Inilah Peran Penting Plankton yang Jarang Diketahui

Afif Dalma
February 05, 2022
9 Comments

peran penting plankton bagi kehidupan laut

Kalau kalian pernah menonton serial kartun Spongebob Squarepants, pastinya kalian kenal dengan karakter bernama Plankton. Di serial tersebut Plankton diceritakan memiliki sifat jahat dan licik, namun di kehidupan nyata keberadaan organisme ini justru memberikan dampak positif yang dapat mempengaruhi keberlangsungan makhluk hidup lainnya di lautan, bahkan di bumi.

Apa itu Plankton?

Plankton merupakan organisme berukuran sangat kecil yang tinggal di laut. Nama Plankton berasal dari bahasa Yunani yaitu planktos, yang berarti penghanyut atau pengembara. Istilah tersebut merujuk pada tingkah laku dari Plankton itu sendiri yang tidak bisa berenang ataupun bergerak sehingga mereka pun mengapung dan hanyut.

Karena ukurannya yang sangat kecil (biasanya kurang dari satu inch), Plankton mudah terbawa oleh arus laut. Mereka biasanya tinggal di bagian atas atau lapisan permukaan laut. Selain itu mereka tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, tetapi harus menggunakan alat bantu seperti mikroskop. Plankton dibedakan menjadi dua jenis yaitu Fitoplankton dan Zooplankton

Fitplankton ialah jenis Plankton yang berasal dari tumbuhan. Mereka memiliki klorofil, sehingga bisa melakukan fotosintesis untuk hidup dan berkembang. Sementara Zooplankton merupakan jenis plankton yang berasal dari kelompok hewan kecil. Jenis ini memakan organisme lain seperti Fitoplankton untuk bertahan hidup.

Walau demikian, Plankton tidak hanya berasal dari makhluk hidup saja. Sisa-sisa material organik dan anorganik yang tersuspensi di dalam air laut juga termasuk golongan Plankton. 

Produsen utama rantai makanan laut

rantai makanan di laut

Meskipun Plankton merupakan makhluk terkecil di lautan dan berada di posisi terbawah rantai makanan, nyatanya mereka justru memiliki peran yang sangat penting. Pasalnya mereka merupakan sumber makanan utama bagi banyak penghuni laut. Tanpa adanya Plankton, tentunya ikan-ikan kecil ataupun makhluk lainnya akan sulit untuk bisa bertahan hidup di lautan.

Dengan begitu secara otomatis populasi ikan di lautan akan menurun drastis, tentu hal tersebut juga akan berimbas kepada manusia. Hampir sebagian besar manusia yang hidup di dekat garis pantai sangat mengandalkan ikan untuk keberlangsungan hidup mereka. Sementara itu, banyak pula restoran atau rumah makan yang juga memerlukan pasokan ikan untuk hidangan menu mereka.

Penyumbang oksigen terbesar

Kalau kalian berpikir bahwa penghasil oksigen terbesar di bumi adalah pohon, maka kalian salah. Penghasil oksigen terbesar berasal dari laut, yaitu Fitoplankton. Mereka dapat menghasilkan oksigen sekitar 80%, sementara pohon hanya menyumbang sekitar 20% oksigen untuk bumi. Tentunya ini perbedaan yang cukup jauh.

Mereka menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Selain itu mereka juga menyerap karbon dioksida dari atmosfer untuk dibawa ke bawah laut. Jika terjadi gangguan ekosistem air, terkadang fitoplankton dapat tumbuh dengan sangat cepat. Dengan begitu otomatis produksi oksigen juga akan bertambah.

Akan tetapi ketika mereka mati dan membusuk, maka oksigen yang telah mereka produksi akan digunakan oleh bakteria. Hal tersebut menyebabkan perairan kekurangan oksigen. Dan jika semua plankton menghilang, tentunya kadar karbon di udara akan meningkat, yang tidak hanya akan mempercepat perubahan iklim, tetapi juga membuat manusia jadi sulit untuk bernapas.

Pemasok bahan bakar kendaraan

Ternyata Plankton juga berjasa sebagai pasokan bahan bakar kendaraan. Ketika Plankton mati, mereka akan tenggelam hingga ke dasar laut. Tetapi hanya sekitar 2% saja yang mampu mencapai dasar laut. Mereka akan mengendap dan mengalami reaksi kimia akibat panas dari tekanan inti Bumi. Setengah dari mereka berubah menjadi zat lilin atau kerogen, salah satu bahan utama minyak bumi

Sementara sisanya akan muncul ke permukaan, terakumulasi di sumur dimana manusia bisa mendapatkan sekitar seperempatnya. Apabila suhu di dasar laut lebih panas lagi, maka kerogen bisa berubah menjadi gas alam.


Siapa sangka Plankton yang memiliki ukurannya sangat kecil, ternyata memegang peran yang jauh lebih besar dan sangat penting, bahkan sampai bisa mempengaruhi kehidupan di Bumi.


Referensi :

https://oceanservice.noaa.gov/facts/plankton.html

https://eos.org/research-spotlights/worlds-biggest-oxygen-producers-living-in-swirling-ocean-waters

https://www.science.org/content/article/fill-er-plankton

  1. Agustina Purwantini

    Eh, saya pikir tokoh Plankton dalam Spongebob, karakternya dibikin berdasarkan karakterisitik plankton betulan deh. Dalam kartun Spongebob, Plankton digambarkan sebagai bos antagonis 'kan?Kecil tapi bos, ketimbang patrick yg besar namun kurang cerdas. Hihihihi ....

    Reply
  2. Tukang Jalan Jajan

    Setiap makhluk hidup diciptakan pasti ada gunanya ya. sebagai salah satu rantai makanan paling dasar, ngebuat siklus hidup dapat terus berjalan. Ngga kebayang kalau ada yang terputus, bisa berabe

    Reply
  3. Nurul Sufitri

    Oooh, ternyata fitoplankton ini menghasilkan oksigen sebesar 80% ck..ck..ck banyak banget ya ga nyangka. Selama ini mengira pohon2 penyumbang oksigen terbesar. Makasih infonya, jadi tau deh.

    Reply
  4. Susi Susindra

    Keren! Saya baru tahu kalau si kecil ini menjadi salah satu penyumbang modernitas kita saat ini. Bahan bakar kan alasan kita mengalami revolusi industri 1 sampai sekarang jadi 4.
    Baca ini jadi kagum sampai kepikiran di luar topik. hhihi

    Reply
  5. Ainhy Edelweiss

    Planton itu kecil kecil tapi banyak manfaatnya untuk ekosistem laut, tp entah kenapa di kartun Spongebob, plankton itu jahat

    Reply
  6. Dian Restu Agustina

    Auto ingat Plankton yang mati-matian berusaha mencuri resep rahasia Krabby Patty tapi gagal melulu huhu
    Baru tahu jika makhluk sekecil ini punya peran penting di bumi.

    Reply
  7. Keke Naima

    Jadi ingat pelajaran waktu masih sekolah. Pastinya plankton memang gak nyebelin kayak di kartun Spongebob hehehe. Karena semua makhluk hidup memang saling membutuhkan. Ada satu rantainya yang putus, bisa terjadi masalah

    Reply
  8. Akarui Cha

    Iya deh, sekarang kalau dengar atau baca kata "Plankton" seketika kebayang karakter di serial kartun Spongebob. Padahal kalau ditelaah lagi, keberadaannya nggak senyebelin si Plankton itu, tapi penting banget buat keberlangsungan kehidupan di Bumi.

    Reply
  9. Shanty Dewi Arifin

    Buat saya ini pengetahuan baru nih. Sebelumnya nggak pernah ngeh kalau ada makhluk Tuhan bernama plankton ini. Bagus lagi ternyata bentuknya. Terima kasih sharingnya.

    Reply

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)