6 Kemampuan Mengerikan Founding Titan - Attack on Titan

Afif Dalma
January 08, 2021
0 Comments

 

Belakangan ini serial Shingeki no Kyojin aka Attack on Titan sedang marak diperbincangkan. Selain karena manga yang akan tamat pada bulan April mendatang, season terakhir anime Attack on Titan pun berhasil mendapat respon positif hingga berhasil menggaet para penggemar baru yang belum pernah menyaksikan serial ini sebelumnya.

Cerita Attack on Titan saat ini sudah sampai dimana Eren berhasil mengaktifkan kekuatan sejati Founding Titan, yaitu mengendalikan puluhan juta Titan Kolosal (titan dinding) untuk meratakan dunia (rumbling). Alhasil banyak orang-orang tak bersalah mati terinjak oleh para Titan raksasa yang berjalan beriringan tersebut. 

Kekuatan sejati Founding Titan tidak akan aktif apabila dipegang oleh orang yang tidak memiliki darah bangsawan. Walaupun begitu mereka yang memiliki darah bangsawan juga tidak bisa seenak jidat menggunakan kekuatan dari sang Titan pendiri dikarenakan terikat sumpah Karl Fritz untuk meninggalkan perang.

Sumpah Karl Fritz sendiri bersifat mutlak, dan membuat tunduk para shifter Founding Titan yang memiliki darah bangsawan. Tentunya hal ini membuktikan bahwa Founding Titan memiliki kekuatan yang luar biasa. Lantas seperti apa sih kekuatan yang dimiliki dari jenis Titan yang satu ini? Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah.  


Mengendalikan Titan

Sebagai jenis Titan terkuat, tentunya Founding Titan memiliki kemampuan yang overpower, salah satunya yaitu dapat mengendalikan Titan (termasuk Titan dinding). Kemampuan yang disebut koordinat ini pertamakali diperlihatkan ketika Eren dan Mikasa berhadapan dengan Smiling Titan (Dina Fritz) dan Reiner. 

Saat itu Eren secara kebetulan bersentuhan dengan Smiling Titan yang sejatinya memiliki darah bangsawan, alhasil koordinat pun aktif sehingga membuat Titan-titan disekitarnya langsung menyerang target yang dikoordinatkan oleh Eren. Ketika koordinat aktif, para shifter Titan lain dapat merasakannya, walaupun begitu mereka tidak terpengaruh oleh koordinat tersebut.

Kekuatan ini kembali diaktifkan Eren di final chapter untuk menjalankan rencana rumbling, yaitu mengendalikan jutaan Colossal Titan untuk meratakan dunia. Namun kekuatannya kali ini tidak aktif secara kebetulan, tetapi memang sudah direncanakan oleh Eren dengan memanfaatkan darah bangsawan dari Zeke Yeager. 


Menciptakan Titan

Selain bisa mengendalikan Titan, Founding Titan juga memiliki kemampuan untuk mengubah subjek Ymir menjadi Titan. Kemampuan ini pernah digunakan Karl Fritz ketika menciptakan jutaan Colossal Titan untuk membangun dinding di pulau Paradis. Sayangnya sampai chapter terbaru belum ada informasi mengenai bagaimana cara shifter Founding Titan mengubah subjek Ymir menjadi Titan. Kemungkinan cara kerjanya tak jauh beda seperti yang dilakukan Zeke Yeager.

Meskipun bukan shifter Founding Titan, Zeke Yeager berhasil menguasai kemampuan ini, tetapi ia hanya mampu menciptakan Titan biasa, dengan syarat subjek Ymir telah meminum cairan tenguk miliknya dan untuk mengaktifkan kemampuan tersebut Zeke hanya perlu berteriak. Sampai saat ini masih belum diketahui apakah kemampuan tersebut murni milik Beast Titan atau karena Zeke memiliki darah bangsawan.


Manipulasi Ingatan

Kemampuan lainnya yang dimiliki oleh Founding Titan yaitu manipulasi ingatan. Untuk memastikan rakyatnya aman dari dunia luar, selain menciptakan tiga lapisan tembok raksasa, Karl Fritz juga memanipulasi ingatan rakyatnya pada saat itu untuk melupakan sejarah Eldia serta dunia. Alhasil kemampuan ini mampu membuat penduduk pulau Paradis aman dari ancaman dunia luar untuk jangka waktu yang cukup lama, hingga akhirnya tembok Maria berhasil dijebol oleh Boruto dan Sarada Bertholdt dan Reiner.

Selain Karl Fritz, Freida Reiss juga pernah menggunakan kemampuan ini untuk menghapus ingatan Historia Reiss. Freida sengaja menghapus ingatan tentang dirinya, sehingga Historia melupakan kenangan antara mereka berdua. Namun sepertinya ingatan yang hilang tersebut masih dapat diakses lewat mimpi, hal ini terbukti saat Historia sering bermimpi tentang pertemuannya dengan Freida, meskipun ia akan melupakannya lagi ketika bangun. Kemampuan manipulasi ingatan tidak berpengaruh terhadap orang yang memiliki darah Ackerman dan orang yang bukan subjek Ymir


Manipulasi Komposisi Tubuh

Founding Titan mampu mengubah atau memanipulasi komposisi tubuh dari Subjek Ymir. Kemampuan ini dibuktikan oleh rencana Euthanasia Zeke Yeager, agar subjek Ymir tidak bisa melahirkan anak lagi (mandul). Sayangnya Zeke tidak berhasil merealisasikan rencana tersebut sehingga membuat saya ragu dengan kemampuan tersebut. Namun akhirnya kemampuan ini diperlihatkan walaupun dalam skala yang lebih kecil, yaitu saat kepala Eren terpenggal ia menggunakan kemampuan ini untuk menyambungkan kembali kepalanya ke tubuhnya.

Dalam segi transformasi, Founding Titan sepertinya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibanding Colossal Titan. Tapi uniknya, Eren berhasil melakukan transformasi dengan ukuran yang jauh lebih besar dari Colossal Titan. Ada kemungkinan bahwa Eren juga menggunakan kemampuan manipulasi komposisi tubuh setelah menerima kekuatan penuh Founding Titan dari Ymir Fritz


Telepati

Tentunya dengan adanya kemampuan-kemampuan diatas dapat dibuktikan bahwa Founding Titan memiliki hak penuh atas subjek Ymir, sehingga memungkinkan shifter Founding Titan melakukan telepati kepada mereka semua. Kemampuan telepati pernah digunakan Eren saat berpidato tentang rencana rumbling yang akan dilakukannya. Ketika menggunakan kemampuan ini, terlihat bahwa semua subjek Ymir terhubung dengan sebuah jalur yang disebut Path.


Edo Tensei

Di beberapa chapter terbaru diperlihatkan bahwa Founding Titan mampu memanggil para shifter pendahulunya. Eren menggunakan kemampuan ini untuk mengalangi Armin dkk menemukan tubuh aslinya. Yah, walaupun masih belum jelas apakah ini merupakan kemampuan lain milik Founding Titan, atau hanya kemampuan menciptakan Titan seperti poin kedua. Saya sendiri cukup heran, sebab untuk menciptakan seekor Titan seharusnya ada subjek Ymir yang menjadi tumbal, sementara dalam kasus ini, para Titan tercipta dengan begitu saja tanpa melalui proses transformasi.

Namun saya rasa Eren menggunakan kekuatan koordinat untuk mengendalikan ingatan para shifter terhadulu. Hal ini dibuktikan saat Armin melihat Boruto Bertholdt tepat sebelum Colossal Titan di edo tensei oleh Eren. Selain itu Armin juga bertemu Zeke yang ternyata masih hidup di dunia Path.


Itulah 6 kemampuan mengerikan Founding Titan yang diketahui hingga saat ini. Karena Eren Yeager tidak memiliki darah bangsawan, membuatnya dapat menggunakan kekuatan Founding Titan dengan bebas karena tidak terikat dengan sumpah Karl Fritz.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)