Tanpa Gadget Aktivitas Jadi Macet, 4 Manfaat Gadget yang Perlu Diketahui

Afif Dalma
November 03, 2021
22 Comments
lomba blog carisinyal.com

Pesatnya perkembangan teknologi memang tidak bisa disangkal lagi. Pasalnya, setiap hari kita selalu disuguhkan dengan berbagai inovasi-inovasi baru terkait dunia teknologi, khususnya digital. Alhasil hal tersebut memaksa kita untuk bisa menerimanya, lalu menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Seperti pada situasi pandemi sekarang ini, banyak sekali pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan supaya kita tetap bisa menjalankan aktivitas di tengah keterbatasan mobilitas.

Uniknya, situasi pandemi justru malah mempercepat penerapan teknologi digital dalam berbagai aktivitas yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal. Sebut saja misalnya platform meeting online seperti Zoom atau Google Meet yang kini marak digunakan. Padahal sebelumnya, platform seperti ini sangat jarang sekali diakses ataupun digunakan. Selain itu, tutupnya tempat hiburan seperti bioskop, membuat beberapa aplikasi streaming film (Netflix, iQiyi, Viu, dll) makin populer dan diminati. 

Contoh di atas merupakan bukti bahwa gadget merupakan penunjang aktivitas kita sehari-hari. Bahkan situasi pandemi justru memaksa kita untuk lebih sering menggunakan gadget, sehingga lama kelamaan kita sulit melepaskan diri dari mereka. Tetapi perlu saya tekankan, sulit melepaskan bukan berarti kecanduan. Ini tergantung bagaimana kita memanfaatkan gadget itu sendiri.

Dari sudut pandang saya sebagai Blogger, gadget bisa diibaratkan sebagai sebuah buku sekaligus pena. Karena berkat adanya gadget (laptop), saya bisa menulis apapun yang ingin dicurahkan atau disampaikan, dengan poin plusnya yaitu saya bisa mempublikasikan tulisan tersebut agar kemudian dibaca oleh khalayak ramai. 

Disisi lain, sebagai mahasiswa, gadget juga berperan penting dalam membantu saya menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan. Apalagi jurusan saya berkaitan erat dengan programming, sehingga laptop dan smartphone menjadi dua alat yang paling saya andalkan dibandingkan alat tulis lainnya seperti buku dan pena. 

Dengan mengenal dunia blogging dan programming membuat saya menjadi melek akan teknologi informasi. Banyak sekali hal yang saya pelajari selama menggeluti kedua bidang ini. Walaupun begitu, saya tidak terlalu mengikuti perkembangan gadget. Tetapi berkat rajin mengunjungi website carisinyal.com, setidaknya saya tahu sekilas tentang produk-produk terbaru dari smartphone maupun laptop yang dirilis setiap tahunnya.

Seperti yang sudah saya singgung di atas, saya memiliki sebuah smartphone dan juga laptop. Keduanya memiliki peran masing-masing dalam memenuhi aktivitas sehari-hari saya dalam tiga tahun terakhir. Adapun gadget yang saya pakai antara lain; 

ASUS VivoBook X441B

Gambar: dok pribadi

ASUS VivoBook X441B merupakan laptop kedua yang saat ini saya gunakan. Walaupun spesifikasinya cukup jauh tertinggal jika dibandingkan dengan keluaran tahun 2021, namun hingga kini saya tidak punya keluhan serius terkait kinerja dari laptop ASUS X441B. Mungkin keluhan saya hanya terletak pada pengalaman gaming, dimana laptop ini tidak mampu menjalankan beberapa game dengan spesifikasi low-mid hingga mid-end.

Diluar itu, kinerja ASUS X441B sudah lebih dari cukup. Dengan dibekali RAM DDR4 sebesar 4GB, saya dapat melakukan multitasking beberapa software ringan tanpa harus takut mengalami lag. Selain itu Hardisk yang berkapasitas 1TB menjadi alasan yang cukup untuk saya memilih laptop ini. Sayangnya CPU-nya agak sedikit menganggu, karena AMD A9 9425 mengeluarkan suara bising ketika menjalankan aplikasi yang tergolong berat.

Saya membeli ASUS X441B langsung di toko komputer. Untuk harganya saya lupa tepatnya berapa, yang jelas tidak sampai 5 Juta Rupiah. Dengan harga segitu saya mendapatkan satu buah laptop baru berwarna hitam dengan dominasi silver, merchandise dari ASUS berupa tas punggung, serta beberapa bonus lain seperti kipas laptop dan mouse.

Samsung Galaxy J4 (2018)

Gambar: dok pribadi

Sementara untuk smartphone, sampai saat ini saya masih menggunakan Samsung Galaxy J4 (2018). Saya membeli smartphone tersebut saat pertamakali dirilis, seharga 2,2 Juta Rupiah. Dilihat dari tahun rilisnya, tentunya smartphone saya ini sudah tergolong jadul. Apalagi kita tahu kalau Samsung merupakan salah satu vendor smartphone yang paling gencar merilis produk-produk terbarunya. Bahkan saat ini sudah ada beberapa smartphone dari Samsung yang mendukung layanan 5G.

Terlepas dari itu, Samsung J4 ini sangat berjasa dalam menopang kelangsungan ngeblog saya. Dengan kapasitas baterai sebesar 3000 mAh, saya dapat menjadikan smartphone ini sebagai penyedia internet bagi si laptop dengan memanfaatkan fitur Hotspot. Dalam hal performa memang sudah mulai terasa perbedaannya dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya. Salah satunya yaitu ketika membuka aplikasi, tak jarang saya mengalami lag atau lemot. 

Ini bisa dipahami mengingat RAM yang diberikan hanya sebesar 2GB serta prosesornya Exynos 7570 yang membuat smartphone ini mulai tidak sanggup beradaptasi dengan pembaharuan beberapa aplikasi. Bahkan beberapa teman saya sempat menyarankan untuk menggantinya dengan model yang lebih baru. 

Tetapi selagi Samsung J4 ini masih dapat memberikan manfaat bagi saya, maka dengan senang hati saya akan terus menggunakannya. Selain itu, berkat artikel yang diterbitkan oleh carisinyal.com, yaitu tentang 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy J4 (2018), saya justru bisa menerima segala kelebihannya dibandingkan harus bersedih karena kekurangannya.

4 manfaat gadget yang perlu diketahui

Seperti yang sudah saya singgung di atas, gadget bisa memberikan sebuah manfaat tergantung bagaimana kita menggunakannya. Menurut pendapat sekaligus pengalaman pribadi saya, diluar fungsinya sebagai alat komunikasi, terdapat 4 manfaat gadget yang perlu diketahui, yaitu:

1. Mudah mencari informasi

Bisa dibilang gadget memberikan kemudahan bagi kita dalam mencari sebuah informasi. Bahkan tak perlu kita cari, biasanya mereka justru muncul dengan sendirinya di halaman utama sebuah website atau media sosial. Tentunya ini memberikan sebuah manfaat untuk kita, khususnya bagi yang suka membaca berita-berita hangat terkini. 

2. Tempat untuk memperoleh penghasilan

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk dapat menghasilkan uang dari internet. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan sebuah gadget. Dengan bermodalkan gadget, kita bisa menjadi seorang freelancer, blogger, youtuberselebgram, atau membuka sebuah toko online. Namun untuk mendapatkan penghasilan dari internet tidak bisa dilakukan secara instan, perlu adanya proses serta kerja keras yang nyata agar bisa terwujud.

3. Dapat mengasah kreativitas

Dengan memanfaatkan gadget secara maksimal, ternyata bisa mengasah kreativitas kita. Contohnya dengan menggunakan software desain kita bisa menuangkan ide dan kreativitas dengan cara baru (digital) yang tentunya hal tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya. Selain itu mempelajari fitur yang ada di gadget juga dapat menumbuhkan ide kreatif untuk kita.

4. Media pembelajaran yang lengkap

Dengan internet kita bisa menemukan banyak hal, termasuk materi-materi pembelajaran. Bahkan sudah banyak orang yang berhasil menguasai sebuah bidang secara otodidak. Tentunya ini tak lepas dari peran gadget, karena dengan bermodalkan smartphone atau laptop, kita bisa mempelajari apa yang ingin dipelajari, seperti misalnya belajar programming atau desain grafis.

Gali informasi gadget lewat website carisinyal.com

Mockup laptop design : rawpixel.com

Sebenarnya masih ada segudang manfaat lainnya yang bisa kita peroleh, tapi tergantung bagaimana kita menggunakan gadget itu sendiri. Jika melakukan hal yang positif, maka manfaat yang diterima juga tentunya positif. Bahkan saya sendiri mengakui, tanpa gadget aktivitas saya jadi macet, baik dalam hal ngeblog, ngoding, maupun aktivitas lainnya. 

Maka tak heran kalau vendor gadget selalu memberikan inovasi terbarunya, seperti yang saat ini sedang tren yaitu smartphone lipat (flip) dan laptop touchscreen. Tentunya dua contoh inovasi ini menjadi bukti nyata menuju era modern yang sesungguhnya. Selain itu, rilisnya gadget dengan tipe baru tentunya menarik minat banyak orang. 

Namun sebelum membeli gadget, hal pertama yang harus kita lakukan tentunya mencari tahu terlebih dahulu spesifikasi serta harganya. Untuk hal ini saya sering sekali mencari informasi serta referensi gadget, baik itu smartphone, tablet, laptop, maupun PC, dengan mengunjungi website carisinyal.com

Di webiste tersebut kita bisa menemukan berbagai informasi gadget hingga ke detail-detailnya. Tentunya ini sangat membantu kita dalam memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, kita juga bisa menemukan informasi lainnya yang masih seputaran dunia teknologi, seperti aplikasi, game, serta tips dan trik dalam memanfaatkan teknologi.

  1. Revel

    Setuju kak, tanpa gadget aktivitasku juga macet.. walaupun lebih sering dipake buat main game, tapi tetep aja ada kegiatan yang emang perlu dukungan dari handphone dan laptop. nice sharing

    Reply
    1. Afif Dalma

      turut senang kalau artikel ini bisa membantu mas.

      sebenernya gak masalah sih kalau dipake buat main game, toh salah satu fungsi utama gadget juga emang sebagai sarana hiburan. tapi yang pasti harus bisa manage waktu supaya pas ngegame gak sampe nyita waktu

      Delete
  2. Rahman Kamal

    Gadget memiliki banyak pengaruh dan dampak. Memiiki daily driver yang cocok nan sesuai adalah sebuah hal yang biasanya dilakukan oleh setiap orang. Menyesuaikan kebutuhan gadget dengan kebutuhan sehari-hari. Karena seiring berkembanganya teknologi, gadget juga ikut tersegmentasi dari mulai Gadget Gaming, kerja /formal, dan untuk pembelajaran serta server.

    Gadget, yang merupakan teknologi pada hakikatnya merupakan alat untuk memudahkan berbagai kegiatan Kita dan jika digunakan dengan baik dapat berkembang dan memberikan manfaat lain yang tentunya juga luar biasa

    Reply
    1. Afif Dalma

      exactly. walaupun gadget hampir mendukung segala keperluan sehari-hari, tapi tetep aja penggunaannya perlu di manage. selain itu manfaat yg diperoleh pun tergantung dari kebutuhan masing-masing penggunanya.

      Delete
  3. Firdaus Deni Febriansyah

    Gadget sekarang sudah sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan rasanya kita tidak akan bisa hidup tanpa gadget.

    Reply
    1. Afif Dalma

      untuk saat ini menurut saya "tidak bisa hidup tanpa gadget" terlalu berlebihan sih mas. tapi gak tau deh untuk 5-10 tahun kedepan nanti, mungkin aja kata-kata mas terbukti benarnya.

      Delete
  4. Dolan Kuy

    Hai, aku Niva. Baru banget baca artikel ini. Setuju banget sih kalau tanpa gawai hidup kita nggak ramai hehe. Kalau aku sih gawai udah jadi sumber penghasilan. Jadi ya gitu, wajib ada gawai,😂

    Reply
    1. Afif Dalma

      halo kak Niva, terima kasih sudah berkunjung. hehe sama dong kalau gitu, saya pun bisa memperoleh penghasilan berkat adanya adget. dan yah, terlepas dari usia, siapa pun yang gak mau dibilang gaptek tentunya wajib punya gadget.

      Delete
  5. Yanti Ani

    Bener nih, gadget itu berguna bangettt asal dipakai untuk yang tepat seperti pisau. Kalau saya biasa sih pakai gawai untuk cari informasi.

    Reply
  6. Agustina Purwantini

    Keempat manfaat gadget yang kauuraikan di atas kuakui memang demikian adanya. Akan tetapi, pada satu sisi lain, bisa pula si gadget jadi penggoda. Penggoda yang seksi ....

    Reply
  7. Nurul Sufitri

    Ga bisa hidup tanpa gadget deh lama2 hahahaha :) Ibaratnya nih ngegugel dan sebagainya, main media sosial, main game dan yang utama mencari informasi akurat dan terpercaya, kita bisa tau lewat smartphone. Ngomongin godaan pasti banyak, salah satunya belanja online yang kebayakan hahahahah :D

    Reply
  8. Bondan Murdani Soleh

    gadget sudah menjadi kebutuhan pokok. hampir semua pekerjaan beserta hobbi dan hiburan ada disitu. Menegetahu spesifikasi diperlukan karena kondisi kebutuhan kerja kita.

    Reply
  9. Tukang Jalan Jajan

    Namanya juga smartphone ya kak, banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari entertainment, belajar, bekerja sampe nyari cuan tambahan. super lengkap

    Reply
  10. Renayku

    Saya pernah buka2 web carisinyal.com pas mau beli smartphone yg saya pake skrg ini. Beneran sy merasa hp ini manfaatnya banyak karena speknya bagus.

    Reply
  11. Andrie K.

    Adanya gadget ini membantu banget dalam setiap aktivitas, bahkan pekerjaan pun bisa lahir dari sana. Kebutuhan yang terus bertambah mesti pinter-pinter buat milih spesifikasi gadget, aku pernah berkunjung ke carisinyal ini buat liat spesifikasi gadget yang pengen ak beli..

    Reply
  12. Kornelius Ginting

    Utk blogger gadget sangat oenting banget... dan sebelum memilikinya, cari dahulu informasinya di cari sinyal... biar update ya kak

    Reply
  13. Dian Restu Agustina

    Noted, wah mesti kepoin dulu nih berarti website carisinyal.com sebelum beli gadget biar tahu lebih dahulu spesifikasi serta harganya. Juga biar tahu informasi seputaran dunia teknologi, seperti aplikasi, game, serta tips dan trik dalam memanfaatkan teknologi lainnya

    Reply
  14. Siska Dwyta

    Kalau saya udah gak bisa lepas dari gawai karena emang udah jadi kebutuhan sehari-hari termasuk untuk mencari cuan. Nah lewat cari sinyal ini kita gak perlu bingung lagi buat cari gawai yang rekomended karena ulasannya lengkap di sana

    Reply
  15. Lailatul Istiqomah, S.M

    Betul banget nih kak. Karena perkembangan teknologi membuat aktivitas dari biasanya lebih mudah.

    Reply
  16. Sri Widiyastuti

    Sepakat kak, sebelum membeli gadget, harus mengetahui seluk beluknya dan berbabagai fasilitas yang dapat meningkatkan kinerja kita ya kak. Dengan paham akan bisa dengan mudah memilih gadget sesuai dengan kebutuhan, kalau sudah begini, gak bakalan macet lagi aktivitas kita ya. Thanks sharingnya kak.

    Reply
  17. Indra

    setuju banget sama apa yang mas sampaikan di artikel ini. tanpa gadget sudah jelas banyak kegiatan atau aktivitas yang terhambat. sebab di era sekarang ini manusia memiliki hubungan yang unik dan spesial dengan gadget.

    Reply
  18. Halamansekolah.com

    aku banget nih, bentar bentar lihat gadget, bukanya apa -apa sih sering cek email, inbox siapa tahu ada job. hihihi

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)