7 Tempat Pemandian Air Panas di Lampung untuk Relaksasi

Afif Dalma
September 01, 2021
2 Comments

Selain travelling, pergi ke tempat pemandian air panas ternyata bisa menjadi solusi untuk relaksasi tubuh dan pikiran. Selain itu, berendam di air panas juga memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Jadi gak heran kalau ada banyak sekali orang, khususnya kaum lelaki yang lebih memilih pergi ke pemandian air panas untuk liburan atau sekedar bersantai.

Seperti halnya di Lampung, selain terdapat banyak tempat wisata alam, di Provinsi yang berjuluk Sang Bumi Ruwa Jurai ini juga terdapat beberapa tempat pemandian air panas yang bisa kamu temui dan kunjungi. Di artikel kali ini saya akan memberikan 7 tempat wisata pemandian air panas di Lampung untuk relaksasi tubuh yang bisa kamu kunjungi. simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pemandian Air Panas Way Panas Bumi Natar

Tempat pemandian air panas yang pertama terletak di jalan Lintas Sumatera, Batu Puru, Desa Merak Batin. Lokasi pemandian ini bisa dibilang strategis, sebab hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Bandar Lampung. Fasilitasnya juga terbilang lengkap, dengan tiga buah kolam berendam, beberapa kamar kecil untuk bilas dan ganti baju, serta penginapan untuk pengujung yang ingin menikmati berendam air panas di malam hari.

2. Pemandian Air Panas Cisarua Natar

Berikutnya ada pemandian air panas Cisarua yang terletak di kampung Cisarua, Desa Muara Putih, Natar. Meskipun sama-sama terletak di daerah Natar, pemadian air panas ini berbeda dengan di Way Panas Bumi. Disini pengujung gak bisa berendam di kolam, melainkan harus menimba sendiri air panasnya dari kolam kecil. Sayangnya lokasi air panas ini belum terjangkau Google Maps, namun gak perlu khawatir, karena terdapat penunjuk arah yang akan menuntunmu ke lokasi pemandian Cisarua.

3. Pemandian Air Panas Way Urang

Selanjutnya ada pemandian air panas Way Urang yang beralamat di desa Way Urang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Meskipun masih menggunakan kolam alami, namun tempat wisata air panas ini selalu ramai pengunjung. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab kamu akan mendapati air kolam yang sangat jernih. Belum lagi adanya gazebo membuat pengunjung betah berlama-lama disini. 

4. Pemandian Air Panas Way Belerang

Geser ke daerah Kalianda, kamu bakal menemukan tempat pemandian air panas Way Belerang. Pemandian yang terletak di daerah Kalianda ini menjadi favorit bagi masyarakat Lampung. Yang paling unik dari Way Belerang yaitu tempatnya berada di kaki gunung Raja Basa, dengan air panasnya yang berasal dari air belerang dan keluar langsung dari bawah kolam. Selain tempat pemandian, disini juga tersedia wahana bermain untuk anak-anak, gazebo, serta fasilitas penunjang lainnya.

5. Pemandian Air Panas Jukuh Batu

Sementara di Kabupaten Way Kanan, terdapat pemandian air panas yang bernama Jukuh Batu. Seperti namanya, pemandian ini terletak di kampung Jukuh Batu, Kecamatan Banjit, Way Kanan. Tempat pemandian air panas yang satu ini menjadi solusi buat kamu yang ingin bersantai sekaligus menikmati pemandangan alam pedesaan, karena kamu akan berendam di sebuah kolam terbuka. Untuk masalah fasilitas nggak perlu ditanyakan lagi, pengunjung dapat menemukan kamar kecil untuk bilas, gazebo, serta spot untuk berfoto. 

6. Pemandian Air Panas Ulu Belu

Selanjutnya ada pemandian air panas Ulu Belu yang terletak di Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus. Kalau kamu sedang mencari tempat pemandian air panas yang memiliki kandungan belerang, Ulu Belu menjadi tempat yang tepat. Selain mendapat manfaat dari air belerang, pengunjung juga bisa menikmati berendam air panas di alam bebas. Sayangnya tempat wisata air panas ini masih sepi pengunjung, jadi usahakan untuk membawa setidaknya enam orang atau lebih.

7. Pemandian Air Panas Danau Ranau

Di Kabupaten Lampung Barat, tepatnya  juga terdapat tempat wisata air panas yang selalu ramai pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Sembari berendam di pemandian air panas, pengunjung dapat menikmati keindahan danau Ranau. Untuk fasilitasnya sendiri terbilang lengkap, mulai dari toilet hingga kamar ganti bisa kamu temukan disini. 


Nah itulah 7 tempat wisata pemandian air panas yang ada di Lampung untuk relaksasi. Pemandian air panas menjadi alternatif destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga dan teman-teman di hari libur.  

  1. Tika

    Eh beneran baru tau di Lampung ternyata banyak banget tempat pemandian air panas.... selama ini tuh agenda ke Lampung pasti ke pantai seharian sampe puas baru hari selanjutnya puas2in di kota. Soalnya kan lumayan jauh ya dari pantai ke kota. Bisa banget nih buat destinasi baru pas ke Lampung biar gak itu-itu aja. Makasih infonya!

    Reply
    1. Afif Dalma

      ada dong mba.. tapi ya pemandiannya masih belum kayak di jepang-jepang gitu hehe

      Delete

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)