8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Cara Menonaktifkan Windows Defender pada Windows 10

December 05, 2020 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

Ketika kita hendak menginstal sebuah aplikasi pihak ketiga pada perangkat komputer, tak jarang kita disuruh untuk menonaktifkan Windows Defender terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi aplikasi tersebut. Alasannya tak lain supaya aplikasi tersebut tidak dianggap sebagai virus oleh Windows Defender, karena jika terdeteksi sebagai virus maka secara otomatis aplikasi tersebut akan dihapus dari perangkat komputer kita.

Windows Defender sendiri merupakan sebuah software antivirus bawaan Windows yang disertakan di Windows 8 dan Windows 10. Seperti halnya antivirus pada umumnya, Windows Defender dirancang untuk memproteksi komputer dari serangan berbagai macam virus. Bisa dibilang Windows Defender ini sangat sensitif dengan aplikasi atau file yang mengakses hal-hal berbau privasi, bahkan terkadang aplikasi yang notabenya biasa pun dapat dianggap berbahaya oleh Windows Defender.

Tentunya hal ini cukup mengganggu, terlebih lagi jika aplikasi yang ingin diinstal merupakan apliaksi yang sedang dibutuhkan dan penting. Perlu kamu ketahui bahwa Windows Defender ini tidak bisa kita uninstal atau hapus. Namun jangan khawatir, karena Windows Defender Firewall dapat dinonaktifkan, baik sementara maupun permanen.

Tetapi yang akan dibahas pada artikel ini yaitu cara menonaktifkan sementara Windows Defender pada Windows 10. Simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

1. Klik icon Windows, kemudian ketik dan cari Windows Defender Settings


2. Maka akan tampil halaman Windows Security, pada Protection area silahkan pilih Virus & threat protection. Apabila kamu mendapat pesan "Page not available" jangan khawatir, klik ok saja lalu lanjutkan ke langkah selanjutnya.


3. Setelah itu pada Windows Defender Security Center, pilih opsi Virus & threat protection settings. Jika pada halaman Virus & threat protection terdapat bacaan "Your Virus & Threat Protection Is Managed by Your Organization" silahkan baca artikel berikut untuk mengatasinya.


4. Setelah menu Virus & threat protection settings terbuka, matikan semua proteksi dengan cara menggeser tombol slider ke posisi Off.

  

Setelah kamu mengubah slider dari on menjadi off, maka Windows Defender sudah berhasil dinonaktifkan. Namun perlu kamu tahu, menonaktifkan proteksi Windows Defender dapat membahayakan perangkat komputermu, karena rentan diserang virus. 

Oleh karena itu, apabila kamu menonaktifkan fitur proteksi dari Windows Defender sebaiknya jangan terlalu lama, sebab sejatinya Windows Defender memang diperlukan demi menjaga dan melindungi data-data yang kita miliki. Dan untuk mengaktifkannya kembali, langkahnya sama seperti diatas, hanya saja kali ini geser tombol slider ke posisi On.

Nah, itulah artikel tentang Cara Menonaktifkan Sementara Windows Defender pada Windows 10. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

View: - Tags: Windows