8 Film Blockbuster Paling Dinantikan di Tahun 2022

Afif Dalma
January 09, 2022
13 Comments

Tahun 2022 menjadi tahun yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penikmat film. Pasalnya ada banyak sekali judul film blockbuster yang bakal menemani kita di sepanjang tahun 2022, mulai dari film superhero MCU dan DCEU, hingga deretan film aksi/petualangan lainnya.

Sebenarnya ada beberapa film yang harusnya tayang pada tahun lalu, namun situasi pandemi membuat para produser film terpaksa memundurkan jadwal tayangnya. Alhasil hal tersebut membuat jadwal film di tahun ini cukup menumpuk. 

Sebuah komunitas daring pecinta film bernama Fandango, baru-baru ini menggelar survei demi mencari tahu film apa saja yang paling dinantikan di tahun 2022. Berikut adalah hasil dari suvei tersebut.

1. Black Panther: Wakanda Forever

Black Panther Wakanda Forever

Sekuel film Black Panther menjadi film yang paling dinanti-nantikan di tahun ini. Pasalnya film ini akan mengeksplorasi lebih jauh tentang negara Wakanda yang ikut andil besar dalam cerita Avengers: Infinity War. Sayangnya kita tidak akan kembali melihat karakter T'Challa yang diperankan oleh aktor Chadwick Boseman, setelah sang aktor meninggal dunia pada tahun 2020 lalu akibat penyakit kanker usus yang dideritanya. 

Kabar tersebut sangat tidak disangka-sangka dan membuat kaget banyak orang. Alhasil banyak penggemar mempertanyakan jalan cerita yang akan diusung dalam film ini tanpa adanya sosok Chadwik Boesman sebagai Black Panther. Pihak Marvel Studio sendiri memastikan untuk melanjutkan cerita ini tanpa mengganti sosok T'Challa.

2. Spider-Man: Across the Spider-Verse (Part One)

Spider-Man Across the Spider-Verse

Pecinta seri Spider-Man kembali akan dimanjakan di tahun ini dengan film animasi Spider-Man: Across the Spider-Verse. Film ini kembali menceritakan kisah petualangan Miles Morales dalam melintasi multiverse bersama Gwen Stacy (Spider Gwen) dan Spider-People lainnya.

Mereka nantinya akan memiliki anggota Spider-People baru, salah satunya yaitu Spider-Man 2099. Namun dalam teaser terbaru, dia dan Miles Morales diperlihatkan sedang berkelahi sambil melintasi universe yang penuh warna. Sepertinya hal tersebut terjadi sebelum dia benar-benar bergabung dengan Spider-People untuk melawan musuh yang sesungguhnya. 

3. The Batman

The Batman

Terpilihnya aktor Robert Pattinson sebagai pemeran Bruce Wayne cukup menuai pro dan kontra. Namun setelah melihat trailernya, sepertinya film garapan sutradara Matt Reevees ini memang cukup menjanjikan. Padahal jika dibandingkan dengan beberapa film Batman sebelumnya, budget film ini bisa dibilang kecil.

Film The Batman sendiri akan berkisah tentang awal mula Bruce Wayne menjadi Batman. Cerita yang ditampilkan pun akan lebih kelam dan menegangkan. Nantinya Batman akan menghadapi beberapa musuh bebuyutannya, yaitu Carmine Falcon, Penguin dan The Riddler. Kehadiran para villain ini membuat Bruce mau tak mau harus menghadapi serangkaian pembunuhan yang terjadi di kota Gotham.

4. Thor: Love and Thunder

Thor Love and Thunder

Thor menjadi film solo MCU pertama yang berlanjut hingga film ke-empat. Film terakhir yang berjudul Thor: Ragnarok rilis pada tahun 2017 silam. Taika Waititi akan kembali menyutradarai film Thor: Love and Thunder. Film ini akan mengambil latar setelah film Avengers: Endgame, dimana pada akhir film Thor diperlihatkan ikut bersama rombongan Guardians of the Galaxy. 

Nantinya mereka akan melawan sosok villain bernama Bale Gorr. Namun tak hanya berfokus pada kisah Thor saja, film ini juga turut menceritakan Jane Foster yang tampaknya bakal menjadi penerus dari Thor. Hal ini dapat kita lihat pada promo art terbarunya yang menampilkan Jane Foster memegang palu Mjolnir. 

5. Jurassic World: Dominion

Jurassic World Dominion

Film ke-enam dari waralaba Jurassic Park masuk dalam deretan film yang paling dinantikan di tahun 2022. Pasalnya film ini akan menampilkan kekacauan yang terjadi setelah film Jurassic World: Fallen Kingdom. Di akhir film tersebut dikatakan bahwa umat manusia harus beradaptasi untuk bisa hidup berdampingan dengan dinosaurus.

Meskipun sinopsis resminya belum keluar, tapi besar kemungkinan film ini akan mengeksplorasi isu tersebut. Selain itu banyak juga yang penasaran mengenai dinosaurus seperti apa yang akan dimunculkan di film tersebut. Film ini juga dirumorkan menjadi awal dari era baru untuk waralaba Jurassic Park. 

6. Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Kisah Doctor Strange dalam menyelami multiverse memang sangat dinanti-nantikan oleh para penggemar MCU. Kabarnya sekuel film Doctor Strange ini akan menampilkan cerita yang lebih gelap dan menegangkan. Hal ini tak lepas dari peran sang sutradara yaitu Sam Raimi yang memang memiliki gaya penyutradaraan yang agak berbeda.

Jika mengacu pada teaser resminya, diperlihatkan bahwa Strange harus menghentikan kekacauan multiverse yang terjadi di film Spider-Man: No Way Home. Namun yang paling menarik perhatian adalah adanya beberapa cameo penting yang nantinya akan muncul di film ini, salah satunya yaitu American Chavez.

7. Avatar 2

Avatar 2

Avatar merupakan film yang cukup membuat kita nostalgia. Pasalnya selama hampir satu dekade, film ini tak kunjung mendapat kejelasan mengenai sekuelnya. Untungnya sang sutradara, yaitu James Cameron masih memberikan lampu hijau terkait sekuelnya. Bahkan tak tanggung-tanggung, ia juga turut memberikan bocoran mengenai film ke-3, 4, dan 5. Tentunya dengan ini penantian kita selama ini benar-benar terbayarkan. 

Dijadwalkan tayang pada akhir tahun 2022, Avatar 2 akan kembali memakai pemain asli, yaitu Sam Worthington, Zoe Saldana, Joel David, dan lain sebagainya. Menurut sinopsis yang sudah dikeluarkan, Jake Sully dan Neytiri diceritakan telah berkeluarga dan hidup bahagia di hutan Pandora. Namun saat musuh lama datang, mereka harus menyelamatkan diri dan mencari rumah baru untuk berlindung.

8. Aquaman and the Lost Kingdom

Aquaman and the Lost Kingdom

Satu lagi film dari DCEU yang juga masuk deretan film paling dinantikan di tahun ini, yaitu Aquaman and the Lost Kingdom. Film ini merupakan lanjutan dari film pertamanya yang tayang pada tahun 2018 lalu. Proses syuting film ini sempat terganggu setelah salah satu pemerannya yaitu Amber Heard terkena konflik KDRT dengan mantan suaminya, Johnny Depp.

Banyak penggemar yang menandatangani petisi supaya Amber Heard dipecat. Namun pihak produser berkata lain, dan tetap akan menampilkannya di sekuel Aquaman tersebut. Sayangnya sampai saat ini sinopsis resmi dari film ini masih belum terungkap. Namun dapat dipastikan bahwa akan ada villain baru yang muncul, serta karakter Black Manta akan kembali hadir.


Nah kira-kira itulah 8 film blockbuster yang paling ditunggu dan dinantikan di tahun 2022. Sebenarnya masih banyak film lainnya yang juga sangat diantisipasi oleh para penikmat film. Dari film-film tersebut, mana nih yang paling kalian tunggu? Yuk tulis di kolom komentar.

  1. sari widiarti

    Trailer batman udah cukup lama di publish tapi belum ada tanggal rilis, eh ternyata tahun ini, sspertinya promosinya kurang greget, padahal ada robert pattison

    Reply
  2. Ipeh Alena

    Wow Avatar 2 bakalan tayang ya. Aku nungguin Kingsman tapi kayanya udah tayang ya?

    Btw, aku termasuk yang kontra pas mas vampir jadi batman. Bukan apa2, di otakku masih tersimpan sosok dia sebagai Edward Cullen soalnya.

    Reply
    1. Afif Dalma

      The Kingsman udah tayang sejak bulan lalu.. iya nih sama, Robert Pattinson emang udah ngelekat banget sama karakter Edward Cullen..

      Delete
  3. Anita Makarame

    Wuah, ada AVATAR 2. Ini nostalgia banget pasti rasanya. Apalagi dulu saya menontonnya bareng teman kuliah satu kelas. Udah kayak booking bioskop :D

    Penasaran sama bagaimana akhirnya penyatuan 2 dunia ini. Wajib nonton pokoknya!

    Reply
  4. Nurul Sufitri

    Avatar dan Jurassic World aku kepengen banget nonton :D Yang paling mengena di hati dari semua film di atas menurutku sih ya Avatar hehehe. Film2 lainnya juga favorit dan wajib ditonton bareng keluarga. Jangan sampai terlewatkan ah, siapin juga popcorn dan minumannya :D

    Reply
  5. Nabilla DP

    aku nungguin doctor strange dan thor sih, kak.. penasaran bakal gimana ceritanyaa haha.. aku ngikutin juga soalnya nih mcu phase four ini. apalagi kapan hari udah keluar trailernya kan, dan terlihat menarik

    Reply
  6. Rudi G. Aswan

    Kalau aku jelas menantikan The Batman, Kak. Penasaran dengan akting Bruce Wayne ala Rob Pattinson yang sempat dipertanyakan banyak orang. Ingat perannya waktu di Harry Potter yang sebenarnya ya udah bagus, jadi aku yakin The Batman baguslah dengan nuansa pemain dan cerita yang baru. Kalau film lain paling ya petualangan Spidey dan Avatar 2, sisanya ya ga terlalu mengikuti.

    Reply
  7. Rahman Kamal

    Tahun 2022 emang dipenuhi dengan berbagai film block buster yang akan segera tayang di layar bioskop. Saking banyaknya sampe bingung mau nonton yang mana, tapi dari ist di atas salah satu opsi yang paling perlu ditunggu adalah Avatar 2 dan Black Panther yang cukup mengejutkan karena kabar meninggalnya Chadwick Boseman pada tahun 2020 yang lalu

    Reply
  8. Rani Retnosari Mantriana

    Tahun ini banyak film yang udah bisa ditayangkan ya, bisa jadi obat kangen nonton sih. Kalo aku kepo sama The Batman karena Robbert Pattinson kayak identik banget sama film twilight sih pas dulu.

    Reply
  9. Dian Restu Agustina

    Minggu lalu aku sekeluarga nonton Spider-man: No Way Home...Dan anak-anakku dah ribut mau ngelis dan nonton nanti sekuel beberapa film versi mereka. Dan list ini membantu banget buatku. Jadi nanti kalau lihat trailernya wara-wiri enggak ketinggalan periode tayangnya

    Reply
  10. Elisa

    Paling excited sama Jurassic World nyaaa.. Untuk endingnya masuk akal sih karena di Jurassic yang terakhir kan dinonya pada lepas setelah acara lelang digagalkan... Duh penasaran .

    Reply
  11. Fairy Books

    Aku penasaran film nih, boleh juga ini referensinya. Sudah beberapa hari aku tdk nonton film.

    Reply
  12. Firdaus Deni Febriansyah

    nomor 8 aku belum lihat sama sekali, mulai dari season 1nya. Tapi kyknya seru banget ya jadi nggak sabar buat nonton

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)