oidasareta node, Henkyou de Slow Life suru Koto ni Shimashita. Manga ini mendapatkan adaptasi anime yang tayang pada Desember 2021 lalu.

Bercerita tentang seorang petualang bernama Gideon yang diusir dari sebuah party pahlawan. Dia dikeluarkan oleh Ares Drowa karena dianggap lemah dan menjadi beban bagi anggota lainnya. 

Kemudian Gideon pun memutuskan untuk menjalani kehidupan baru di sebuah pedesaan. Disana ia membuka sebuah apotek dan hidup dengan damai. Demi menyembunyikan identitas aslinya, Gideon mengubah namanya menjadi Red.

6. Fukushuu o Koinegau Saikyou Yuusha wa, Yami no Chikara de Senmetsu Musou Suru

The Hero Who Seeks Revenge Shall Exterminate With Darkness

Manga yang punya judul lain The Hero Who Seeks Revenge Shall Exterminate With Darkness ini berkisah tentang seorang pahlawan bernama Raul Evans yang melakukan aksi balas dendam setelah dikhianati oleh kerajaan yang telah ia selamatkan.

Raul merupakan sosok pahlawan terkuat yang mengalahkan raja iblis. Alih-alih mendapat penghormatan, Raul dan keluarganya malah dieksekusi karena dianggap sebagai seorang pengkhianat. 

Tuduhan palsu tersebut tak lepas dari akal-akalan putri kerajaan yang bernama Victoria. Sebelum menemui ajalnya, Raul jatuh ke dalam kegelapan dan bersumpah akan membalaskan dendamnya tersebut. 

Kemudian dia pun dihidupkan kembali dengan dipenuhi kekuatan kegelapan. Tanpa berlama-lama, Raul langsung memburu orang-orang yang sudah mengkianatinya.

7. Nidome no Yuusha wa Fukushuu no Michi wo Warai Ayumu

Nidome no Yuusha wa Fukushuu no Michi wo Warai Ayumu

Manga Nidome no Yuusha diadaptasi dari seri web novel berjudul sama. Serial ini berkisah tentang Ukei Kaito, seorang pahlawan yang dipanggil dari dunia lain. 

Dia berjuang mati-matian untuk mengalahkan raja iblis dan menyelamatkan dunia. Akan tetapi, setelah memenuhi perannya tersebut, Kaito malah dikhianati oleh orang-orang yang telah ia percayai. 

Pada akhirnya dia pun tewas setelah tubuhnya dipenuhi dengan banyak tusukan pedang. Saat menjelang kematiannya, Kaito bersumpah untuk melakukan balas dendam yang paling kejam. 

Kemudian ia diberi kesempatan hidup kembali. Dan saat itulah serangkaian aksi balas dendam yang paling keji dimulai.

8. Boushoku no Berserk: Ore dake Level to Iu Gainen wo Toppa suru the Comic

Berserk of Gluttony

Rekomendasi manga sekaligus anime tentang pengkhianatan yang ceritanya tak kalah menarik yaitu Berserk of Gluttony. Diapatasi dari light novel, serial ini mengisahkan tentang seorang MC yang ditindas dan diremehkan. 

Ceritanya sendiri berfokus pada seorang penjaga gerbang bernama Fate. Sejak lahir Fate sudah diberkahi dengan skill Gluttony, yaitu kemampuan akan perasaan lapar. Dia sempat berpikir kalau kekuatannya sangat tidak berguna. 

Bakan teman-temannya pun mengejeknya karena memiliki skill yang dianggap tidak berguna. Namun suatu ketika ia mendapati bahwa Gluttony ternyata merupakan kemampuan melahap jiwa serta dapat mengambil stat dari makhluk yang telah dibunuh.

Rasa laparnya akan hilang setiap kali ia menyerap jiwa dari subjek yang dibunuh. Mengetahui fakta tersebut, Fate memutsukan untuk menjadi kuat demi membungkam orang-orang yang telah meremehkannya. 

9. Ore dake Fuguu Skill no Isekai Shoukan Hangyakuki

Ore dake Fuguu Skill no Isekai Shoukan Hangyakuki

Seri Ore dake Fuguu Skill no Isekai Shoukan Hangyakuki juga masuk ke dalam daftar manga seru tentang pengkhianatan. Manga ini baru dirilis pada awal bulan September 2022 lalu dan cukup dinikmati oleh pecinta manga.

Berkisah tentang siswa SMA bernama Yuto Nakatani yang dipanggil ke isekai bersama teman-teman sekelasnya. Masing-masing siswa tersebut memperoleh keterampilan dan dihormati sebagai pahlawan, kecuali Yuto.

Dia diremehkan oleh kekaisaran dan teman-temannya karena memiliki skill penyerapan yang dianggap tidak berguna. Padahal skill tersebut sangat hebat lantaran mampu menyerap skill orang lain sebanyak mungkin. Karena sudah terlanjur sakit hati, Yuto memilih meninggalkan teman-temannya dan malah memihak kepada raja iblis.

10. Sairin Yuusha no Fukushuu Hanashi

Sairin Yuusha no Fukushuu Hanashi

Manga Sairin Yuusha no Fukushuu Hanashi memiliki cerita yang juga tak kalah menarik. Mengisahkan tentang laki-laki bernama Amatsu yang dipanggil ke dunia lain lewat lingkaran sihir. 

Dia terpilih menjadi seorang pahlawan di daerah bernama Leytesha. Amatsu memiliki party yang beranggotakan empat orang. Setelah berhasil mengalahkan raja iblis, pahlawan Amatsu justru dikhianati dan dibunuh oleh ketiga temannya tersebut.

30 tahun kemudian Amatsu kembali dipanggil ke dunia yang sama di tempat yang sama. Karena terlanjur kecewa dia pun berniat untuk membalas dendam kepada mantan rekannya dan bergabung dengan raja iblis.

11. Hametsu no Oukoku

Hametsu no Oukoku

Serial yang punya judul lain The Kingdoms of Ruin ini baru mendapatkan adaptasi anime pada Oktober 2023 lalu. Ceritanya berfokus pada seorang anak laki-laki manusia bernama Adonis. 

Dia merupakan murid dari penyihir kuat bernama Chloe. Sayangnya ditengah peradaban yang semakin maju, serta ditemukannya sistem ekpansi gear membuat manusia mulai menolak keberadaan para penyihir.

Oleh karena itu raja kekaisaran Redia memutuskan untuk menangkap dan mengeksekusi seluruh penyihir yang ada di bumi. Kebijakan tersebut membuat Chloe harus mati secara mengenaskan di depan mata Adonis. Tragedi itu membuat Adonis berniat untuk balas dendam dengan memusnahkan seluruh umat manusia. 

Itulah daftar 11 rekomendasi manga seru tentang MC yang diknianati lalu menjadi kuat. Semua judul di atas sangat rekomended untuk dibaca karena ceritanya sangat seru dan tentunya epic.

Blog authors

Afif Dalma
Afif Dalma
I'm a fast learner individual who loves the world of technology, such as digital marketing, graphic design, blogging and programming.

2 comments

  1. Hiraeth
    Hiraeth
    December 23, 2023
    yg nomer 10 kek nya salah g sii,soalnya dri manga yg di website sma yg disini beda cerita banget walaupun judul nya sama
  2. Unknown
    Unknown
    March 01, 2023
    No 6 dan 7 g ad anime y bang
Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)