5 Kamen Rider yang Punya Form Prototype

Afif Dalma
February 10, 2022
0 Comments
prototype form kamen rider

Kamen rider seringkali diceritakan memiliki beberapa form berbeda. Setiap form memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Biasanya form baru akan muncul setiap kali mereka mendapat power upgrade. Meski begitu, beberapa kamen rider juga ternyata punya form prototype alias bentuk yang masih belum disempurnakan. Dan berikut adalah 5 kamen rider yang punya form prototype.

1. Kamen Rider Ixa (Prototype)

kamen rider ixa save mode

Kamen rider Ixa merupakan secondary rider yang ada di series Kamen Rider Kiva. Dia masuk dalam deretan rider dengan pengguna terbanyak. Di series tersebut, diceritakan bahwa pengguna Ixa sudah sembilan kali bergonta-ganti. Namun pada akhirnya Keisuke Nago ditetapkan sebagai pengguna resmi Ixa yang sudah disempurnakan. 

Jauh sebelum itu, Ixa masih merupakan sebuah sistem prototype. Hal ini dikarenakan kekuatan Ixa berasal dari teknologi buatan manusia, bukan berkekuatan biologis ataupun mistis layaknya Kiva. Oleh karena itu, saat pertamakali sistem ini dirilis fitur yang bisa dakses kamen rider Ixa masih sangat terbatas. Beberapa pengguna Proto Ixa termasuk Otoya Kurenai pun seringkali mendapati masalah seperti armor yang mengeluarkan uap. 

Selain itu fitur yang bisa diakses di Proto Ixa sangat terbatas, yaitu hanya bisa menggunakan Save Mode. Sedangkan versi sempurnanya bisa mengakses Burst Mode hingga Rising Mode. Perbedaan lainnya terletak pada efek henshin, di mana proto Ixa mengeluarkan proyeksi berwarna perunggu, sedangkan versi yang sudah disempurnakan warna proyeksinya adalah kuning keemasan. 

2. Kamen Rider Birth-Proto Type

kamen rider birth prototype

Kamen rider Birth-Proto Type merupakan desain pertama dari Birth System. Pengguna resmi dari Birth-Proto Type adalah Akira Date, meski begitu Shintaro Goto merupakan pengguna pertama sistem ini. Dia menggunakan sistem tersebut setelah versi aslinya rusak parah akibat pertarungannya dengan Greed Kazari. 

Dikarenakan sistem ini masih tahap pengembangan, alhasil Birth-Proto Type hanya bisa menggunakan sedikit kemampuan dari versi Birth yang telah disempurnakan. Terbukti form ini tidak bisa mengakses semua unit Birth CLAWs, dan hanya kompatibel dengan Crane Arm dan Breast Cannon.

Meskipun form ini memiliki bentuk yang sama dengan versi sempurnanya, namun terdapat perbedaan yang cukup mencolok antar keduanya. Kamen rider Birth-Proto Type memiliki warna merah mencolok pada beberapa bagian tubuhnya. Bagian berwarna merah itu disebut dengan Optical Marker, sebuah sensor yang digunakan pada tahap pengujian awal.

3. Kamen Rider Protodrive

kamen rider protodrive

Jika kebanyakan form prototype digunakan oleh user aslinya, Protodrive justru digunakan oleh user yang berbeda. Sosok yang ada dibalik kamen rider Protodrive adalah Chase aka Roidmude 000. Dia merupakan user pertama dari kamen rider Drive, setelah itu digantikan oleh Tomari Shinnosuke.

Chase merupakan Roidmude unik, karena ia diprogram mempunyai rasa keadilan yang kuat. Berkat hal tersebut dia pun menjadi asisten Krim Steinbelt dan membantunya mengalahkan para Roidmude. Dalam menjalankan aksinya tersebut, Roidmude 000 berubah menjadi kamen rider Protodrive dengan menggunakan Shift Speed Prototype. 

Karena form tersebut belum sempurna, alhasil Protodrive hanya bisa menggunakan sedikit kemampuan dari versi sempurnanya. Adapun kekurangan dari form ini yaitu tidak bisa menghancurkan inti Roidmude karena statusnya sebagai prototype, serta ketidakmampuan untuk mengganti ban (Tire Koukan).

4. Kamen Rider Snipe Shooting Gamer Level 1 (Proto)

kamen rider proto snipe

Form ini pertama kali muncul dalam mini series Kamen Rider Snipe: Episode Zero. Mini seris tersebut menceritakan tentang masa lalu Hanaya Taiga saat masih menjadi dokter legal. Ia juga merupakan dokter yang baik hati dan sangat menghargai pasiennya.

Suatu hari Taiga berhasil menemukan virus Bugster hanya bermodalkan peralatan biasa. Berkat hal tersebut, dia pun ditawari oleh Dan Kuroto untuk menjadi kamen rider Snipe, karena hanya itu satu-satunya cara untuk bisa menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus tersebut. Taiga pun menyetujuinya setelah mempertimbangkan banyak hal.

Dengan menggunakan Gamer Driver serta Proto Bang Bang Shooting Gashat, Taiga mampu henshin menjadi kamen rider Snipe. Dikarenakan masih prototype, kamen rider Snipe hanya bisa bertarung dengan form defaultnya (level 1). Selain itu, form tersebut juga sangat membebani tubuh penggunanya. 

5. Kamen Rider Zerozero-One

kamen rider zerozero one

Banyak yang menyebutkan bahwa kamen rider Zerozero-One merupakan form prototype dari kamen rider Zero-One. Padahal nyatanya form tersebut bukanlah form awal dari Zero-One, hanya kebetulan saja namanya Zerozero-One atau 001, jadi terkesan layaknya sebuah form prototype.

Zerozero-One diperlihatkan dalam movie Kamen Rider: Reiwa The First Generation, ketika Hiden Aruto kehilangan driver miliknya. Pada akhirnya Aruto pun menggunakan Forceriser milik MetsubouJinrai.net, namun ia tetap menggunakan Rising Hopper Progrisekey. Dengan begitu, dia pun bertransformasi kedalam bentuk lain yang bernama Zerozero-One.  

Sayangnya Aruto tidak bisa menggunakan form ini secara sempurna, sebab Forceriser dirancang khusus untuk para Humagear. Apabila driver tersebut digunakan oleh manusia, maka mereka akan merasakan rasa sakit yang luar biasa disekujur tubuhnya.


Nah itulah dia 5 kamen rider yang punya form prototype. Menurut teman-teman, mana nih yang paling keren?

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)