5 Cara Sasuke Bangkitkan Kembali Mata Rinnegan!

Afif Dalma
October 16, 2021
0 Comments

Pertarungan Boruto dkk melawan Ishiki di episode terbaru serial Boruto: Naruto Next Generation turut menyisahkan luka mendalam bagi dua dewa shinobi. Pasalnya dalam pertarungan maut tersebut, Naruto dan Sasuke harus kehilangan kekuatan andalannya masing-masing.

Demi mengalahkan Ishiki, Naruto harus merelakan Kurama (Kyubi) setelah menggunakan mode Baryon yang merupakan senjata terakhir mereka. Sementara Sasuke harus rela kehilangan Tomoe Rinnegan setelah mata kanannya tersebut ditusuk kunai oleh Boruto yang sedang kesurupan Momoshiki.

Tentunya situasi tersebut membuat para penggemar bertanya-tanya tentang nasib NaruSasu kedepannya. Sementara di organisasi Kara masih menyisihkan musuh kuat lainnya seperti Code, Eida dan Daemon. Code pertama kali muncul pada episode 157, sementara kekuatannya baru diperlihatkan pada chapter 60. 

Sama halnya seperti anggota Kara lainnya, tubuh Code juga telah dimodifikasi oleh Amado. Hal tersebut membuatnya memiliki kemampuan unik, yaitu teleportasi. Cara kerjanya mirip seperti Hiraishin no Jutsu milik Hokage keempat, dimana Code harus meninggalkan tanda pada objek yang ingin dijadikan tempat teleportasi. 

Walau begitu keduanya memiliki sebuah perbedaan. Hiraishin no Jutsu benar-benar menteleportasi tubuh penggunanya secara langsung, sementara kemampuan Code tidak melakukan teleportasi secara langsung, melainkan dengan membuka sebuah portal. Code dapat dengan bebas melewati portal tersebut.

Jika kita perhatikan secara seksama, tentunya shinobi yang cocok melawan kekuatan Code adalah Uchiha Sasuke dengan menggunakan Amenotejikara. Selain itu kemampuan Rinnegan miliknya memang diperlukan demi menjaga kedamaian desa Konoha. Sayangnya sampai chapter terbaru ini, masih belum ada jawaban terkait nasib mata Rinnegan milik Sasuke. Namun jika mengacu pada sebuah teori, setidaknya ada 5 cara agar Sasuke dapat membangkitkan kembali Rinnegan miliknya, berikut ulasannya;  

1. Melakukan Transplantasi Mata

Melakukan transplantasi mata memang bukanlah suatu hal yang aneh lagi, khususnya bagi anggota klan Uchiha. Sebelumnya Sasuke sendiri pernah melakukan transplantasi mata (Itachi) yang membuatnya mampu membangkitkan Eternal Mangekyou Sharingan. Jauh sebelum itu, Madara juga pernah melakukan hal serupa dengan mengambil mata Izuna yang merupakan adik kandungnya sendiri.

Seiring berkembangnya cerita, diketahui bahwa selain Sharingan, Rinnegan juga dapat ditransplantasikan ke mata seseorang. Tentunya ini bisa menjadi salah satu opsi untuk mengembalikan Rinnegan Sasuke yang hilang saat ini. Namun jika cara ini dilakukan, yang menjadi pertanyaannya apakah mata Sasuke tetap menjadi Tomoe Rinnegan atau justru Rinnegan biasa.

2. Dengan Bantuan Orochimaru

Orochimaru pernah menjadi guru sekaligus musuh Sasuke di masa lalu. Meskipun keduanya tidak diperlihatkan memiliki hubungan yang baik, namun nyatanya mereka memiliki chemistry yang cukup unik. Hal ini dikarenakan Orochimaru sangat terobsesi dengan Sasuke, disisi lain Sasuke juga sering kali meminta bantuan Orochimaru.

Bukan hal aneh lagi apabila nantinya Sasuke meminta bantuan Orochimaru untuk mengembalikan Rinnegan miliknya. Walaupun kemungkinannya sangat kecil mengingat kisah masa lalu mereka berdua, namun dengan adanya ancaman dari anggota Kara yang tersisa, tentunya Sasuke lebih mengutamakan keselamatan Konoha dibandingkan masalah pribadinya.

3. Dengan Bantuan Amado

Sepertinya orang yang paling realistis untuk membantu Sasuke di situasi ini adalah Amado yang merupakan mantan ilmuwan Kara. Sebagai seorang ilmuwan, kemampuannya tidak bisa diremehkan, karena dia mampu membuat Doujutsu. Amado menciptakan mata khusus pada Delta yang mampu menyerap dan melepaskan Ninjutsu.

Tentunya dengan bantuan teknologi Konoha, Amado berpotensi untuk menciptakan Doujutsu yang bagus untuk Sasuke. Atau setidaknya dia mampu mengembalikan Rinnegan milik Sasuke dengan memanfaatkan data-data yang terdapat disana.

4. Beregenerasi Berkat Chakra Rikudou Sennin

Selama di seri Boruto, kemampuan bertarung Sasuke kian menurun. Ia lebih sering menggunakan Amenotejikara dibandingkan kekuatan Rikudou lainnya. Namun setelah dia kehilangan mata Rinnegan, ekistensi chakra Rikudou yang telah diwariskan kepadanya patut dipertanyakan. Apakah kekuatan tersebut ikut lenyap atau tidak.

Terlepas dari itu, Tomoe Rinnegan milik Sasuke merupakan mata khusus, karena hanya satu bola mata dan kebangkitannya tidak dilakukan secara normal. Andai kata Sasuke masih memiliki chakra Rikudou, bukan hal yang mustahil apabila Rinnegannya mampu beregenerasi kembali, walaupun sepertinya butuh waktu yang cukup lama.   

5. Menggunakan Sel Hashirama

Rinnegan merupakan Doujutsu terkuat diatas Sharingan dan Byakugan. Kekuatan dari mata ini dikatakan hampir mendekati sempurna. Hagoromo Otsutsuki (Rikudou Sennin) adalah orang yang membangkitkan sekaligus pemilik asli mata Rinnegan. Dikatakan pemilik asli karena Rinnegan tidak bisa diwariskan seperti halnya Doujutsu lainnya.

Untuk bisa membangkitkan mata Rinnegan, seseorang harus memiliki DNA Senju dan Uchiha. Fakta bahwa Madara berhasil membangkitkan Rinnegan dengan memanfaatkan sel Hashirama Senju, menjadi sebuah solusi untuk Sasuke apabila dia ingin membangkitkan Rinnegan secara normal. Namun kemungkinan ini sangat amat kecil, sebab sedari awal Sasuke sudah menegaskan untuk tidak menggunakan sel Hashirama. Tapi namanya keadaan, siapa yang tahu.


Nah itulah dia 5 cara agar Sasuke dapat membangitkan kembali Rinnegan miliknya. Kira-kira dari kelima cara diatas, mana nih yang paling masuk akal dan mungkin terjadi? Yuk berikan pendapatmu di kolom komentar.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)