8 Perang Besar yang Terjadi dalam Cerita One Piece

Afif Dalma
February 18, 2022
2 Comments
Luffy vs Yonko Kaido

Serial One Piece mengikuti kisah perjalanan Monkey D. Luffy yang bercita-cita untuk menjadi raja bajak laut. Karena mengusung tema bajak laut, maka ceritanya tak bisa lepas dari insiden pertempuran dan perang besar. 

Namun perang besar yang terjadi di cerita One Piecetak hanya menyebabkan sebuah kerugian di antara kedua belah pihak, melainkan bisa sampai memengaruhi tatanan dunia di dalam cerita. 

Bahkan beberapa perang besar yang terjadi di masa lampau menjadi sebuah sejarah dan terus diingat oleh generasi selanjutnya. Sementara itu, perang yang terjadi pada timeline saat ini juga bisa memberikan dampak di kemudian hari. Berikut adalah 7 perang besar yang pernah dan akan terjadi di serial One Piece.

1. Perang Besar Abad Kekosongan

Great War

Perang besar pertama yang ada di cerita One Piece terjadi pada periode Abad Kekosongan, yaitu sekitar 800-900 tahun yang lalu. Peristiwa tersebut dikenal sebagai perang besar atau Great War. Pada saat itu, 20 kerjaan bersatu untuk mengalahkan Kerajaan Kuno. Perang tersebut mengakibatkan jatuhnya kota Shandora, serta menjadi cikal bakal terbentuknya organisasi Pemerintah Dunia (World Goverment).

Informasi serta kebenaran tentang perang tersebut dirahasiakan oleh Pemerintah Dunia. Namun, sebelum Kerajaan Kuno benar-benar dikalakan, mereka mencatat sejarah tersebut di sebuah batu raksasa (Poneglyph) yang dibuat oleh Klan Kozuki. Poneglyph tersebut kemudian disebar di seluruh dunia. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membaca teks yang tertulis di batu tersebut, salah satunya yaitu Nico Robin.

2. Insiden God Valley

God Valley Incident

Perang besar selanjutnya terjadi pada 38 tahun yang lalu, yang dikenal sebagai insiden Lembah Dewa (God Valley). Perang tersebut melibatkan bajak laut Rocks dan aliansi angkatan laut dan bajak laut Roger. Pada saat itu bajak laut Rocks dianggap sangat berbahaya karena dipimpin oleh Rocks D. Xebec, serta beranggotakan Shirohige, Shiki, Kaido, Big Mom, dan Captain John. 

Insiden tersebut terjadi di tempat yang bernama Lembah Dewa. Untuk beberapa alasan, Tenryubito dan budaknya tiba-tiba muncul di pertempuran tersebut. Demi melindungi mereka, Garp dan Roger membentuk aliansi sementara. Pada akhirnya pertempuran tersebut berakhir dengan kematian Rocks D. Xebec. Bajak laut Rocks pun akhirnya dibubarkan, dan masing-masing krunya membentuk bajak lautnya sendiri.

3. Perang Edd

Golden Lion Pirates vs Roger Pirates

Sebelum Gol D. Roger dan krunya mencapai Raftel, tepatnya 27 tahun lalu dari timeline sekarang. Shiki mengetahui bahwa Roger berhasil menemukan sebuah senjata kuno. Dia pun meminta Roger untuk menjadi tangan kanannya agar mereka bisa menguasai dunia. Namun Roger menolak tawaran tersebut karena ia lebih suka menjadi bajak laut yang bebas.

Pernyataannya tersebut membuat Shiki geram, sehingga perang pun tak bisa terhindarkan. Saat itu Shiki membawa seluruh armadanya, sementara Roger hanya memiliki satu kapal. Disaat pertempuran tengah berlangsung, tiba-tiba badai datang dan menghantam setengah dari armada Shiki. Hal tersebut membuatnya kalah karena kehilangan banyak pasukan.

4. Perang Alabasta

Alabasta Arc

Kerajaan Alabasta menjadi tempat Luffy terlibat dalam perang untuk pertama kalinya. Pecahnya perang Alabasta dimulai saat kerjaan tersebut dikuasai oleh organisasi kriminal bernama Baroque Works. Organisasi tersebut dipimpin oleh salah seorang Shichibukai, yaitu Sir Crocodile. Crocodile mencoba merebut kekuasaan Alabasta dari tangan Nefertari Cobra dengan menyebarkan berita palsu tentangnya. 

Alhasil kabar tersebut menyebabkan pecahnya perang saudara di Alabasta. Saat itu putri Cobra, Nefertari Vivi meminta bantuan Luffy dan Bajak Laut Topi Jerami untuk mencegah rencana Crocodile. Disini Luffy langsung berhadapan dengan Crocodile, sementara teman-temannya melawan anggota Baroque Works yang lain. Pertempuran ini dimenangkan oleh kelompok Topi Jerami dan merupakan kemenangan terbesar pertama mereka. Sementara itu Crocodile dan komplotannya dijebloskan ke penjara Impel Down.

5. Perang Sky Island

Skypiea Arc

Meskipun perang yang terjadi di Sky Island tidak melibatkan ribuan orang, tetapi perang tersebut berlangsung cukup sengit. Perang ini terjadi antara Dewa Enel melawan pasukan Shandian, Bajak Laut Topi Jerami dan mantan Dewa Gan Fall. Pertempuran tersebut berlangsung di tempat bernama Skypiea. 

Tempat tersebut berada di atas langit yang jaraknya 10.000 Km di atas permukaan laut. Tentunya bukan tempat yang menguntungkan bagi bajak laut. Meski begitu, Luffy berhasil mengalahkan Enel dan memenangkan perang tersebut. Berkat hal tersebut, Luffy juga berhasil menyelamatkan Skypiea dari kekejaman Dewa Enel. 

6. Perang Besar Marineford

Marineford Arc

Summit War atau juga disebut perang besar Marineford menjadi perang terbesar di era keemasan bajak laut. Perang ini dipicu akibat tertangkapnya Portgas D. Ace oleh Kurohige. Dia kemudian diserahkan ke Angkatan Laut. Karena dianggap sebagai bajak laut yang berbahaya, Ace pun dijatuhi hukuman mati. Mendengar kabar tersebut, Shirohige bersama armada besarnya datang ke Marineford untuk menyelamatkannya. 

Tak hanya itu, Luffy dan beberapa tahanan Impel Down pun turut hadir disana. Angkatan Laut juga turut memanggil para Admiral dan Shichibukai. Alhasil perang besar antara Angkatan Laut dan Bajak Laut Shirohige pecah hingga membuat gempar dunia. Meskipun sempat berhasil diselamatkan, Ace harus tewas setelah melindungi Luffy dari serangan Sakazuki. Pertempuran ini menjadi yang paling fenomenal karena kematian Portgas D. Ace dan Shirohige.

7. Perang Wano Kuni

Wano Kuni Arc

Perang besar selanjutnya terjadi di sebuah negara tertutup bernama Wano. Sekitar 20 tahun yang lalu, Bajak Laut Beasts mulai menduduki wilayah Wano. Kaido bekerjasama dengan Kurozumi Orochi untuk merebut kekuasaan di negara tersebut. Mereka mengeksekusi Kozuki Oden yang merupakan Daimyo di wilayah Kuri, serta membakar istana miliknya. Sebelum Wano dikuasai sepenuhnya, istri Oden yaitu Toki mengirim Momonosuke, Kinemon, Kanjuro, Raizo, dan Kiku ke 20 tahun yang akan datang.

Di masa sekarang, Kinemon meminta bantuan kepada Bajak Laut Topi Jerami untuk membantunya mengalahkan Kaido. Alhasil terbentuklah aliansi Ninja Bajak Laut Mink Samurai. Disisi lain Kaido juga membentuk aliansi dengan Big Mom, sehingga perang besar tidak bisa dihindari. Pertempuran tersebut bukan hanya sekedar mengalahkan Yonko, melainkan tanda dimulainya era baru. Sebab dunia bakal digemparkan dengan insiden Wano, dimana aliansi dua Yonko digulingkan oleh tiga bajak laut rookie.

8. Perang Besar Terakhir

Final Great War One Piece

Final Great War atau perang besar terakhir diprediksi bakal menjadi perang penutup dalam cerita One Piece. Perang ini juga diprediksi menjadi perang terbesar karena akan melibatkan banyak pihak. Beberapa spekulasi mengatakan bahwa perang ini akan terjadi setelah Luffy menemukan Raftel dan mendapat gelar Raja Bajak Laut yang baru, namun bisa juga terjadi sebelum Luffy benar-benar menemukan Raftel.

Kemungkinan perang terakhir ini akan mempertemukan banyak pihak sekaligus. Tak hanya Bajak Laut dan Angkatan Laut saja, Pemerintah Dunia dan Tentara Revolusioner juga kemungkinan besar akan ambil bagian dalam perang ini. Mereka akan mengakhiri semua penindasan dan pengekangan oleh Pemerintah Dunia. Perang ini akan menjadi bukti ramalan tentang Luffy yang mampu menciptakan sebuah perubahan besar bagi dunia.


Dalam cerita One Piece, delapan perang besar di atas memang tak bisa dihindari. Karena perang tersebut menentukan nasib dari masing-masing kubu. Kira-kira dari delapan perang tersbeut, mana nih yang paling seru dan epik? 

  1. Aul Howler's Blog

    Nonton banget yang Alabasta dan Marineford

    Aneh-aneh semua kekuatan lawannya
    Dan ikut nangis pas Ace mati kasian banget huhuhuhu

    Reply
    1. Afif Dalma

      wah ada mas aul nih.

      momen pas Ace mati memang ngebekas banget.. btw udah nonton yg Wano arc belum mas? epik banget tuh, meskipun sejauh ini belum ada sedih-sedihnya (menurut saya).

      Delete

Berkomentarlah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan :)