Setelah membahas tentang pengertian PS3 HAN dan HEN, kali ini kita kan membahas mengenai istilah umum yang sering dijumpai pada PlayStation 3, yaitu OFW dan CFW. Istilah ini seringkali kita jumpai, khususnya ketika sedang browsing harga PlayStation 3 di online shop. Kita dapat dengan mudah mengetahui apakah PS3 tersebut OFW atau CFW karena si penjual akan mencantumkan istilah tersebut di judul maupun deskripsi PS3 yang ia jual.

Tentunya istilah ini sangat membingungkan bagi yang masih awam dengan konsol PlayStation, sehingga pilihannya jatuh kepada harga yang menurutnya lebih murah, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, untuk teman-teman yang ingin membeli PS3, wajib mengetahui istilah-istilah agar tidak menyesal di kemudian hari.

Sebenarnya membeli PS3 OFW atau CFW juga tidak ada pengaruhnya, baik untu saat ini maupun kedepannya, karena pada dasarnya PlayStation 3 sudah tidak diawasi lagi oleh pihak Sony. Walaupun begitu, teman-teman tetap wajib mengetahui perbedaannya, karena PlayStation 4 pun memiliki CFW dan OFW, bahkan tak menutup kemungkinan akan muncul CFW untuk PlayStation 5 kedepannya. 


Apa itu Firmware pada PS3?

Sebelum membahas tentang OFW dan CFW, teman-teman wajib paham terlebih dahulu tentang apa itu Firmware, sebab Firmware menjadi komponen penting agar PS3 dapat beroperasi dengan baik. Lantas apa itu Firmware? Yaitu set intruksi perangkat lunak (software) yang sudah diprogram pada perangkat keras (hardware) dan berfungsi untuk mengontrol perangkat keras tersebut, atau lebih simpelnya Frimware merupakan penghubung antara mesin dengan manusia.

Maka jangan heran jika seringkali muncul notifikasi untuk update Firmware walaupun hanya selang beberapa hari dari update paling baru, hal tersebut bertujuan supaya perangkat yang digunakan dapat bekerja lebih efisien dari sebelumnya. Tentunya Firmware yang saya jelaskan ini adalah yang official, alias asli dari produsennya. Nah nantinya ini akan berkaitan dengan pengertian CFW dan OFW pada PS3 yang akan dijelaskan dibawah.


Apa itu PS3 OFW

OFW atau Original (Official) Firmware adalah perangkat PS3 asli dari pihak Sony, baik software maupun hardware masih original alias belum diotak-atik oleh pihak ketiga. Sebagai perangkat original, tentunya banyak kelebihan yang kita dapatkan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Misalnya, berhak mengklaim garansi resmi dari Sony apabila terjadi kerusakan pada PS3 yang kita miliki, ini berlaku juga untuk PS4 OFW. Termasuk dalam hal pembaruan, Firmware OFW mendapat update secara otomatis tiap kali pihak produsen mengeluarkan versi Firmware terbaru.

Sayangnya PS3 OFW hanya bisa menjalankan game-game original, yang artinya kita harus membeli game yang ingin kita instal dan mainkan di perangkat PS3. Hal ini menjadi alasan kenapa PS3 OFW sangat dihindari, bayangkan saja harga game yang paling murah saja seharga seratus ribu per kaset, bisa dibawah itu kalau kita beruntung. walaupun begitu semua  Namun dengan game original, kita berhak menikmati semua fitur game tanpa terkecuali, termasuk fitur online.


Apa itu CFW?

Sedangkan CFW atau Custom Firmware adalah perangkat PS3 yang sudah dicustom atau dimodifikasi (jailbreak). Tentunya karena sudah dimodifikasi, membuat PS3 CFW rentan rusak yang disebabkan oleh barbagai macam faktor. Namun itu tergantung bagaimana cara kita merawatnya, saya sendiri menggunakan PS3 CFW sudah hampir 3 tahun dan tidak menemukan kendala yang serius. Untuk hal pembaruan perangkat, kita harus mengeluarkan sedikit tenaga karena updatenya tidak otomatis seperti OFW dan prosedur updatenya pun jauh berbeda.

PS3 CFW biasanya menjadi pilihan utama untuk para pengusaha rental PlayStation, sebab CFW memungkinkan kita untuk bermain game non-original alias bajakan, yang sudah tersimpan di hardisk internal maupun eksternal. Tak cuma itu, kita juga bisa menikmati fitur online layaknya OFW dengan sedikit polesan (tidak disarankan untuk PS4 CFW). Yang jelas PS3 CFW sangat direkomendasikan untuk teman-teman yang ingin mencoba berbagai game di PS3 namun tak mau keluar uang banyak.


Sebenarnya masih ada istilah lain dalam PS3, seperti HFW, ODE, dan Refubish. Namun diantara semuanya hanya OFW dan CFW yang paling umum dijual dipasaran. Dengan membaca artikel ini saya harap teman-teman sudah sedikit paham perbedaan diantara keduanya, sehingga nantinya tidak salah pilih.

Jadi kesimpulannya, pilihlah PS3 yang sesuai dengan kebutuhan teman-teman, dan apabila lebih memilih OFW pastikan terlebih dahulu bahwa budget yang dimiliki cukup untuk kedepannya, hal ini berlaku untuk kalian yang ingin membeli PS4 dan PS5. Namun, jika sudah terlanjur membeli PS3 OFW jangan khawatir, karena kita bisa menjailbreak Firmware OFW menjadi HFW (Hybrid Firmware) supaya bisa menginstall game-game bajakan.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)