Indonesia Masuk Grup Berat di Kualifikasi Piala Asia 2023, Berikut Jadwal Lengkapnya!

Afif Dalma
February 25, 2022
0 Comments
Jadwal Kualifikasi Piala Asia 2023

Kali terakhir Indonesia mengikuti Kualifikasi Piala Asia yaitu pada gelaran Piala Asia 2015 Australia. Namun saat itu Timnas Indonesia tidak mampu lolos dari fase grup, dan hanya mampu mengoleksi satu poin dari enam kali pertandingan.

Sementara itu, pada Kualifikasi Piala Asia 2019 UAE, Indonesia harus absen akibat buntut dari hukuman pembekuan dari FIFA terkait intervensi pemerintah terhadap PSSI. Barulah pada gelaran Piala Asia 2023 China, Indonesia kembali dapat mengikuti ajang bergengsi di Asia ini melalui babak kualifikasi.

Pengundian grup Kualifikasi Piala Asia 2023 sendiri telah dilangsungkan pada hari Kamis (24/02/2022) kemarin, yang bertempat di markas AFC di Kuala Lumpur, Malaysia. Hasil drawing tersebut menempatkan Indonesia di grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal. Semua pertandingan di grup A akan digelar terpusat di Kuwait.

Indonesia beserta tim lainnya harus saling sikut untuk bisa memperebutkan tiket ke putaran final Piala Asia 2023 China. Tentunya Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong akan tampil mati-matian supaya bisa kembali berpentas di ajang ini. Beberapa pemain keturunan sudah dipersiapkan untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia nantinya.

Terakhir kali Indonesia tampil di putaran final Piala Asia yaitu saat menjadi tuan rumah pada gelaran 2007 silam. Saat itu Timnas Indonesia masih dilatih oleh Ivan Kolev, dan berhasil mengoleksi tiga poin.

Babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 terbagi menjadi enam grup. Semua pertandingan akan berlangsung pada tanggal 8-16 Juni mendatang. Nantinya masing-masing juara grup serta lima runner-up terbaik akan mendapat tiket untuk melaju ke putaran final yang akan digelar di 12 kota di China. 

Adapun hasil lengkap pembagian grup untuk babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yaitu:

Grup A : Yordania, Kuwait (tuan rumah), Indonesia, Nepal

Grup B : Palestina, Filipina, Yaman, Mongolia (tuan rumah)

Grup C : Uzbekistan (tuan rumah), Thailand, Maladewa, Sri Lanka

Grup D : India (tuan rumah), Hong Kong, Afganistan, Kamboja

Grup E : Bahrain, Turkmenistan, Malaysia (tuan rumah), Bangladesh

Grup F : Kirigistan (tuan rumah), Tajikistan, Myanmar, Singapura

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

8 Juni 2022

- Kuwait vs Indonesia

11 Juni 2022

- Indonesia vs Yordania

14 Juni 2022

- Indonesia vs Nepal

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)