Mengenal Istilah Plot Twist, Plot Hole, dan Plot Armor Beserta Penjelasannya - AFIF SHARING - Media Sharing Informasi, Anime, Manga, dan Pengetahuan lainnya
8406c5836449ef6744c85d57eb1dcbc06e6a18607d81025719e8a3a20ba72aa394e929e6fb7b62ca

Mengenal Istilah Plot Twist, Plot Hole, dan Plot Armor Beserta Penjelasannya

October 15, 2020 By: Muhammad Afif Dalma - Add Comment

Ketika kamu menonton anime ataupun membaca novel dan manga, tak jarang kamu akan menemukan suatu plot di dalam ceritanya. Terdapat beberapa macam istilah plot yang sering kita dengar, seperti plot twistplot hole, dan plot armor. Biasanya plot ini lebih sering muncul dalam cerita yang mengusung genre aksi atau pertarungan.

Lantas apa sih pengertian plot itu? Terus bagaimana penjelasan tentang macam-macam plot yang terdapat dalam cerita animanga? Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini.


Apa itu Plot?

Plot atau disebut juga alur, merupakan rangkaian kejadian/peristiwa dalam cerita (novel, anime, manga) yang terstruktur, mulai dari pengenalan, konflik, klimaks dan penyelesaian. Semakin unik plot yang disajikan dalam cerita, maka semakin menarik pula cerita tersebut.


Pengertian Plot Twist

Plot twist merupakan istilah yang seringkali digunakan dalam sebuah cerita, baik novel, manga, maupun anime. Adapun pengertian plot twist sendiri yaitu memutar alur, dimana maksudnya adalah si pengarang cerita sengaja memutar-mutar alur cerita dengan tujuan untuk membuat penonton/pembaca kebingungan, terkecoh dan terkejut akan jalan cerita yang sedang terjadi.

Sebagai contoh plot twist, misalnya seperti yang terjadi di serial anime Naruto, dimana Uchiha Itachi dari awal sudah dianggap sebagai tokoh antagonis karena telah membantai seluruh anggota klan Uchiha. Namun ternyata pembantaian tersebut merupakan perintah dari Danzo. Itachi diberikan beberapa pilihan, dan ia memilih untuk membunuh semua anggota klannya kecuali Sasuke karena ia tak ingin perang saudara terjadi di Konoha. 


Pengertian Plot Hole

Plot hole merupakan istilah yang tak jarang kita temui di dalam sebuah cerita, baik novel, manga, maupun anime. Adapun pengertian plot hole sendiri yaitu lubang alur, dimana istilah lubang disini merujuk pada kesalahan yang dilewatkan oleh si pengarang. Plot hole dalam sebuah cerita dapat menyebabkan rasa penasaran penonton/pembaca, juga dapat membuat kejanggalan di dalam cerita.

Contoh plot hole misalnya dalam serial Hunter x Hunter, dimana dalam serial ini pengetahuan tentang Nen dirahasiakan dari masyarakat umum karena dianggap sebagai kekuatan yang berbahaya. Namun tampaknya sangat lucu jika Nen bukanlah pengetahuan umum. Pertama, banyak pengguna Nen yang bertarung di Arena Surga, tentunya aneh jika berpikir bahwa penonton dan peserta akan mengerti dan bertanya-tanya bagaimana beberapa peserta lain seperti Hisoka memiliki kemampuan supernatural.

Kedua, Gon dan Killua mempelajari Nen untuk pertama kalinya pada Arc Arena Surga. Ini juga aneh karena Killua yang berasal dari pembunuh elit keluarga Zoldyck tidak memiliki pengetahuan apapun tentang Nen. Tetapi anggota keluarganya sendiri adalah pengguna Nen yang sangat terampil. Kenapa mereka tidak mengajari Killua cara menggunakan Nen jika mereka melatihnya menjadi seorang pembunuh? Ditambah lagi saat Arc Chimera Ant Killua langsung mengenali Dragon Dive milik Zeno, menyiratkan bahwa dia sudah tahu tentang Nen. 


Pengertian Armor


Plot armor merupakan istilah yang tak jarang kita temui di dalam sebuah cerita, baik novel, manga, maupun anime. Adapun pengertian plot armor yaitu merujuk pada arti dari armor itu sendiri yaitu zirah pelindung, sebuah perlindungan mutlak yang diberikan kepada sebuah karakter secara tidak langsung. Plot armor terjadi karena suatu karakter dianggap penting dan memiliki pengaruh yang besar terhadap jalan cerita.

Misalnya plot armor banyak ditemukan dalam serial anime Fairy Tail. Serial ini memang memiliki plot armor yang sangat tebal. Bukan hanya pada karakter utamanya, namun juga beberapa karakter pendukung lain. Semua masalah di anime ini bisa diselesaikan dengan Nakama Power. Selama Natsu percaya pada teman-temannya, tak peduli seberapa kuat musuh yang dihadapi, Natsu tetap bisa mengalahkan para musuhnya. Bahkan saat karakter seperti Master Makarov yang sudah berumur dan seringkali berada diambang kematian masih bisa selamat berkat anggota guild lainnya.


Demikianlah artikel mengenai penjelasan tentang plot twist, plot hole, dan plot armor. Bagaimana, apakah teman-teman sudah paham tentang plot dalam sebuah cerita? Yuk komen temen-temen lebih suka sama plot yang mana nih. 

View: - Tags: Pengetahuan