Fungsi OTTO Hut di Game Clash of Clans dan Cara Mendapatkannya

Afif Dalma
January 26, 2022
0 Comments

OTTO Hut

Sejak kemunculan aula tukang (Builder Hall) level 9, banyak Clasher yang makin bersemangat bermain Clash of Clans. Pasalnya pada update tersebut, kita diperkenalkan dengan beberapa fitur baru yang ditambahkan oleh Supercell khusus untuk desa malam. 

Salah satu dari fitur baru tersebut yaitu munculnya bangunan bernama O.T.T.O hut. Seperti namanya, bangunan ini memiliki fungsi layaknya Builder Hut dan Master Builder Hut.

Lantas apa sih sebenarnya fungsi O.T.T.O Hut di game Clash of Clans dan bagaimana cara mendapatkannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu O.T.T.O Hut?

Pondok O.T.T.O merupakan sebuah bangunan yang bisa Clasher dapatkan setelah naik ke Builder Hall level 9. Tidak ada yang spesial dari pondok ini baik daam hal deffense ataupun offense. Namun seperti yang sudah disinggung di atas, bangunan ini berfungsi sebagai tukang tambahan. Perbedaannya hanya terlihat pada bagian fisik, dimana O.T.T.O ini diperlihatkan sebagai sebuah robot, bukan manusia seperti tukang pada umumnya.

Dengan adanya O.T.T.O maka desa malam kini memiliki dua tukang, namun dengan catatan O.T.T.O Hut sudah diupgrade ke level maksimum yaitu level 5. Selain itu, dengan adanya O.T.T.O, Clasher juga bisa memindahkan master tukang ke desa siang. Yang berarti desa siang akan memiliki enam tukang. Tentunya ini sangat membantu para Clasher dalam meningkatkan level bangunannya baik di desa siang maupun malam.

Nyatanya walaupun Clasher sudah mencapai Builder Hall level 9, O.T.T.O Hut tidak bisa langsung digunakan begitu saja. Clasher masih harus memenuhi beberapa persyaratan lainnya untuk benar-benar bisa menggunakannya. Setiap kali persyaratan terpenuhi O.T.T.O Hut baru bisa diupgrade. Berikut adalah cara untuk bisa mendapatkan O.T.T.O.

1. Melakukan gear up bangunan

Supaya O.T.T.O Hut bisa dupgrade ke level 2, Clasher harus melakukan gear up bangunan terlebih dahulu. Gear up sendiri merupakan salah satu fitur di Town Hall 11 yang memungkinkan Clasher modifikasi beberapa bangunan pertahanan di desa siang dengan menggunakan master tukang. Terdapat tiga bangunan yang bisa dimodifikasi, yaitu Cannon, Mortar, dan Archer Tower. Setelah diupgrade, masing-masing bangunan bisa mengakses mode spesial, yaitu Double Cannon, Multi Mortar, dan Fast Attack Mode.

2. Upgrade Canon Cart hingga ke level 18

Selanjutnya Clasher harus mengupgrade Gerobak Meriam (Cannon Cart) ke level maksimum. Ini termasuk persyaratan yang agak sulit, soalnya troop tersebut tidak menjadi prioritas. Namun bagi Clasher yang menjadikan Cannon Cart sebagai meta dalam formasi pertempurannya, sepertinya hal ini bukanlah masalah besar. Jika sudah mentok ke level 18, barulah Clasher bisa mengupgrade O.T.T.O Hut ke level 3.

3. Upgrade Mega Tesla hingga ke level 9

Setelah itu Clasher juga disuruh mengupgrade bangunan pertahanan yaitu Mega Tesla hingga ke level 9. Untuk mengupgrade bangunan ini bisa dibilang tidak mudah, tapi juga tidak susah. Pasalnya ketika Mega Tesla diupgrade, maka secara otomatis pertahanan desa malam kita jadi tidak maksimal. Tapi sepertinya ini bukanlah masalah besar sebab lawan hanya akan menyerang ketika Clasher juga melakukan serangan.

4. Upgrade Battle Machine hingga ke level 30

Syarat yang terakhir yaitu Mesin Pertempuran (Battle Machine) harus mencapai level 30. Mengupgrade Battle Machine menjadi hal yang sangat diwanti-wanti oleh para Clasher. Hal ini dikarenakan ketika Battle Machine diupgrade, Clasher menjadi kesulitan saat melakukan serangan ke desa lawan. Karena berbeda dengan di desa siang, di desa malam kita tidak punya hero lain sebagai backupnya. Oleh karena itu Clasher harus bisa mengira-ngira kapan waktu yang tepat untuk mengupgrade Battle Machine.


Setiap kali O.T.T.O Hut diupgrade kita akan melihat tambahan komponen-komponen sehingga bisa membentuk rumah tukang. Dan setelah semua syarat terpenuhi serta O.T.T.O Hut telah mencapai level 5, maka ia bisa langsung dipanggil untuk mengerjakan peningkatan bangunan seperti tukang-tukang lainnya. Dikarenakan sudah ada O.T.T.O untuk menghandle semua pembangunan di desa malam, maka Clasher bisa memanggil Master Tukang untuk bekerja di desa siang.

Nah seperti itulah penjelasan tentang fungsi O.T.T.O Hut serta cara mendapatkannya dalam game Clash of Clans. Semoga teman-teman Clasher bisa segera mendapatkan robot lucu yang satu ini. Jangan lupa kasih komentar ya kalau kalian sudah mendapatkannya.

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)