Apa itu PS3 HAN dan HEN?

PlayStation 3 atau sering disingkat PS3 merupakan konsol game besutan Sony yang pertama kali dirilis pada tahun 2006 silam. Pada masanya, PS3 dapat dikatakan sebagai konsol game yang paling modern karena dapat menyajikan tampilan grafis yang wow jika dimainkan di tv dengan resolusi Full HD.

Tak hanya itu, media penyimpanan yang digunakan PS3 juga tergolong baru (pada saat itu) yaitu menggunakan Blu-Ray. Konsol ini juga sangat laris dipasaran setelah PlayStation 2 (PS2). Namun sayangnya Sony memberhentikan produksi konsol PS3 di tahun 2017, karena mereka fokus ke PlayStation 4 (PS4) yang lagi gila-gilanya hingga saat ini.

Dengan behentinya produksi konsol PS3 otomatis konsol ini tidak lagi mendapat update terbaru, baik game maupun firmware. Sehingga dengan sistem keamanan yang semakin melemah, kesempatan ini dimanfaatkan bagi para peretas untuk dapat menembus sistem keaman PS3 lebih dalam lagi. Untuk apa? Tentu supaya si PS3 bisa memainkan game secara gratis serta dapat menginstall aplikasi-aplikasi pendukung lainnya.

Sebenarnya Jailbreak pada PS3 ini sudah ada semenjak awal perilisannya, hanya saja saat itu Sony masih memantau para pengguna bajakan ini sehingga jarang sekali orang mau menjailbreak konsol mereka karena takut terkena saksi dari pihak Sony. Belum lagi pada saat itu untuk menjailbreak PS3 caranya cukup rumit, tidak semudah saat ini.

Adapun saat ini metode jailbreak pada Playstation 3 yang paling sering digunakan oleh kebanyakan pengguna yaitu dengan menggunakan metode HAN dan HEN. Lantas apa sih pengertian masing-masing dari kedua metode ini? Simak penjelasan berikut.

Apa itu HAN?


HAN atau etHANol merupakan metode jailbreak pada PS3 yang dikembangkan oleh PS3Xploit. Metode ini sudah dikenal cukup lama, yaitu sejak rilisnya Original Firmware (OFW) 4.82, namun sempat diblokir setelah rilis OFW 4.83, namun bisa digunakan lagi setelah OFW 4.84 dirilis. 

Metode jailbreak HAN sendiri berfungsi untuk memunculkan menu Install Package pada XMB PS3. Dengan adanya menu Install Package ini, pengguna dapat menginstall file dengan format PKG kedalam PS3 menggunakan Flashdisk ataupun Hardisk Eksternal.Sehingga para pengguna yang biasanya mengisi game PS3 secara paketan melalui metode inject CFW, dengan HAN pengguna bisa isi game satuan (wajib format PKG).  

Untuk memasang PS3 HAN terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu bermodalkan Flashdisk dan koneksi internet saja. Namun, apabila kamu masih ragu dan bingung untuk melakukan installasi HAN, kamu bisa menggunakan jasa di toko game terdekat. Tetapi biayanya terbilang cukup mahal, padahal ukuran file yang dibutuhkan hanya 6 MB saja.

Apa itu HEN?


Sementara HEN atau Homebrew Enabler merupakan metode jailbreak yang awalnya hanya dikenal oleh pengguna PS4 saja. Tetapi setelah munculnya Hybird Han Firmware (HFW) 4.84, barulah HEN dapat digunakan di konsol PS3.

Berbeda dengan HAN yang hanya bisa menginstall file dengan format PKG saja, fitur PS3 HEN terbilang sangat lengkap (mendekati PS3 CFW) seperti mendukung game folder serta menjalankan file dengan format ISO, PS3 HEN juga tetap bisa menginstall file PKG sehingga pengguna bisa menginstall aplikasi pendukung seperti Irisman dan Multiman.

PS3 HEN ditandai dengan muncul logo telur bertuliskan HEN di sebelah kanan layar ketika PS3 baru dihidupkan, serta PS3 HEN memiliki menu Enable HEN di XMB. Untuk dapat menginstall HEN, pengguna diharuskan untuk memasang HAN terlebih dahulu. Namun pada OFW 4.85 pengguna bisa langsung menginstall HEN tanpa harus memasang HAN terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa untuk menginstall PS3 HEN ini terbilang cukup rumit bagi yang masih awam, karena setiap Firmware memiliki cara yang berbeda satu dengan lainnya. Tetapi bahan eksekusinya sama seperti saat install HAN, kamu hanya perlu Flashdisk dan koneksi internet saja.


Tetapi kalau dilihat secara umum, baik HAN, HEN, maupun CFW terbilang sama saja. Toh sama-sama dioprek, dan sama-sama bisa main game gratis tanpa harus beli BD nya. Kamu juga harus tau perbedaan antara PS3 OFW dan CFW, simak artikel berikut.
  1. herigrosir.

    sebetulnya bukan hacker , tapi kebaikan sonny sendiri , emang prusaan sonny aga sedikit bijak , jika sudah di anggap expire maka akan di berikan atau di gratiskan , macem toturial di atas , karna dia harus juga usahaya itu maju fans2nya sony agar berpindah maka harus mencoba ps sebelumnya , tentunya dengan gratis , apa dasarnya ??

    Dulu PS2, bisa dimainkan baik di os window , atau os androit , hanya saja terbatas karna bios game itu bukan hasil hack , tapi hasil pemberian , adapun bermacam2 emulator , tampa bios game dari sonny tetep saja gamenya ga akan semurna , karna inget koki dapur masak , lebih hebat dari pada memodifikasi makanan

    sebetulnya prusaan sonny ingin beramal dengan cara menggeratiskan biosnya , tapi dia akan belihat klo dia beramat di os windo , tentu prusaan window sendiri ga gratis karna bukan os opensource , ya di indonesia os window bajakan itu dinegara lain os window itu ga gratis , PT sonny melihat ah buat apa q kasih gratis , sedang os windo juga ga gratis

    kesini2 ada yg cocok dengan niat amal atau kebaikan sonny yaitu dengan cara bios game ps2 kebawah di berikan utuh sempurna di os androit dengan os Batocera

    anda bisa bermain ps2 dan ps1 dengn lancar sempurna karna bios game itu di berikan untuh ke os batocera, itu salah satu bukan hack , tapi pemberian

    agar fans2 game ps agar tidak sama sekali tidak merasakan bermain game karna alasan ekonomi

    demikian argument saya , semoga infonya bermanfaat

    Reply
    1. HardySHARE

      mantap banget sharingnya, makasih bro jadi nambah wawasan baru

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)