Cara Unbind Akun Supercell ID Clash of Clans Terbaru

Afif Dalma
August 02, 2021
0 Comments

supercell id

Menurut saya Clash of Clans atau akrab disapa COC merupakan game strategi mobile terbaik yang kepopulerannya tidak padam sedikitpun sampai saat ini. Kamu bayangkan saja, game ini pertamakali dirilis pada tahun 2012 silam, namun sampai hari ini para pemainnya masih banyak yang aktif. Tak cuma itu, Supercell selaku pengembang game COC sendiri masih gencar mengadakan berbagai macam turnamen.

Apalagi game ini masih terus mendapatkan update fitur menarik yang membuat para Clasher (sebutan pemain COC) gak pernah bosan. Untuk keamanan in-gamenya sendiri, Supercell menambahkan fitur kaitkan akun via Supercell ID demi memperketat keamanan akun serta meminimalisir pencurian akun dari pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Walau begitu, banyak Clasher yang sudah mengaitkan akunnya menggunakan Supercell ID, namun pada akhirnya mereka mau tak mau harus mengunbind atau menghapus kaitan akun COC-nya dari Supercell ID. Alasannya sendiri bermacam-macam, karena ingin mengganti alamat email, lupa kata sandi email, ingin kembali ke Google Play, dan beragam alasan lainnya.

Sebagian orang pasti bingung saat ingin melakukan unbind akun Supercell ID mereka, sebab pihak developer tidak menampilkan fitur unbind secara kasat mata. Alhasil beberapa Clasher merasa frustasi karena hal ini. Padahal untuk unbind akun Supercell ID sangat mudah. Kalau kamu belum tahu, simak selengkapnya dibawah.


Apa itu Supercell ID?

Dilansir dari laman supercellsupport.com, Supercell ID merupakan layanan yang membantu mengamankan akun game milik player. Selain COC, beberapa game yang bisa kamu kaitkan dengan layanan ini misalnya, Hay DayBoom BeachClash Royale, dan Brawl Stars. Ada baiknya kamu mengaitkan semua akun game milikmu tersebut supaya tetap aman. 

Untuk mendaftar atau membuat Supercell ID caranya pun sangat mudah, dan gak perlu menggunakan kata sandi. Namun setiap kali login, kamu harus memasukkan kode verifikasi yang dikirim oleh pihak Supercell. Dengan begitu kamu gak perlu report mengingat kata sandi, namun tetap saja pastikan alamat emailmu selalu aktif.

Selain mengamankan akun, layanan SuperCell ID mempermudah para pemain ketika ingin memainkan multi akun (lebih dari satu akun dalam satu device). Kamu cukup mencentang kotak "ingat saya di perangkat ini" dan kemudian beralih ke akun lain. Layanan ini juga memiliki fitur chat dan tambah teman. 


Cara unbind akun Supercell ID terbaru

1. Pertama-tama login terlebih dahulu ke dalam game Clash of Clans.

2. Masuk ke menu Setting, kemudian pilih Help and Support.

3. Setelah itu pilih Account Supercell ID > Recover your Supercell ID.

4. Scroll kebagian bawah, lalu klik Contact Us, kemudian pilih Message Us.

5. Maka kamu akan diarahkan ke kolom chat dengan pihak Supercell.

6. Kamu akan diberikan pilihan dikolom chat, jika bingung ikuti urutan ini. Pilih Supercell ID > kemudian Opt-Out Supercell ID > lalu pilih Disconnect This Account

7. Setelah itu pihak Supercell akan menanyakan alasanmu memutuskan akun, kamu bisa jawab seperti ini "saya ingin memutuskan Supercell ID dari desa saya karena saya kesulitan dengan Supercell ID. Saya harap anda segera membantu memutuskannya. Terimakasih Supercell."


8. Jika mendapat balasan seperti gambar diatas, berarti akunmu berhasil di Unbid.

9. Restart game Clash of Clans, kemudian login tanpa menggunakan Supercell ID.

10. Selesai


Bagaimana mudah kan? Semoga artikel ini membantu teman-teman Clasher yang ingin melakukan unbind akun Supercell ID Clash of Clans. Apabila ada pertanyaan lainnya terkait game COC, kamu bisa tanyakan lewat kolom komentar ya.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)