3 Alasan Kamu Harus Menggunakan Microsoft Edge

Afif Dalma
March 22, 2021
0 Comments

Microsoft Edge berhasil menarik perhatian setelah browser besutan Microsoft tersebut mendapatkan versi terbarunya. Padahal sebelumnya banyak pengguna Windows yang buta dengan Edge, dan baru mengenalnya setelah mendapat update terbaru. Tentunya hal ini bisa dimaklumi, sebab selama bertahun-tahun Edge selalu berada dalam bayang-bayang web browser terkenal seperti Chrome, Mozilla, bahkan Internet Explore. 

Menariknya, Microsoft Edge versi baru ini dibangun dari browser Open-Source Chromium, yaitu sistem yang sama seperti Google Chrome. Oleh sebab itu di versi terbaru ini, beberapa fitur Edge memiliki kesamaan dengan Google Chrome. Namun jangan salah, nyatanya Edge memiliki beberapa fitur baru yang saat ini belum dimiliki oleh web browser ternama.

Sebelumnya Microsoft Edge maupun Internet Explore sering menjadi bulan-bulanan para pengguna Windows, sebab dari segi fitur maupun kecepatan, masih jauh dibawah browser terkenal lainnya seperti Mozilla Firefox maupun Google Chrome. Namun dengan hadirnya Microsoft Edge versi tersohor ini, tentu akan menambah rivalitas baru sebagai web browser default yang akan kamu gunakan.

Untuk kamu yang masih belum tahu fitur dan performa seperti apa yang disajikan Microsoft Edge, berikut adalah 3 alasan mengapa kamu harus menggunakan Microsoft Edge sekarang juga.


Menyediakan privasi browser yang sangat aman

Jika menggunakan Chrome, kamu harus menggunakan ekstensi untuk menambahkan lebih banyak privasi ke browser. Namun dengan Microsoft Edge, kamu tak perlu repot menginstal berbagai macam ekstensi ke dalam browser, sebab Edge menyediakan beberapa pengaturan privasi yang mungkin kamu perlukan. Terdapat tiga pengaturan yang disediakan oleh Edge, yaitu Basic, Balanced, dan Strict. Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa pergi ke Setting > Privacy, search and services.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memblokir segala hal yang dianggap berbahaya oleh Edge, yang mencakup adware dan gangguan lain yang mungkin terinstal secara tidak sengaja. Setiap browser tentunya memiliki upaya untuk memblokir unduhan berbahaya, namun Edge mengambil langkah lebih jauh untuk masalah ini. Pengaturan ini tidak diaktifkan secara default, kamu harus mengaktifkannya di Setting > Privacy, search, and services > Block potentially unwanted apps.

Sama halnya seperti Chrome yang punya mode Incognito, Edge juga punya mode InPrivate yang fungsinya sama seperti Incognito, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk tidak menyimpan segala informasi yang kita akses di internet seperti history, cache, password, dan cookies


Menambah kenyamanan saat membaca

Tak jarang kita menemukan situs web yang artikelnya sulit dibaca, entah disebabkan oleh jenis dan ukuran font ataupun hal lainya. Namun dengan menggunakan Edge, kamu tak perlu khawatir ketika mendapati permasalahan seperti ini. Edge memiliki fitur bernama Immersive Reader yang memungkinkan kamu mengatur format dalam sebuah web, seperti mengubah jenis font. ukuran font, dan warna teks. Kamu juga bisa menyoroti setiap baris dalam paragraf sehingga kamu bisa fokus dalam satu blok teks sekaligus. Fitur ini tentunya sangat membantu anak-anak yang sedang belajar membaca atau orang-orang yang mengalami diseleksia.


Sangat mudah untuk mengatur penelusuran 

Akui saja, kamu pasti memiliki belasan tab browser berbeda yang terbuka saat ini. Hal tersebut tentunya cenderung memperlambat kinerja web browser yang digunakan, bahkan memperlambat komputer milikmu. Sekarang kamu tak perlu khawatir, karena Microsoft Edge menyediakan fitur baru bernama Collections. Fitur ini bisa dibilang unik karena berbeda dengan fitur Bookmark, fitur baru dari Microsoft Edge ini mampu menyimpan teks dan gambar dari halaman web yang kamu simpan.

Selain itu Edge juga turut menghadirkan fitur sederhana lainnya, namun sangat amat berguna, yaitu vertical tabs. Fitur ini sangat ideal digunakan saat kamu sedang membuka puluhan tab. Walaupun terlihat sederhana, nyatanya fitur ini mempermudah kita mengakses tab hingga mengurutkan tab tersebut sesuai dengan topik yang kamu cari. Vertical tabs juga meminimalisir kesalahan pengguna ketika hendak menutup salah satu dari puluhan tab yang terbuka.


Penutup

Selain beberapa fitur diatas, Microsoft Edge masih memiliki fitur baru lainnya yang membuatnya unggul dari web browser lain. Tentu hal tersebut membuatmu berpikir untuk menjadikan Edge sebagai web browser utama di komputermu. Walaupun mungkin masih ada beberapa alasan yang juga membuatmu berpikir untuk tetap menggunakan browser yang biasa digunakan sebelumnya. Namun, jika kamu merasa bosan dengan web browser yang biasa kamu gunakan, maka setidaknya Microsoft Edge patut untuk dicoba. 

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)