3 Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Microsoft Edge

Afif Dalma
March 22, 2021
11 Comments

Microsoft Edge berhasil menarik perhatian setelah browser besutan Microsoft tersebut mendapat update ke versi terbaru. Padahal sebelumnya banyak pengguna Windows yang buta dengan browser yang satu ini. Tentunya hal ini bisa dimaklumi, sebab selama bertahun-tahun Edge selalu berada dalam bayang-bayang web browser terkenal seperti Chrome, Mozilla, bahkan Internet Explore. 

Menariknya, Microsoft Edge versi baru ini dibangun dari browser Open-Source Chromium, yaitu sistem yang sama seperti yang digunakan oleh Google Chrome. Oleh sebab itu, di versi terbaru ini, beberapa fitur Edge memiliki kesamaan dengan Google Chrome. Namun jangan salah, sampai artikel ini dirilis, Microsoft Edge justru punya beberapa fitur unggulan yang belum tersedia di web browser lainnya.

Sebelumnya, Microsoft Edge maupun Internet Explore sering menjadi bulan-bulanan para pengguna Windows, sebab dalam hal performa maupun fitur, keduanya masih jauh di bawah browser terkenal lainnya seperti Mozilla Firefox maupun Google Chrome. Namun dengan hadirnya Microsoft Edge versi tersohor ini, tentu akan menambah rivalitas baru sebagai web browser default yang harus kamu gunakan.

Untuk kamu yang masih belum tahu fitur dan performa seperti apa yang disajikan Microsoft Edge, berikut adalah 3 alasan mengapa kamu harus menggunakan Microsoft Edge sekarang juga.

1. Menyediakan privasi browser yang sangat aman

Jika menggunakan Chrome, kamu harus menggunakan ekstensi untuk menambahkan lebih banyak privasi ke browser. Akan tetapi, dengan Microsoft Edge, kamu tak perlu repot menginstal berbagai macam ekstensi ke dalam browser. Hal ini dikarenakan Edge sudah menyediakan beberapa pengaturan privasi yang mungkin saja diperlukan. Terdapat tiga pengaturan yang disediakan yaitu, Basic, Balanced, dan Strict. Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa pergi ke Setting > Privacy, search and services.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memblokir segala hal yang dianggap berbahaya oleh Edge, yang mencakup adware dan gangguan lain yang mungkin terinstal secara tidak sengaja. Setiap browser tentunya memiliki upaya untuk memblokir unduhan berbahaya, namun Edge mengambil langkah lebih jauh untuk masalah ini. Pengaturan ini tidak diaktifkan secara default, kamu harus mengaktifkannya di Setting > Privacy, search, and services > Block potentially unwanted apps.

Sama halnya seperti Chrome yang punya mode Incognito, Edge juga punya mode InPrivate yang fungsinya sama seperti Incognito, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk tidak menyimpan segala informasi yang kita akses di internet seperti history, cache, password, dan cookies. Dengan adanya fitur ini, kamu menjadi lebih nyaman ketika ingin browsing hal yang sifatnya privasi, tanpa harus meninggalkan jejak. 

2. Menambah kenyamanan saat membaca

Saat berkunjung ke sebuah halaman website atau blog, tak jarang kita menemukan tampilan situs yang aneh sehingga membuat artikelnya jadi sulit dibaca. Biasanya hal tersebut disebabkan karena jenis font yang dipakai, ataupun karena ukuran font yang memang terlalu kecil. Permasalahan ini memang terlihat sepele, namun sangat menganggu kenyamanan kita sebagai pembaca.

Nah, dengan menggunakan Edge, kamu tak perlu khawatir ketika mendapati permasalahan seperti ini. Edge memiliki fitur bernama Immersive Reader yang memungkinkan kamu untuk mengatur format dalam sebuah web, seperti mengubah jenis font, ukuran font, dan warna teks. Kamu juga bisa menyoroti setiap baris dalam paragraf sehingga kamu bisa fokus dalam satu blok teks sekaligus. Fitur ini tentunya sangat membantu, terutama bagi anak-anak yang sedang belajar membaca atau orang-orang yang mengalami diseleksia.

3. Sangat mudah untuk mengatur penelusuran 

Akui saja, saat ini kamu pasti memiliki belasan tab browser berbeda yang sedang terbuka. Perlu diketahui bahwa hal tersebut cenderung dapat memperlambat kinerja web browser, parahnya lagi, bisa-bisa komputer yang kamu gunakan malah menjadi lola. Untungnya Microsoft Edge kini telah menghadirkan fitur baru bernama Collections. Fitur ini bisa dibilang mirip dengan fitur Bookmark, tetapi lebih kompleks. Dengan fitur ini, kamu bisa menyimpan teks maupun gambar dari halaman web yang kamu simpan.

Selain itu, Edge juga turut menghadirkan fitur sederhana lainnya, namun sangat amat berguna, yaitu vertical tabs. Fitur ini sangat ideal digunakan ketika kamu sedang membuka puluhan tab. Pasalnya fitur ini memungkinkan kita untuk mengelola semua tab yang sedang terbuka, serta mengurutkan tab tersebut sesuai dengan topik yang sedang dicari. Vertical tabs juga meminimalisir kesalahan pengguna ketika hendak menutup salah satu dari puluhan tab tersebut.

Penutup

Selain beberapa fitur diatas, Microsoft Edge masih punya fitur-fitur baru lainnya yang membuatnya unggul dari web browser lain. Tentu hal ini dapat membuatmu berpikir untuk menjadikan Edge sebagai web browser utama di komputermu. Walaupun mungkin masih ada beberapa alasan yang juga membuatmu berpikir untuk tetap menggunakan browser yang kamu gunakan saat ini, tetapi jika kamu merasa bosan dengan web browser tersebut, maka setidaknya Microsoft Edge sangat direkomendasikan untuk digunakan. 

  1. Arni

    Wah boleh dicoba nih microsoft edge
    Jujur aja aku baru pertamakali dengar namanya di sini
    Tapi kalau ternyata memang bagus tak ada salahnya untuk dicoba

    Reply
  2. Deny Ir

    wah, baru tahu ternyata m.edge privasinya lebih diperhatikan ya. padahal biasanya buka edge hanya utk file-file pdf dan sejenisnya, hi

    Reply
  3. Siti Mustiani

    Ternyata banyak fitur2 yang baru saya tau setelah baca artikel ini. Yaampun kemana aja saya selama ini 🙈🙈🙈

    Reply
  4. Dian Restu Agustina

    Ya ampun aku ketinggalan, ternyata Microsoft Edge punya fitur-fitur baru ya yang bikin lebih unggul dari web browser lainnya. baiklah, ku ulik nanti apa saja..penasaran kau setelah baca artikel yang informatif ini. Terima kasih sudah berbagi:)

    Reply
  5. Tukang Jalan Jajan

    Asik juga ya kalau beneran digunakan buat aktifitas dunia maya hari hari, mungkin perlu dibiasakan dulu ya make nya soalnya banyak gunanya dan manfaatnya

    Reply
  6. Priyo Harjiyono

    Nah bicara soal resource gimana nih mas? Mengingat chrome kan terkenal sebagai ram killer, kira2 di edge ada opsi untuk menghemat ram g y?

    Reply
  7. Uniek Kaswarganti

    Waah iyaa... saya sama sekali belum pernah menggunakan Edge nih, padahal banyak kelebihannya yaa.. selama ini taunya ya Mozila dan Chrome aja. Mau pelajari aahh..

    Reply
  8. Elisa

    Sejauh ini pakai Microsoft Edge cuma buat browsing saja, jadi belum paham tentang fitur lebih lanjut.. Sekarang tau deh keunggulam Microsoft Edge dibanding browser yang lain. Makasih sharing nya, Mas.

    Reply
  9. audri

    Aku sering banget pake EDGE dari microsoft, soalnya cepet banget kalau browsing-an dan juga buat memantau index di bing selain google. Alternatif kalau chrome error..

    Reply
  10. Rahmah 'Suka Nulis' Chemist

    Selama ini juga disarankan pakai ini. Saya masih maju mundur karena laptopnya
    Makanya sangat berharap bisa segera bisa sekalian laptop baru juga biar dobel nyamannya

    Reply
  11. Finaira Kara

    Pakai juga sih si Microsoft Edge ini, entah sejak kapan lupa. Karena langsung instalasi bareng windows-nya atau bawaan laptopnya. Lumayan hemat ruang juga dibanding chrome, sejauh ini

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)